mapaygawirAvatar border
TS
mapaygawir
Kesunyian di atap Jawa Barat
Gunung ciremai dilihat dari desa linggarjati, ini waktu ane mudik dulu gan hehe

Sebelumnya mohon maaf kalo mungkin salah dalam penulisan dll, ini thread pertama ane jadi mohon di maklumi ya agan agan emoticon-Big Grin
Perkenalkan nama ane je,karena memang teman di rumah dan di kampus manggil ane dengan sebutan itu emoticon-Amazed, ane salah satu mahasiswa smester akhir di salah satu universitas di bandung waktu itu dan ane menyukai hobi salah satunya mendaki gunung. disini ane akan bercerita pengalaman ane waktu mendaki gunung ciremai di daerah jawa barat. disini ane perkenalkan satu satu siapa aja yg mendaki :
- Je (ane)
- Andre (temen sekelas di kampus)
- Teguh (temenya andre,ane baru kenal)
Yah langsung aja ke cerita emoticon-Big Grin


Rencana Dadakan Rabu 10-10-2018
siang itu ane masih sibuk beresin skripsi untuk di upload gan, dan ribetnya minta ampun soalnya puluhan halaman harus ane compres ke ukuran di bawah 1,5mb, disitu ane belum kepikiran buat acara ngedaki atau trip kemana,pikiran ane masih fokus ke beresin skripsi yang akhirnya beres semuanya ane uplod ke website kampus sekitar jam 4 sore. setelah ane pulang kerumah istirahat tiba tiba temen ane si andre ngechat
"andre : erek moal ka ciremai? (mau gak ke ciremai)"
"ane : ayeuna pisan? saha wae? (skarang banget? siapa aja?)"
"andre : baturan urang aya hiji orang lembur,2 an ge jadi urangmah (temen saya ada 1 orang desa, ber2 juga tinggal jalan)"
"andre : erek moal,iraha deui? (mau gak,kapan lagi nih)"
"ane : karena tawaran itu dan ane pikir pikir 'kapan lagi' ane gapikir panjang ane langsung iya in tawaran temen ane itu"
abis itu ane sepakat dan langsung ane packing barang barang pribadi buat ngedaki,dan ane sama temen ane janjian dirumah ane untuk langsung berangkat ke majalengka hari itu juga gan,setelah ane cape beresin skripsi tadi di kampusemoticon-Amazeddan setelah minta izin sama orang tua dll, akhirnya ane diizinin utk berangkat ke majalengka meskipun kayanya ibu ane agak setengah setengah gimana gitu soalnya katanya dadakan. FYI: beberapa hari sebelumnya gunung ciremai sempet kebakaran gan,daerah kuningan nya, makanya orang tua ane agak ragu disitu buat ngizinin hehe jgn ditiru ya ganemoticon-Big Grin dipikir pikir iya jugasih seharian ane di kampus ga balik balik badan masih cape tangan pegel tapi hari itu juga sore abis magrib nya ane berangkat ke majalengka.
perjalanan ke majalengka lancar lancar aja gan waktu itu karena mungkin hari biasa juga dan mungkin karena malem ane berangkatnya jadi dijalan gak kerasa, sampe majalengka ane sekitar jam 11an dan langsung kabarin orang tua. ane sama temen ane nyimpang dulu ke kedai kopi di majalengka sambil nungguin temennya temen ane itu yg namanya teguh. & seabis sedikit perbincangan ,malem itu juga sekitar jam 12an lebih ane bertiga langsung ke supermarket 24jam untuk beli bahan bahan makanan yang harus di bawa, dan langsung capcus ke rumahnya teguh buat nginep dan istirahat. nyampe rumah teguh sekitar jam1an karena emang deket jarak dari kedai kopi,supermarket, dan rumahnya si teguh itu gan. disana ane langsung ngepacking barang soalnya besok pagi harus udah berangkat ke basecamp apuy itu,karena jaraknya lumayan jauh dari kota majalengka.


