jhonthor501Avatar border
TS
jhonthor501
APA ?? PilPres 2024, Prabowo Subianto Maju. Prediksi 15 Tokoh saingannya. Kang Emil ?
Sore Gan & Sis.
Semoga lancar aktivitasnya sore ini,
Berita hari ini ada prediksi 15 nama tokoh yang siap berlaga 2024 untuk PilPres..



TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Prabowo Subianto masih berpotensi maju dalam Pilpres 2024 berdasar Lingkaran Survei Indonesia Denny JA.
LSI Denny JA baru saja merilis 15 nama tokoh yang dinilai berpotensi berlaga pada Pilpres 2024 mendatang, termasuk di dalamnya Prabowo.
Masuknya nama Prabowo sebagai calon potensial di Pilpres 2024 karena sudah memiliki modal besar, yakni popularitasnya di atas 25 persen.
Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, menjelaskan selain popularitas, dua kriteria utama bagi calon di Pilpres 2024 adalah empat sumber rekrutmen dan penilaian subyektif peneliti LSI Denny JA.

Empat sumber rekrutmen yang dimaksud Rully adalah pejabat pemerintahan pusat, pimpinan partai politik, kepala daerah, serta kalangan profesional, swasta, atau organisasi masyarakat.
"Kalau dari nama-nama ini bukan soal mereka pernah kalah atau segala macam tapi nama itu memang punya potensi," kata Rully Akbar.

"Dari empat sumber latar belakang presiden inilah yang kita coba prediksi kira-kira 2024 nanti latar belakang presiden akan mengambil tidak jauh dari unsur empat tadi," ujar Rully.

Namun, menurut Rully, pengalaman Prabowo di tiga kali Pilpres tak serta merta menjadi modal penting untuk menang mudah di Pilpres 2024.
"Memang punya rekam jejak 40 persen (suara) tapi belum tentu juga, 2024 terulang lagi gak angka itu? Karena kita belum tahu kontestasinya seperti apa, karena kan tak ada petahana," beber Rully.
Persentase perolehan suara Prabowo sebagai capres pun menurun.
Pada 2014, ia memperoleh 46,85 persen suara sedangkan pada 2019 ia meraup 44,5 persen.
Rully berpendapat, Prabowo sebaiknya tak kembali maju dalam pilpres 2024 mendatang demi regenerasi politik.

Kandidatnya adalah
Kandidat potensial yang masuk dalam kelompok kepala daerah ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Lalu, kandidat potensial dari kelompok pimpinan partai politik adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto; eks Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto; Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono; eks Ketua Fraksi PDI-P Puan Maharani; dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.
Selain itu, kandidat potensial dari kelompok pejabat pemerintah adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani; Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan; Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian; dan eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo.
Rully menambahkan, masih ada sosok yang bisa menjadi kuda hitam yang belum masuk radar LSI.
Ia mencontohkan melesatnya popularitas Joko Widodo sejak menjadi wali kota Solo lalu menjadi gubernur DKI Jakarta hingga akhirnya mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu 2014.
"Bisa jadi ada the next Jokowi yang kita masih belum tahu sebagai faktor kejutan namanya. Bisa jadi nanti ada Mr atau Mrs X yang menjadi capres potensial di 2024," ujar Rully.

Kalau pun Prabowo tidak maju, Rully menilai sosok Anies dan Sandiaga patut diperhitungkan. 
"Bisa jadi Pak Anies Baswedan atau Pak Sandiaga Uno, nama-nama yang dekat dengan Pak Prabowo ini yang seharusnya disiapkan untuk kompetisi dan memenangkan laga di 2024," ujar Rully.
Anies dan Sandi memang masuk dalam daftar yang dirilis LSI Denny JA bersanding dengan tokoh-tokoh lainnya.

Reaksi Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil merespon rilis survei LSI Denny JA soal namanya masuk dalam kandidat di Pilpres 2024.
Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan masih terlalu dini membahas nama-nama yang berpeluang menjadi calon presiden pada Pilpres 2024.
"Pertama, ini teh masih 2019, sudah ngomongin 2024. Menurut saya terlalu jauh," ungkap Kang Emil di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (3/7/2019).
"Kedua, saya masih gubernur baru, saya belum punya pengalaman mendalami multidimensi," sambung Kang Emil yang dikenal sebagai arsitek ternama ini.
Secara pribadi, Kang Emil masih fokus bertugas sebagai Gubernur Jabar.
Ia bertekad membawa kemajuan dan perubahan di Jabar. Hasilnya, bisa dilihat di akhir masa jabatanmya.
Jika masyarakat mengapresiasi dan memang ada hasilnya, hal lainnya seperti pencalonan capres bisa menyesuaikan.
"Saya kira hal-hal lain bisa mengikuti. Jadi tidak sejauh ini, masih banyak yang lebih layak untuk kondisi sekarang, sekarang saya lebih fokus memastikan Jabar bisa juara lahir batin," ucap dia.
Mengenai foto dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan muncul dalam postingan Instagram lalu dikomentari warganet sebagai capres dan cawapres 2024, Kang Emil menganggapnya biasa.
"Itu mah saya kan sering posting dengan Anies Baswedan, Sandiaga Uno, dengan Ganjar Pranowo. Setiap posting, multikomen multitafsir," kata dia.
sumur

Adooooh kasiah Papih Wowo emoticon-Turut Berduka

Berat lagi PilPres 2024

Bgmna mnurut Gan&Sis ??
emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh jhonthor501 03-07-2019 10:18
simsol...
BlackFhein
BlackFhein dan simsol... memberi reputasi
0
2.6K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.