alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d1f6a6d2f568d58f25a9cb7/viral-gerobak-pedagang-gorengan-ini-pakai-cctv-asli-atau-palsu
Lapor Hansip
05-07-2019 22:19
Viral, Gerobak Pedagang Gorengan Ini Pakai CCTV, Asli atau Palsu?
Past Hot Thread

Viral, Gerobak Pedagang Gorengan Ini Pakai CCTV, Asli atau Palsu?

Pernahkah GanSis, waktu sekolah dulu, makan 3 kue di kantin, tapi bayarnya hanya satu?

Kalau ambil 3 tapi bayar 5, Ane yakin GanSis semua tidak pernah melakukannya. emoticon-Big Grin

Oke, begitulah kelakukan sebagian pembeli, dengan berbagai alasan melakukan kecurangan ketika berbelanja.

Akibatnya tentu saja merugikan si penjual, apalagi jika ia hanya seorang pedagang kecil, seperti penjual gorengan.

Nah, mungkin karena merasa sering dicurangi oleh pembeli, namun tak punya bukti untuk menuduh konsumen, maka seorang pedagang gorengan di Filipina melakukan langkah antisipasi.

Tak tanggung-tanggung, pedagang gorengan yang tidak disebutkan identitasnya itu, memasang dua buah kamera pangintai (CCTV) di gerobak jualannya.

Satu mata kamera menghadap ke arah wajan penggorengan, dan satu lagi menghadap ke tempat hasil gorengan yang dijualnya.

Gerobak yang digunakannya sangat mirip dengan gerobak yang biasa dipakai pedagang di Indonesia. Ada kompor gas dan wajan sebagai sarana menggoreng makanan yang dijual.

Viral, Gerobak Pedagang Gorengan Ini Pakai CCTV, Asli atau Palsu?

Ada pula perlengkapan lainnya, seperti tempat meniriskan minyak dari makanan, tempat sambal/saos, dan sebagainya.

Bedanya hanya pada CCTV itu. Dan setelah ditelisik lebih jauh, ternyata penyebab pedagang itu memasang CCTV adalah karena ia mengakui sering dicurangi oleh pembeli.

Misalnya ya makan 5 bayar 3, jadi tekor 2 penjualnya. Dan bleh jadi dengan tekor 2 biji saja, si pedagang tidak mendapat untung lagi dari 3 kue yang terjual, bahkan bisa rugi.

Katanya nih, ia sudah sering mengalami hal itu, sehingga ia berinisiatif untuk memasang CCTV di gerobaknya tersebut.
***
Sebuah cara cerdas yang dilakukan pedagang, namun juga menimbulkan banyak tanda tanya, seperti:

1. Di mana letak monitornya? Dalam gambar yang beredar, tidak terlihat ada monitor di gerobak tersebut. Kecuali sang penjual menggunakan wireless monitor, seperti melalui jaringan yang bisa diakses melalui Smartphone.

Tapi, si pedagang juga tidak terlihat memegang atau memasang HP sebagai layar monitor.

Emang sih, CCTV bisa jalan tanpa layar monitor, sebab data rekaman langsung tersimpan di HDD yang ada di CPU. Jika ini yang dilakukan pedagang itu, terus kapan ia bisa memonitor pembeli yang curang? Setelah pulang ke rumah, lalu buka rekaman CCTV? Ah, mission impossible itu namanya.

2. Di mana letak CPU-nya? Seperti halnya PC, CCTV juga memerlukan CPU yang mengolah gambar hasil tangkapan kamera, kemudian menyimpannya dalam HDD yang terpasang di dalamnya.

Dalam gambar yang beredar, tidak terlihat adanya CPU, yang mungkin disembunyikan di bagian atas (atap) gerobaknya.

3. Dari mana sumber daya CCTV-nya? CCTV dan perangkatnya, memerlukan catu daya listrik untuk mengaktifkannya. Kalau hanya menggunakan baterai, seperti UPS, hanya dalam hitungan menit, dayanya sudah habis terkuras. Sedangkan dalam gambar gerobak tersebut, tidak terlihat adanya aliran listrik ke sana.
***
Nah, atas dasar pertanyaan di atas, sepertinya ada kemungkinan, CCTV yang terpasang itu hanyalah fake camera, alias kamera palsu, hanya tipuan untuk menggertak pembeli yang ‘nakal’, agar tidak lagi makan 5 bayar 6, eh maksudnya 6 bayar 4. emoticon-Big Grin

Lalu, bagaimana menurut pandangan GanSis? Asli atau fake nih kamera?(*) Ref
Diubah oleh Aboeyy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
septianspeed dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
05-07-2019 22:20
Reserved
profile-picture
smersh64 memberi reputasi
1
05-07-2019 22:32
Satu pejwan
Kecuali ane
Residivis darmaji (dahar lima mayar hiji)
Spesialis curanreng



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 4 lainnya memberi reputasi
5
05-07-2019 22:38
Jangan" disponsori merk cctv nya emoticon-Matabelo
0
05-07-2019 23:00
Entahlah hanya beliau yang tahu, kalo gue sih tempe
0
05-07-2019 23:02
Quote:Original Posted By royaljannisary
Jangan" disponsori merk cctv nya emoticon-Matabelo


Boleh jadi tuh, gerobak endorse. emoticon-Big Grin
0
06-07-2019 06:26
yg gituan murah bre
15 ribuan tinggal tempel
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anggajunior. dan 2 lainnya memberi reputasi
-3
06-07-2019 13:17
ah jadi ga nikmat nge ghibah nya
0
06-07-2019 13:22
tu gerobak impor dari Indonesia emoticon-Leh Uga
0
06-07-2019 15:57
kali buat ngevlog abang2nya emoticon-Malu



tp masa cctv jg ya njirr emoticon-Big Grin
0
06-07-2019 16:45
mantep gan karena byk yg ngambil gk sesuai harga jd abang2nya pasang cctv emoticon-Big Grin
0
08-07-2019 09:10
Kalo boleh jujur itu gua yg awalnya ngasih usul ke abangnya pake cctv
0
11-07-2019 18:32
dummy itu ... emoticon-Ngakak
0
11-07-2019 18:34
Keliatannya palsu diliat dari lampu sensornya tidak terlihat hilal
0
11-07-2019 18:35
itu cctv pake dvr dan database nya sdh langsung tersambung ke polsek terdekat emoticon-Hammer2
0
11-07-2019 18:36
anjrit cctv nya segede durian
0
11-07-2019 18:38
darmaji dahar lima ngaku hiji..
tah barudak
0
11-07-2019 18:39
asumsi ane, tuh bapak sering debat sama pembelinya.
jadi saat perdebatan terjadi si bapak bisa langsung cek hasil rekaman cctv untuk meninjau kebenarannya
0
11-07-2019 18:40
Quote:2. Di mana letak CPU-nya? Seperti halnya PC, CCTV juga memerlukan CPU yang mengolah gambar hasil tangkapan kamera, kemudian menyimpannya dalam HDD intel yang terpasang di dalamnya.


pake raspberry bisa gan emoticon-Embarrassment

0
11-07-2019 18:41
{thread_title}
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1
11-07-2019 18:42
fake aka cctv palsu
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.