Perjalanan Dimulai Kamis 11-10-2018
setelah siap semuanya sekitar jam 7an kurang kita bertiga berangkat ke bascecamp apuy itu gan, sekitar jam set10an kita akhirnya nyampe di basecamp apuy itu setelah sebelumnya ane beli bahan yg belum di beli kaya minyak, tempe & tahu.FYI sebelum masuk ke jalan desa tempat basecamp itu ada pasar tradisional,ane rekomendasiin buat agan agan kalo mau mendaki gn ciremai via apuy buat belanja disitu soalnya dapet harga harga nya murah gan heheemoticon-Big Grin  sesampenya di bascamp disana sepi banget gan karena mungkin masih pagi di tambah hari kerja jadi jarang yang muncak hari itu. disitu ane parkir di seblum pintu registrasi di warung gede milik ibu siapa namanya ane lupa gan hehe emoticon-Big Grin. suasana desa nya kerasa banget gan disini,warung si ibu ini posisinya diatas,jadi si sawah sama perkebunan nya ada di bawah bawahnya pokonya pemandanganya ajib banget gan dan suhu disini udah cukup dingin mungkin sekitar 18' celcius, setelah ngobrol sama si ibu warungnya katanya penjaga buat registrasinya lagi di kebun (masih bertani), dan setelah di cariin sama ibu warung kita ber3 langsung melakukan registrasi data dan bayar uang untuk masuk ke taman nasional gunung ciremai tersebut. untuk total pembayaran sendiri waktu itu ane bayar 50k itu udah termasuk voucher untuk makan 1x, trus sertifikat, asuransi ane lupa rinician lainya emoticon-Big Grin. untuk parkir sendiri ane bayar 10k itu 2 hari 1 malem 'kalo ga salah ya'emoticon-Big Grin. karena kebetulan ane bertiga belum pada makan akhirnya kita pake dulu voucher makan itu gan,menu nya itu telur dadar,tahu,tempe & nasi nya buanyak banget gan dijamin kenyang dehemoticon-Big Grin,untuk air sumber air gn ciremai via apuy hanya ada di basecamp gan dan ada di jalan sebelum ke pos 1 jadi kayak ada sungai kita lewatin tapi waktu itu ane masih musim kemarau jadi sungai nya cuman ada batu aja dan pasiremoticon-Big Grin ,beres makan sambil sebat dan nunggu nasi turun ke perut jam set 11 kita mulai berangkat dari basecamp menuju pos 1. dan konyolonya ane ga ngeuh kalo ane bakal bermalem jumat di pos 5 ntar (tempat ngecamp). sebenernya dari awal regis ampe beres makan ane ngarep ada rombongan pendaki lain yang ikut kita naik gan soalnya ane cuman ber3, *you know lahemoticon-Amazed

Pintu masuk sebelum basecamp

Basecamp - Pos 1
sebelum berangkat sehabis ngisi formulir dan di breafing sama petugas disana,kita langsung dikasih trashbag dan capcuss berangkat. untuk trek awal landai tapi berdebu banget, kebul bahasa sunda nyamah emoticon-Big Grin. kita lewatin aliran sungai dan ada sebagian jalan aspalemoticon-Nohope entah siapa yang bawa traktor sampe keatas sini ganemoticon-Nohope. dan dijalan ane juga nemuin beberapa pohon tumbang yang full blokade jalan dan kita mau ga mau harus lewatin itu pohon. jalanan cukup luas gan didominasi sama jalan berbatu setelah melewati jalan berdebu dan aspal tadi, hari itu cuaca cerah banget dan dan mendukung untuk melakukan treking karena selain cerah,rimbun nya hutan di gunung ciremai ini jadi bikin sengatan matahri ga terlalu menusuk, dan ga nguras waktu lama akhirnya ane ber3 sampe di pos 1 sekitar jam set 12 siang. disitu kita istirahat lumayan lama karena udah waktunya dzuhur juga. dan di pos 1 ini ane udah di sambut sama tawon gitu gan,muter muter ngikutin padahal ane ber3 diem ya agak risih sama takut disengat juga sihemoticon-Stick Out Tongue. pos 1 itu tempatnya kayak shelter gitu gan bisa buat berteduh kalo ujan da di pinggirnya banyak pohon rimbun bisa buat istirahat atau sekedar pasang hammock.
Pos 1

