Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

zolaidAvatar border
TS
zolaid
Gubernur DKI Jakarta Setuju akan Memakai Hujan Buatan Untuk Atasi Polusi Udara
Gubernur DKI Jakarta Setuju akan Memakai Hujan Buatan Untuk Atasi Polusi Udara

 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan melakukan modifikasi cuaca berupa hujan buatan untuk mengatasi polusi udara Jakarta. Kepala BPPT Hamma Riza menyatakan telat mendapat persetujuan dari GUbernur DKI Anies Baswedan untuk menurunkan hujan buatan pada pertenghan Juli 2019.
“Gubernur DKI Jakarta sudah beri lampu hijau dan meminta agar TMC (Teknologi Modifikasi Cuaca) dilaksanakan paling cepat setelah tanggal 10 Juli dan paling lambat sebelum periode anak sekolah masuk pasca libur.” kata Hammam dalam keterangan tertulisnya, Jum’at 5 juli 2019
Modifukasi cuaca bakal dilakukan bersama para penerbang TNI-AU dari skadron 4 Lanud Abdurachman Saleh Malang menggunakan pesawat CASA.
Kepala Balai Besar TMC Tri Handoko Seto menyampaikan hujan buatan untuk membersihkan pecemaran udara sudah berjalan di beberapa kota di negara lain. Seperti Thailand . Cina Korea Selatan, dan India. Di Bangkok misalnya, pemerintah mengednlaikan pencemaran udara menggunakan metode cloud seeding dan menghilangkan lapisan inversi pada 2015
Di New Delhi .India modifikasi cuaca untuk menghalau polusi diterapkan dengan hujan buatan melalui penyebaran bahan kimia dari pesawat . Seto melanjutkan , Pemerintahan Cina menciptkan hujan di atas perairan antar negara yang dinilai membantu mengurangi polusi udara. 

“Negara – negara tersebut berjuang mengatasi polusi udara dengan cara mengendalikan cuaca itu sendiri .” ujar Seto.

Pemerintah DKI Jakarta mempertimbangkan opsi menciptakan hujan buatan untuk mengurangi polusi udara. Pelaksana tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih mengatakan BPPT telah menawarkan kepada pemerindah DKI untuk dilakukan modifikasi cuaca dengan hujan buatan.
Kepala BPPT Hamma Riza melalui akun instagramnya menyampaikan ada tiga skenario hujan buatan dalam mengatasi polusi udara Jakarta/ yakni penyemaian awan, penghilangan laipsan inversi, dan penyemprotan air baik dengan pesawat atau dari darat.


SUMBER : INDOZOLA
0
1.4K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.