News
Batal
KATEGORI
link has been copied
455
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d14d0ca68cc9557c914323f/mk-tolak-gugatan-pilpres-prabowo-sandiaga
Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan putusan ini, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin tetap memenangkan Pilpres 2019.
Lapor Hansip
27-06-2019 21:20

MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga

Past Hot Thread
Quote:

MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga


Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan putusan ini, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin tetap memenangkan Pilpres 2019.

"Mengadili, menyatakan, dalam eksepsi menolak eksepsi termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan: menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," ujar Ketua MK Anwar Usman membacakan amar putusan dalam sidang gugatan hasil Pilpres di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Dalam konklusi, MK berkesimpulan, berwenang untuk mengadili permohonan a quo. Pemohon disebut memiliki kedudukan hukum (legal standing) untuk mengajukan permohonan a quo.

Selain itu, permohonan diajukan masih dalam tenggang waktu yang ditentukan; eksepsi Termohon dan eksepsi Pihak Terkait tidak beralasan menurut hukum untuk seluruhnya. Permohonan pemohon tidak beralasan menurut hukum.

MK menyatakan penanganan pelanggaran administratif yang bersifat terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) dalam pemilu merupakan kewenangan Bawaslu. Sedangkan kewenangan MK disebut sesuai undang-undang adalah tentang perselisihan hasil penghitungan suara.

Dalam putusannya, MK menolak semua dalil permohonan Prabowo-Sandiaga. MK menilai dalil yang diajukan tidak beralasan menurut hukum karena pemohon tidak bisa membuktikan dalil permohonannya dan hubungannya dengan perolehan suara.

Dalil yang ditolak di antaranya soal money politics atau vote buying oleh Jokowi-Ma'ruf. Adapun dalil yang dimaksudkan terkait dengan penyalahgunaan anggaran hingga program negara oleh Jokowi.

Menurut majelis hakim MK, tim hukum Prabowo-Sandiaga juga tak merujuk pada definisi hukum tertentu terkait money politics atau vote buying.

Tim 02 tidak membuktikan secara terang hal-hal yang didalilkan itu mempengaruhi perolehan suara Prabowo-Sandi ataupun Jokowi-Ma'ruf. Majelis hakim menyebut, dalam persidangan, tidak terungkap apakah pemohon sudah melaporkan dugaan pelanggaran yang didalilkan itu kepada Bawaslu atau belum.

Kedua, dalil permohonan soal duugaan ketidaknetralan aparat. Menurut Mahkamah, pemohon, yakni tim Prabowo-Sandiaga, tidak memberikan bukti meyakinkan soal dalil ketidaknetralan aparatur negara. Bukti pemohon yang diperiksa adalah surat, video, dan keterangan saksi.

"Misal bukti P111, setelah memeriksa saksama, ternyata isinya berupa imbauan presiden kepada jajaran Polri untuk mensosialisasikan program pemerintah. Hal itu adalah sesuatu wajar yang dilakukan presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintah. Tidak ditemukan adanya ajakan memilih paslon tertentu dan bukti-bukti tertulis yang diajukan pemohon seluruhnya hanya berupa fotokopi berita online (yang) tidak serta-merta menjadi bukti tanpa didukung bukti lain. Masih dibutuhkan bukti lain karena harus dibuktikan pengaruhnya," kata hakim konstitusi.

Ketiga, MK menguraikan dalil gugatan Prabowo-Sandi soal dugaan pengerahan pejabat negara dan pelanggaran netralitas ASN, mulai dari percepatan THR ASN, kenaikan honor pendamping dana desa, dukungan sejumlah kepala daerah, hingga aksi sejumlah menteri yang dinilai mengampanyekan Jokowi. MK lalu menguraikan bahwa segala permasalahan tersebut sudah diproses oleh Bawaslu.

"Sebagaimana telah diuraikan di atas dan disampaikan di persidangan Bawaslu telah melaksanakan kewenangannya, terlepas dari apapun keputusannya, yaitu untuk dalil pemohon angka satu, angka empat, angka lima dan tiga belas. Sementara untuk dalil lainnya Mahkamah tidak menemukan fakta di persidangan apakah pemohon pernah membuat pengaduan ke Bawaslu yang diduga pelanggaran TSM," ujar hakim konstitusi.

Keempat, soal dalil mengenai Situng terkait Prabowo-Sandiaga kehilangan suara 2.871 suara dalam sehari. Dalam dalil tersebut, disebutkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin justru bertambah suaranya.

