alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d21a74d7e3a723b3f1c52df/ini-syarat-poligami-yang-diatur-dalam-rancangan-qanun-aceh
Lapor Hansip
07-07-2019 15:03
Ini Syarat Poligami yang Diatur dalam Rancangan Qanun Aceh
Past Hot Thread
Ini Syarat Poligami yang Diatur dalam Rancangan Qanun Aceh

Banda Aceh - Rancangan Qanun (Raqan) Hukum Keluarga yang mengatur tentang poligami masih dibahas Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Dalam qanun disebutkan, ada persyaratan yang harus dipenuhi jika suami ingin menikah lebih dari satu. Apa itu?

Dalam draft Raqan Hukum Keluarga yang dilihat detikcom, Minggu (7/7/2019), poligami diatur dalam BAB VIII tentang beristri lebih dari satu orang. Ada lima pasal yang membahas terkait masalah ini mulai dari persyaratan hingga soal izin.

Pasal 46 dalam Raqan membeberkan kriteria seorang suami yang dibolehkan berpoligami. Di antaranya mempunyai kemampuan secara lahir dan batin. Qanun yang dibuat untuk melindungi perempuan dari nikah siri ini juga mengatur hak yang sama antar setiap istri dan anak-anak.


Bunyi pasal 46 yaitu:

(1) Seorang suami dalam waktu yang bersamaan boleh beristri lebih dari 1 (satu) orang dan dilarang lebih dari 4 (empat) orang.
(2) Syarat utama beristri lebih dari 1 (satu) orang harus mempunyai kemampuan, baik lahir maupun batin dan mampu berlaku adil terhadap istri-istri dan anak-anaknya.
(3) Kemampuan lahir sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan sandang, pangan dan tempat tinggal untuk kehidupan istri-istri dan anak-anaknya.
(4) Kemampuan tersebut harus dibuktikan dengan sejumlah penghasilan yang diperoleh setiap bulan dari hasil pekerjaan baik sebagai Aparatur Sipil Negara, pengusaha/wiraswasta, pedagang, petani maupun nelayan atau pekerjaan lainnya yang sah.
(5) Kemampuan batin sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan, biologis, kasih sayang dan spiritual terhadap lebih dari seorang istri.
(6) dalam hal syarat utama sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak mungkin dipenuhi, seorang suami dilarang beristri lebih dari 1 (satu) orang.

Selain itu, dalam qanun juga disebutkan persyaratan suami boleh berpoligami. Dalam pasal 47 dijelaskan suami yang hendak menikah untuk kedua hingga keempat kalinya harus mendapat izin dari Mahkamah Syar'iyah. Pernikahan tanpa izin Mahkamah Syar'iyah dianggap tidak mempunyai kekuatan hukum.

Untuk persoalan izin Mahkamah Syar'iyah diatur dalam pasal 48. Ada tiga syarat yang disebutkan dalam pasal, namun salah satunya harus dipenuhi suami.

Isi lengkap pasal 48 yaitu:

(1) Mahkamah Syar'iyah hanya memberi izin kepada suami yang akan beristri lebih dari 1(satu) jika:
a. Istri tidak dapat menjalankan kewajiban sebagaimana diatur dalam Qanun ini; atau
b. Istri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan, yang dibuktikan dengan keterangan dari dokter ahli.; atau
c. Istri tidak dapat melahirkan keturunan, yang dibuktikan dengan keterangan dari dokter ahli.
(2) Persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah persyaratan alternatif, artinya salah satu syarat terpenuhi seorang suami sudah dapat mengajukan permohonan beristri lebih dari 1 (satu) orang meskipun istri atau istri-istri sebelumnya tidak menyetujui, Mahkamah Syar'iyah dapat memberikan izin kepada suami untuk beristri lebih dari satu orang.

Selain syarat utama tersebut, ada sejumlah persyaratan lain yang harus dipenuhi agar mendapat izin dari Mahkamah Syar'iyah.

