Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lagi Depresi? Inilah 5 Aktivitas Yang Bisa Membantu Agan/Sista Usir Depresi

kenzie16465Avatar border
TS
kenzie16465
Lagi Depresi? Inilah 5 Aktivitas Yang Bisa Membantu Agan/Sista Usir Depresi


Quote:

Menurut wikipedia, depresi adalah kondisi dimana seseorang mengalami perasaan sedih dan tertekan dalam kurun waktu lama yang akan berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, serta kesehatan mental seseorang.
Depresi sendiri tidak terbatas pada usia dan jenis kelamin, siapa saja bisa mengalami kondisi ini.


Sampai disini ane anggap agan/sista paham ya Depresi itu apa!
Biasanya nih gan, orang yang menderita depresi akan kelihatan terpuruk dan enggan melakukan apapun karena kehilangan semangat hidup. Namun, ada juga yang seolah tampak ceria diluar padahal batinnya kerap tersiksa.

Walaupun sebagian penderita depresi merasa sulit untuk keluar rumah atau bahkan sekedar bangkit dari tempat tidur, penderita harus menguatkan usaha dari diri sendiri untuk melawan depresi tersebut.

Jangan sampai berlarut-larut gan, berikut ini ada 5 aktivitas sederhana yang bisa agan/sista lakukan untuk mengusir dan melawan depresi.


1. Jogging



Salah satu olahraga ringan yang dapat mencapai level kesehatan adalah jogging. Selain berguna untuk kesehatan, ternyata jogging juga sangat ampuh untuk melawan rasa depresi.

Saat ente mengalamai gejala depresi, jangan terus-terusan berlarut dalam kondisi tersebut, karena akan berpotensi hal negatif kepada diri ente sendiri. Lebih baik, cobalah untuk keluar rumah dan jogging, tidak usah jauh-jauh cukup disekitaran lingkungan saja. Pilihlah waktu yang tepat seperti pagi hari atau sore hari, supaya tidak terpapar sinar matahari yang terlalu menyengat.


2. Bercerita



Saat ente mengalami suatu kesedihan atau merasa tertekan dengan suatu masalah, cobalah bercerita kepada orang disekitar yang mungkin ente percayai sebelum depresi menyerang ente.

Depresi bisa muncul karena ente menyimpan beban pikiran sendirian. Dengan bercerita, beban pikiran yang sedang ente hadapi bisa berkurang. Berbagilah kepada orang-orang yang sangat ente percayai seperti orang tua, sahabat, atau kerabat. Siapa tau mereka punya solusi atas apa yang sedang menjadi beban ente.


3. Melakukan Hobi



Melakukan hobi cukup ampuh untuk mengusir depresi yang agan/sista sedang alami. Karena dengan melakukan hobi, pikiran akan merasa senang dan dapat sejenak melupakan beban pikiran yang ada.

Cobalah untuk bertanya pada diri sendiri apa hobi ente, apa bermain game, apa bermain gitar, ataupun melukis. Misalnya ane nih, ane hobi bermain bulutangkis atau berkumpul bersama teman-teman di suatu tempat. Saat ane memiliki beban pikiran yang tak kunjung menemukan titik temunya, sebelum depresi menghampiri ane, lebih baik ane bermain bulutangkis atau nongkrong bareng temen-temen. Karena dengan begitu ane bisa menghibur diri dengan hobi tersebut.


4. Berwisata



Depresi muncul karena beban pikiran yang terlalu berat, sehingga seringkali memandang segala sesuatu dengan berat.
Pernah dengat kata Kurang Piknik kan?
Atau bahkan ente sendiri nih yang kurang piknik?
Hehehe, bercanda ya gan jangan terlalu serius.

Ketika pikiran sudah lelah dengan berbagai urusan dan depresi perlahan-lahan mulai menghampiri, cobalah untuk berlibur alias berwisata.
Kunjungi tempat-tempat baru yang menurut ente menyenangkan sehingga ente bisa merefresh pikiran dari berbagai beban yang ada.


5. Hadapi Masalah Yang Ada



Depresi datang karena masalah yang tak kunjung selesai, siapapun pasti pernah mengalaminya entah itu karena kehilangan pekerjaan, stress pada pekerjaan, masalah keluarga, atau masalah lain yang mungkin akan menyebab kan munculnya depresi.

Saran terbaik dari ane adalah untuk menantang mood buruk ente sendiri. Apabila ente marasa buruk pada diri ente sendiri, cobalah untuk mulai mengendalikan pikiran dan memikirkan hal-hal positif dari diri ente sendiri serta masalah yang saat ini sedang menghampiri ente.

Tidak mudah memang, tapi dengan menghadapi masalah yang ada merupakan penangan terbaik untuk mengatasi depresi ente. Begitupun sebaliknya, jika ente terus-terusan lari dari masalah, maka masalah tersebut tidak kunjung selesai yang akan berakibat depresi yang semakin meningkat.


Dalam kehidupan bermasyarakat yang kompleks seperti sekarang ini, potensi seseorang mengalami depresi memang cenderung semakin tinggi. Untuk itu, seberat apa pun masalah yang ente hadapi tetaplah tenang dan selalu berpikir positif saat menghadapi suatu masalah tetsebut.


Spoiler for TS:


Baca Juga







Diubah oleh kenzie16465 14-08-2019 15:44
kolollolok
maulanazn
maulanazn dan kolollolok memberi reputasi
2
2.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.