Jalur sebelum menuju pos 2


2 Sosok Pos 1 - Pos 2
Nah dari sini kita bener bener yang lumayan nguras tenaga,beres pos 1 naik dikit udah tanjakan semua,jalan di dominasi sama akar besar gan yang kalo ujan kayaknya licin bangetemoticon-Amazed. dan beberapa spot udah di pasang webbing buat ngebantu para pendaki karena emang ada sebagian trek yang jalurnya terjal gan lumayan lah emoticon-Big Grin. di perjalanan kita santai jalan nya gan posisi nya ane paling depan, di tengah temen ane si andre dan paling belakang si teguh itu. sambil nikmatin alam sambil ngobrol dikit dikit. *dikit aja ngoborolnya soalnya kalo banyak ngomong malah ngos ngosanemoticon-Big Grin .ane belum nemuin pendaki lain sampe skarang *gile udah siang bolong masih belum pendaki lain padahal menurut infi si bapa penjaga nya ada 3 rombongan yang diatas dari kemarin dan turun hari ini, jadi pasti ketemu di jalan tapi ane blum nemuin pendaki itu gan,jadi kalo ada suara ngobrol pasti sumber suaranya dari kami ber3 emoticon-Big Grin.
Quote:


. FYI jalur pendakian gn ciremai via apuy kalau menuju ke atas sebelah kanan nya itu jurang sehabis pos 1 menuju pos 2 sehabis tanjakan yang pakai webbing. lumayan dalem jurangnya emoticon-Amazed
"Andre : jiga aya jelema (kayak ada orang)"
"Saya : heeh lumpat katukang tatangkalan langsung ngaleungit (iya, lari ke pohon dan langsung ilang) emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)"
soalnya posisi ane waktu itu agak didepan mereka jadi mereka sadar ga sadar liat sosok itu.
" Andre : waduh! leungit na kamana nya, laina jurang lain disisimah (waduh lari kemana ya? bukan nya jurang di pinggir?)"
si andre ini kekeuh nyari kemana 2 sosok itu pergi itu ganemoticon-Amazed dia penasaran katanya kok bisa ilang nya cepet, kalo ane sih amit amit gan soalnya 2 sosok itu yang satu bawa senapan gitu ane jadi mikir yang engga engga jadinyaemoticon-Amazed
ane karena kaget disitu nyuruh si andre sama si teguh ini buat capcus jalan daripada nyariin mereka gajelas, sebenernya ane juga sempet sih nengok ke arah jurang tapi emang bener bener gaada jejak gitu ganemoticon-Amazed. sampe akhirnya kita sampe di pos 2 sekitar jam 2 kurang. di pos 2 tempatnya luas cuman yang landai nya sedikit, ane ber3 gak terlalu lama disini karena udah mulai dingin kerasa gan jadi cuman sebats sambil ngemil roti dikit langsung capcus.



Akhirnya..Pos 2 - Pos 3
di perjalanan ane masih kepikiran sama 2 sosok tadi gan, ane udah mikir macem macem kayak di begal di jalan atau pas lagi ngecamp gitu *maafkan kalo ane suudzon yaaemoticon-Frown. sekitar 40 mnt perjalanan pada akhirnya aneh ketemu sama suara gemuruh orang dan bener aja ternyata ane papasan sama rombongan lain dan cowok semua yang sama berasal dari bandung, ya langsung basa basi ala pendaki gitu lah yaaemoticon-Big Grin dan setelah ngobrol dikit sama mereka ternyata pos 3 di depan kita gan gapake lama langsung kita ke sana buat masak sereal buat ganjel perut karena waktu juga udah nunjukin hampir jam 3 sambil nunggu ashar. di pos 3 ini pendaki yang baru turun banyak juga *meskipun ga sampe 10 orang, tapi seengganya menghilangkan rasa cemas tadi ane ketemu 2 sosok itu ganemoticon-Big Grin. keheningan yang ane rasain selama perjalanan dari awal sampe pos 3 ini pecah sehabis ane ketemu sama pendaki lainemoticon-Big Grin syukur syukuremoticon-Frown kayak merasa ada temen gitu gan hihiemoticon-Amazedemoticon-Frown. dan keramaian itu seolah ilang lagi setelah sekitar jam set 4 ane ber3 lanjut perjalanan ke pos 4...
emoticon-Amazed
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 0 suara
Horor atau info perjalanan?
Horor
0%
Info Perjalanan
0%
Diubah oleh mapaygawir 16-07-2019 03:03
Cangguk
tata604
nona212
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.