• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Negara Terdamai di Dunia dan Apa yang Bisa Kamu Lakukan di Sana

moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
5 Negara Terdamai di Dunia dan Apa yang Bisa Kamu Lakukan di Sana


(Furnas Valley, Portugal/pixels.com)

Siapa yang nggak mau hidup dengan aman dan damai di sebuah negara? Meski hanya beberapa hari sebagai traveler, kita butuh jaminan keamanan ketika berkunjung ke suatu negara. Setiap negara di dunia ini punya pesona masing-masing, tapi nggak ada yang lebih memesona dari keamanan dan kedamaian. Hehe. Mengecek kondisi keamanan sebuah negara jadi hal paling penting dan utama sebelum memutuskan untuk berkunjung ke negara tersebut sebagai pelancong.

Situs Vision of Humanity setiap tahunnya melakukan survey dan mengeluarkan data berjudul Global Peace Index yang berisi negara-negara di dunia yang dinilai paling aman, damai dan sejahtera. Data inilah yang kemudian bisa kamu gunakan sebagai pedoman perjalanan sebelum mengunjungi sebuah negara. Tahun ini, ada 15 negara yang dinilai paling aman menurut Vision of Humanity. Sayangnya Indonesia nggak masuk ke daftar ini hahahahahahahaha.

Faktor keamanan menurut data

Menurut Vision of Humanity, ada tiga faktor utama sebuah negara bisa dinilai jadi negara yang aman dan damai. Ketiga faktor tersebut antara lain:

1. Konflik domestik dan internasional;
2. Pengamanan sosial;
3. Faktor militer.

Dari tiga faktor ini kemudian diturunkan lagi ke faktor-faktor lain yang cakupannya jadi lebih meluas. Seperti 'apakah negara tersebut sedang terlibat konflik secara internal atau eksternal?', lalu 'apakah negara tersebut punya sejarah kematian akibat kriminalitas, kondisi politik, personel militer, dan penjagaan negara?' Nah semuanya dipertimbangkan sampai akhirnya data ke-15 negara itu keluar dan jadi negara paling damai dan aman.

Daftar 15 negara paling aman di dunia

Lewat pertimbangan-pertimbangan di atas, ini dia daftar 15 negara paling aman di dunia:


Quote:



Sayang Indonesia gak masuk ke daftar ini ya. Sayang negara kita masih belum dinilai aman. Eh tapi jangan berkecil hati, banyak kok negara lain yang nggak masuk negara aman juga. Korea Selatan misalnya muahahahahha.  


Spoiler for Referensi:



boingboing99
valsigriuz
re.cozy
re.cozy dan 7 lainnya memberi reputasi
8
11K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.