Persyaratan itu diatur dalam Pasal 49 yang isinya:

(1) Selain syarat utama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 48 ayat (2), untuk memperoleh izin Mahkamah Syar'iyah harus pula dipenuhi syarat-syarat:
a. adanya persetujuan istri atau istri-istri; dan
b. adanya kepastian bahwa suami mampu menjamin keperluan hidup istri-istri dan anak-anak mereka.
(2) Persetujuan istri atau istri-istri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a dapat diberikan secara tertulis atau secara lisan.
(3) Persetujuan lisan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat diberikan oleh istri di hadapan sidang Mahkamah Syar'iyah.
(4) Persetujuan sebagaimana pada ayat (1) huruf a tidak diperlukan bagi seorang suami, jika istri atau istri-istrinya tidak mungkin diminta persetujuannya dan tidak dapat menjadi pihak dalam perjanjian atau apabila tidak ada khabar dari istri atau istri-istrinya paling kurang 2 (dua) tahun atau karena sebab lain yang perlu mendapat pertimbangan hakim.

Sementara pasal terakhir bab poligami yaitu pasal 50 menyebutkan, "tata cara mengajukan permohonan beristri lebih dari seorang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Aceh, Musannif, mengatakan, poligami pada dasarnya diperbolehkan sesuai hukum dalam agama Islam dan telah diatur dalam Alquran. Namun, selama ini banyak orang menikahi perempuan secara siri atau tidak tercatat oleh negara sehingga pertanggungjawaban terhadap istri dan anak dari nikah siri itu jadi tidak jelas.

"Selama ini kan karena diperbolehkan oleh hukum Islam, marak terjadi kimpoi siri yang kita tahu. Maka dengan marak terjadinya kimpoi siri ini pertanggungjawaban kepada Tuhan maupun anak yang dilahirkan ini kan lemah," kata Musannif, Sabtu (6/7). (agse/rvk)

(3) Persetujuan lisan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dapat diberikan oleh istri di hadapan sidang Mahkamah Syar'iyah.
(4) Persetujuan sebagaimana pada ayat (1) huruf a tidak diperlukan bagi seorang suami, jika istri atau istri-istrinya tidak mungkin diminta persetujuannya dan tidak dapat menjadi pihak dalam perjanjian atau apabila tidak ada khabar dari istri atau istri-istrinya paling kurang 2 (dua) tahun atau karena sebab lain yang perlu mendapat pertimbangan hakim.

Sementara pasal terakhir bab poligami yaitu pasal 50 menyebutkan, "tata cara mengajukan permohonan beristri lebih dari seorang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Aceh, Musannif, mengatakan, poligami pada dasarnya diperbolehkan sesuai hukum dalam agama Islam dan telah diatur dalam Alquran. Namun, selama ini banyak orang menikahi perempuan secara siri atau tidak tercatat oleh negara sehingga pertanggungjawaban terhadap istri dan anak dari nikah siri itu jadi tidak jelas.

"Selama ini kan karena diperbolehkan oleh hukum Islam, marak terjadi kimpoi siri yang kita tahu. Maka dengan marak terjadinya kimpoi siri ini pertanggungjawaban kepada Tuhan maupun anak yang dilahirkan ini kan lemah," kata Musannif, Sabtu (6/7). (agse/rvk)

https://m.detik.com/news/berita/d-46...turedArtikel_5


Berita mencerahkan bagi ASN, sayang Ayah di depok emoticon-Hammer

Terus dapat tunjangan juga ndak untuk istri ke dua san seterusnya??














Selamat menikmati emoticon-Angkat Beer

Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
07-07-2019 16:14
Ini Syarat Poligami yang Diatur dalam Rancangan Qanun Aceh


emoticon-Matabelo

Ane agak kurang sependapat dengan yang ini, masa penderitaan istri justru dijadikan alasan.

Istri yang mengalami satu atau lebih hal diatas justru membutuhkan perhatian suaminya. Kalau poligami, penderitaannya jadi dobel.


