ciciteguAvatar border
TS
cicitegu
Ternyata Makan Pakai Tangan Memiliki Manfaat Untuk Tubuh

Agan Sista tim makan pakai tangan langsung apa pakai sendok? Selama ini makan menggunakan tangan selalu dianggap sebagai hal yang nggak banget. Selain di Indonesia ternyata ada negara lain juga yang sehari-harinya makan menggunakan tangan lho. Ternyata makan menggunakan tangan memiliki manfaat tersendiri yang berguna untuk tubuh. Apa aja ya kira-kira?



Baik untuk pencernaan

Menurut ilmu kesehatan asal India yaitu Ayurveda, dikutip dari Spoon University ternyata makan menggunakan tangan dapat membangkitkan emosi dan gairah. Menurut Veda, tangan merupakan organ yang paling berharga. Setiap jari adalah perpanjangan dari lima elemen yaitu ibu jari yang merupakan sebuah ruang, telunjuk menunjukkan adanya udara, jari tengah adalah api, jari manis perwakilan dari air dan jari kelingking mewakili bumi.

Karenanya, makan dengan menggunakan tangan, secara nggak langsung dapat membantu merangsang lima elemen tersebut dan membantu untuk memunculkan cairan di perut. Konon, ujung-ujung saraf pada  ujung jari kita dikenal untuk merangsang pencernaan. Sehingga jika Agan makan menggunakan tangan, jari-jari akan langsung memberikan sinyal ke perut jika saat itu kalian sedang makan. Hal ini akan menjadikan Agan menjadi lebih peka akan rasa, tekstur, juga aroma.


Membantu mengatur porsi makanan yang akan dilahap

Dikutip dari Spoon University, nggak sedikit penelitian yang mengatakan jika makan menggunakan tangan akan lebih memudahkan untuk mengatur porsi makanan yang akan dilahap. Yaiyalah Gan Sis, karena kan kalian memegang sendiri makanan tersebut secara langsung dengan tangan. Mau ambil sejumput atau segenggam  kan jadi bisa mengira-ira sendiri mana yang bakalan muat masuk dalam mulut.


Bakteri yang ada di tangan ternyata bermanfaat untuk tubuh

Beberapa artikel mengatakan jika tangan manusia memiliki bakteri, karenanya nggak sedikit yang menganggap jika makan menggunakan tangan itu jorok. Yaiyalah kalau jarang banget cuci tangan. Dan padahal Gan, bakteri yang ada di tangan itu nggak berbahaya. Jika dikutip dari Spoon University, nyatanya bakteri tersebut malah melindungi kita dari mikroba yang berpotensi merusak. Jadi saat Agan makan menggunakan tangan, bakteri pun masuk ke dalam tubuh dan bermanfaat untuk mulut, tenggorokan, usus, dan bagus untuk kesehatan pencernaan.



 Ya begitulah Gan Sis. Menurut ane sih nggak ada salahnya makan pakai tangan. Nggak pernah menganggap juga kalau makan langsung menggunakan tangan adalah suatu hal yang jorok, atau menjijikkan. Asalkan selalu sadar diri aja sih buat selalu rajin mencuci tangan kalau tahu abis melakukan sesuatu yang kotor. Apalagi yang beragama islam kan juga disunnahkan untuk makan menggunakan tangan. Jadi menurut ane jelas hal ini nggak akan merugikan sih hehe asalkan nggak makan mie rebus atau makanan berkuah dengan tangan langsung. Kan sulit.

emoticon-Big Grin



aswira
rafifdx
nona212
nona212 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
9.2K
125
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.