LionelRoffyAvatar border
TS
LionelRoffy
2 JABATAN BERGENGSI Napi Lapas Yang Gak Bisa DIREMEHKAN


Sebelumnya kita sudah membahas mengenai penjara titipan atau tahanan titipan (TAHTI) dan juga sedikit tentang kehidupan di LAPAS.




Nah kali ini kita akan membahas mengenai 2 profesi napi yang paling bergengsi di LAPAS.

Di LAPAS napi diberikan keleluasaan untuk mendapatkan pendapatan buat dirinya ataupun keluarganya di rumah. Para napi diberikan keterampilan seperti menjahit dan kerajinan tangan lainnya untuk bisa dijual sehingga bisa menghasilkan uang untuk dirinya.

Selain itu jabatan napi bergengsi yang bisa menghasilkan uang adalah Pemuka dan TAMPING, yaitu petugas pendamping. Tentunya untuk mendapatkan jabatan sah sebagai TAMPING ini tidak mudah persyaratannya. Oleh karena itu, sedikit napi yang bisa mendapatkan jabatan bergengsi khas penjara.

Napi yang sudah mempunyai ketrampilan khusus sebelum masuk penjara seperti misalnya napi tersebut punya keahlian di bidang memasak, maka napi itu akan lebih mudah untuk mendapatkan profesi sebagai Pemuka atau TAMPING penjara.




Tamping adalah para narapidana yang dipercaya dan diperbantukan dalam kegiatan di LAPAS. Sama seperti halnya para narapidana yang sudah dipercaya menjadi Pemuka, kedua profesi bergengsi ini bertugas untuk membantu para petugas dalam kegiatan pembinaan warga LAPAS.



Pemuka harus dibantu minimal 3 Tamping dibawahnya dalam menjalankan sebuah kegiatan di lapas. Jadi derajat pemuka memang 1 tingkat diatas tamping.

Karena banyaknya kegiatan dan warga LAPAS dan sudah disahkan oleh UU Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI No. 7 Tahun 2013 yang berisi tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemuka dan Tamping Pada Lembaga Permasyarakatan, maka Kepala Lapas berhak untuk mengangkat para narapidana yang bisa dipercaya menjadi Pemuka dan Tamping untuk membantu kegiatan di LAPAS.

Syarat Menjadi Pemuka dan Tamping

Dimana-mana untuk menempati profesi yang bergengsi memanglah gak mudah. Perlu pembuktian diatas rata-rata alias persyaratan yang rumit.

Begitu juga halnya dengan 2 profesi napi yang bergengsi di LAPAS, tentunya salah satu syaratnya harus punya keahlian khusus, berkelakuan baik di LAPAS, minimal hukuman 6 bulan dan sepertiganya sudah dijalani. Selain itu juga kedekatan dengan petugas LAPAS adalah salah satu jalan untuk mempermudah para napi menjadi seorang Pemuka atau Tamping.

Adalah satu hal yang wajar jika kedekatan ini bisa mempermudah napi itu menjadi seorang pemuka atau tamping. Kenapa? Karena di dunia kerja pun demikian, selain keahlian, kita juga harus ada kedekatan dengan bos kita, karena sebuah kepercayaan akan timbul jika kita sudah dekat dengan si bos.





Tugas Pemuka dan Tamping

2 profesi napi LAPAS yang bergengsi ini bertugas untuk membantu penjaga sipir dalam kegiatan olahraga, pendidikan, kegiatan kerja, keamanan, kesehatan, kesenian, dapur, dan juga kebersihan lingkungan.

Nah merekalah yang membantu menyiapkan dan membuat nasi khas makanan penjara yang dikenal dengan nasi cadong.






Tentu dengan bahan seadanya yang sudah disediakan oleh pihak LAPAS, para pemuka dan tamping akan memasakan bahan makanan tersebut untuk nantinya dibagikan ke semua para napi di LAPAS. Setelah masakan sudah dibuat, para tamping Lapas akan mengantarkannya ke masing-masing kamar.

Pemuka dan Tamping Menjadi Profesi Bergengsi

Para napi yang sudah diangkat menjadi Pemuka dan Tamping oleh Kepala Lapas akan diberikan tugas dan kewenangan di dalam Lapas. Oleh karena itu, pemuka dan tamping akan dihormati oleh para napi di dalam Lapas. Para napi dalam Lapas gak ada yang berani dengan para napi yang sudah menjadi pemuka dan tamping, karena semua akan berpihak pada pemuka dan tamping tersebut.

Ada kaskuser yang berkomentar di artikel sebelumnya kalau para napi kaya akan berkuasa dan menjadi raja di dalam Lapas. Namun tidaklah demikian, karena napi-napi kaya dalam Lapas, tetap harus mengikuti peraturan dalam Lapas termasuk menghargai para pemuka dan tamping disana. Karena rekomendasi atas yang diinginkan para napi akan disampaikan oleh para pemuka dan tamping LAPAS kepada petugas-petugas Lapas.

Nah oleh karena tugas dan wewenangnya di dalam LAPAS dalam mengadakan kegiatan ataupun yang lainnya, rata-rata Kepala Kamar Lapas ataupun para napi raja/pangeran (kaya), akan memberikan tip kepada para pemuka dan tamping sebagai ucapan terima kasih. Tak heran, menurut beberapa sumber, seorang tamping dan pemuka bisa mendapatkan uang saweran/tip sampai sekitar lebih dari 300rban per harinya. Mantap ya?






Well guys, memang dimanapun kita berada, jika kita memiliki keahlian, komunikasi yang baik, pasti akan bisa menjalin suatu relasi yang nantinya akan menghasilkan pendapatan yang tidak sedikit untuk dapat kita nikmati dan ini berlaku di dalam lingkungan LAPAS.

Namun, seindah dan sebagus apapun sebuah sangkar, seekor burung akan lebih senang dan bahagia jika diberikan kesempatan untuk terbang bebas diluar sangkar.

Jadi, nikmatilah dan jagalah kebebasan kita yang sekarang ini berada diluar sangkar.


Demikian pembahasan thread kali ini, mohon maaf dan maklum bila ada kesalahan kata dan penjelasan.

STAY POSITIVE and Turn Back Crime




Thank You and See Ya
emoticon-Maaf Agan



Sumber Referensi : sini, sini, sini
Sumber Gambar   : Google


jmontefiore
ikiriki11
yyudhasaputra
yyudhasaputra dan 37 lainnya memberi reputasi
38
14.7K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.