Coba dibayangkan, elo cacat terus mandul, pasti sedih banget, ya. Di saat seperti ini elo butuh support. Dan support terbesar adalah dari suami. Eh.... ternyata suami lo manfaatin semua penderitaan loe sebagai kesempatan buat kimpoi lagi. Yang dicari cewe yang lebih muda dan lebih sempurna. Terus adilnya tinggal kenangan.....triple kill kan....


Kemudian, kalau yang terjadi adalah sebaliknya, lakinya yang cacat dan mandul, apakah boleh ditinggalkan laki-laki semacam itu? Coba kalau diperlakukan sama, bagaimana perasaannya?

Kalau laki-laki yang ingin menikah lagi, namun tidak memenuhi syarat, ujung-ujungnya tetap melakukan nikah siri.

Tetapi itu kan kearifan lokal, ane ga bisa mencampuri. Harus dari wanita aceh sendiri yang menyuarakan. Kalau nda ada suara ya berarti menyetujui.


Ini Syarat Poligami yang Diatur dalam Rancangan Qanun Aceh
Diubah oleh Celdam.Vanessa
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
07-07-2019 16:31
Balasan post jualpcyagan
Quote:Original Posted By jualpcyagan


99% gw sangat senang fpi di bubarkan, tp gw inget org2 spti lu, yg salah personalnya agamanya di hina hina, sehingga kadang gw berharap fpi ttp exist,terutama utk menghadapi org2 spti lo di kehidupan nyata, even fui dan sub2 ormas nya lah utk mempersekusi org spti lo.

Tp gimana pun jg lo manusia harus berlaku dan di perlakukan spti manusia.

Semoga Allah SWT mengampuni dosa lo,dan semoga di kemudian hari lo nggak akan pernah jadi korban aksi2 fpi


@jualpcyagan

justru ane tidak setuju FPI dibubarkan
karena FPI mencerminkan wajah agama biadab ini yg sesungguhnya

ketua FPI, HRS juga mencerminkan sifat2 nabi agama biadab ini yg penuh kebencian, yg juga herannya ada pengikutnya


oh iya, satu lagi tidak usah sok bicara bijak,
ane tidak butuh pengaampunan dosa dari tuhan yg biadab,
karena ane tdk percaya keberadaan tuhan yg biadab
profile-picture
Makadav2009 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
07-07-2019 16:33
Balasan post masmomon
adil itu mudah... 1 istri makan semua makan. 1 istri ga makan semua ga makan. Mudah..
profile-picture
masmomon memberi reputasi
1
07-07-2019 16:37
Quote:(2) Syarat utama beristri lebih dari 1 (satu) orang harus mempunyai kemampuan, baik lahir maupun batin dan mampu berlaku adil terhadap istri-istri dan anak-anaknya.


Gaji minimal 5x UMR biar adil. Yang 4x UMR buat istri-istri yang 1x UMR buat Lakinya. Mwoahaha

Ada ada sahaja negara tetangga ini.
0
Lapor Hansip
07-07-2019 16:45
Balasan post bangtjah
@bangtjah emoticon-Leh Uga yasudahlah toh gw bkn org aceh
0
07-07-2019 17:34
Quote:Original Posted By jualpcyagan
Gw lbih setuju yg ini sebenarnya,poligami boleh, asal janda yg udh gk mampu lg alias mustahil utk dpt pekerjaan di usianya (35-55thn dan gk punya ijazah) smntra anaknya bnyak dan butuh nafkah.

Lalu yg gk mengutamakan tampang

Dan ketiga utk kalian, aceh dan jogja adalah daerah istimewa, selama lo gk di sana apalagi nggak mbayar pajak daerah sana gk usah sok2an dgn komentar lo yg sok bijak.

Di masa lalu aceh punya kontribusi besar untuk kemerdrkaan RI, sementara kalian??


Ini sesungguhnya yg sok bijak. Aceh dan jogja milik indonesia segenap rakyat indonesia yang boleh berpendapat tentang provinsi manapun. Pph dari setiap pekerja indonesia juga masuk ke semua kas apbd untuk pembangunan provinsi di indo. Dan uang triliunan apbd hanya menghasilkan aturan selangkangan? Einstein kalah jenius.

Bandingin ke masa lalu? Lw delusional atau gimana?, mana mungkin kaskuser disini bisa ke masa lalu? Realitas blok, pake otak, masa sekarang dan depan yg penting. Kalau masa sekarang aceh udah aneh gimana nasibnya dimasa depan?

Pikir.. pikir..lw kira dgn agama perut bisa kenyang? Lw pikir dengan aturan selangkangan ekonomi bisa tumbuh?
0
Lihat 1 balasan
07-07-2019 17:41
gara gubenurnya ketauan nikah siri, eh sekarang buat aturan resmi biar ga kena pecat, yang dipikir hanya isi dalam rok, psi paling benci sama poligami mana suaranya atau cuma jualan iklan waktu kampanye, aktivis pembela perempuan juga gada suaaranya, giliran hukum cambuk buat perempuan paling keras suara.emoticon-Shutup
0
07-07-2019 17:56
(4) Kemampuan tersebut harus dibuktikan dengan sejumlah penghasilan yang diperoleh setiap bulan dari hasil pekerjaan baik sebagai Aparatur Sipil Negara, pengusaha/wiraswasta, pedagang, petani maupun nelayan atau pekerjaan lainnya yang sah.

Gak ada jumlah minimal yg hrs dipenuhi nih?
0
07-07-2019 17:57
Nikmat mana yg kau dustakan
0
07-07-2019 18:03
Kerjaan cuma demo gimana mau poligamiemoticon-Belgia
0
07-07-2019 18:42
Quote:Original Posted By masmomon
syarat kedua "....mampu berlaku adil...."
yakin bakal bisa????



T1t*d cuma 1 ___emoticon-Ngacir
profile-picture
masmomon memberi reputasi
1
07-07-2019 18:44
Quote:Original Posted By andika.1stravel
Kerjaan cuma demo gimana mau poligamiemoticon-Belgia



Itu demo sekalian ajang cari jodoh ___emoticon-Ngacir
0
Lapor Hansip
07-07-2019 18:51
Balasan post Rivia
Quote:Original Posted By Rivia


Ini sesungguhnya yg sok bijak. Aceh dan jogja milik indonesia segenap rakyat indonesia yang boleh berpendapat tentang provinsi manapun. Pph dari setiap pekerja indonesia juga masuk ke semua kas apbd untuk pembangunan provinsi di indo. Dan uang triliunan apbd hanya menghasilkan aturan selangkangan? Einstein kalah jenius.

Bandingin ke masa lalu? Lw delusional atau gimana?, mana mungkin kaskuser disini bisa ke masa lalu? Realitas blok, pake otak, masa sekarang dan depan yg penting. Kalau masa sekarang aceh udah aneh gimana nasibnya dimasa depan?

Pikir.. pikir..lw kira dgn agama perut bisa kenyang? Lw pikir dengan aturan selangkangan ekonomi bisa tumbuh?


ok anggep aja lo pintar
terus lu cuma bisa bacod2 di kaskus?
apa yang udah lo perbuat di real?
tong kosong
0
07-07-2019 20:18
Ummat laknattulah memang selalu terdepan kalo urusan selangkangan
0
07-07-2019 20:24
emang gak ada masalah laen yg lebih urgen buat dibahas disono ?

katanya daerah dgn tingkat kemiskinan tertinggi di pulau sumatra ..
0
07-07-2019 20:31
Hukum pancung buat koruptor kapan dibuat ??
Masa gubernurnya korupsi pada mati gaya emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1
07-07-2019 20:32
aceh,
salah masuk ke bpln
0
07-07-2019 23:28
Tujuan poligami itu apa??? Harus diperjelas. Cuman buat nafsu birahi atau ada yg lainnya???

0
07-07-2019 23:59
Quote:Original Posted By masmomon
syarat kedua "....mampu berlaku adil...."
yakin bakal bisa????


poligami dulu soal itu mah urusan belakangan buat alesan cere ganti bini lagi

emoticon-Ngacir
profile-picture
masmomon memberi reputasi
1
08-07-2019 00:00
yg fenting kongtol puas dan lemas
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.