"Bukti video yang dimaksud hanyalah narasi yang menceritakan adanya akun Facebook yang bertambah dan hilangnya suara paslon. Sesuai dengan posisi Situng yang bukan merupakan basis rekapitulasi suara hasil karena masih dimungkinkan adanya koreksi dan perubahan. Narasi tersebut sama sekali tidak menjelaskan apapun terkait dengan hasil akhir rekapitulasi perolehan masing-masing paslon," tutur hakim konstitusi Enny Nurbaningsih.

Kelima, soal gugatan Prabowo-Sandiaga yang menyoal netralitas ASN. MK menegaskan penyelesaian persoalan netralitas ASN merupakan kewenangan Bawaslu.

Keenam, MK menganggap dalil adanya TPS siluman yang diajukan tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam gugatan sengketa hasil pilpres 2019 tidak jelas. Alasannya, MK menilai dalil tersebut tidak dapat diperiksa karena bukti yang diajukan oleh tim 02 tidak bisa menunjukkan dengan jelas TPS siluman yang dimaksud.

Ketujuh, MK menyebut dalil tim hukum Prabowo -Sandiaga mengenai Daftar Pemiliih Tetap (DPT) tidak wajar 17,5 juta ditambah Daftar Pemilih Khusus (DPK) 5,7 juta adalah tidak wajar dan menimbulkan penggelembungan suara bagi Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin tidak terbukti. MK menyatakan argumen terkait itu tidak relevan.


Komeng TS =
Pilpres selesai emoticon-Ultah
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
666lucifer89 dan 74 lainnya memberi reputasi
71
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 23
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:14
Pilpres selesai harusnya dah gak da lagi kampret vs cebong

Damai Indonesia ku....emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:17

emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
Diubah oleh cyanogen
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:18
finally berakhir juga drama iniemoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bata.special dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:18
1. Dari sejak sebelum pemilu, sebelum 17 April, sudah ada tanda tanda kalah;
2. Hari H pilpres, 17 April, hasil QC sudah menampilkan hasil bahwa emang akan kalah;
Sekitar 2 bulan bahkan lebih, punya waktu untuk menyiapkan bukti dan saksi yang valid serta kuat, untuk dibawa ke MK. Eeehh bukannya disiapin, malah sibuk nebar hoax, bohong, klaim menang, ngitung" angka gak jelas bin gaib, belajar excel, bikin robot opo kui namanya, sibuk sujud sana sini, dan segala macam perbuatan sia sia.
Begitu hari H masuk MK, kalang kabut, sks sistem kebut semalam, saksi lawak direkrut, dan berbagai macam kebodohan lainnya..
Diubah oleh saosholic
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nanase.yaeger dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:18
Quote:Original Posted By labisoen
dari sidang putusan tadi saya sering dengar kata " A QUO " berulang kali, artinya apa sih gan?? (serius nanya)


A quo kata ganti asing artinya "tersebut" sesuai apa yg dibahas sebelumnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryukaiser dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:19
Gw berharap gugatan ke MK kemaren itu perlawanannya luar biasa, biar seru. Ehh pas gw nonton malah kayak dagelan, gimana mau diterima permohonannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:19
MK GA ADIL

Begitulah kata kampret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:19

#25,285

Masih ada 115 hari lagi sampai pelantikan 20 Oktober 2019.
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:20
Cieeee cendanus waswas ni, mana mo abis harta babe.... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:21
Quote:Original Posted By rafatharhero
Selamat kepada pak Prabowo dan sandi dinobatkan sebagai presiden dan wakil presiden 2019 terbaik dalam hal cosplayMK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga


profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:23
Nahhh kan gugatan ke MK udah ditolak, coba gugat ke PBB. Klo masih ditolak juga coba gugat lagi ke ketua Galaksi Bimasakti
Anjaaayyy daritadi ga bisa berhenti cengar-cengir ane

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:23
selamat kepada pemenang dalam hal ini perhelatan pilpres.. mudah mudahan bisa menjalankan dengan seadil adilnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:25
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
Lapor Hansip
27-06-2019 22:25
Balasan post ba.dum.tss4
gak sekalian ngadu ke bangsa Klingon. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:26
Sudah boleh ketawa???

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:26
Padahal udh kerja keras 2tahun sebelum pilpres lewat tagar 2019 ganti presiden

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:27
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga

Wowo ga jawab dm sih emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:27
oalah gagal maning son son
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ezalor125 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
27-06-2019 22:27
Quote:Original Posted By rafatharhero
Selamat kepada pak Prabowo dan sandi dinobatkan sebagai presiden dan wakil presiden 2019 terbaik dalam hal cosplayMK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga


GIF

udehhh....jangan lagi ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
MK Tolak Gugatan Pilpres Prabowo-Sandiaga
Lapor Hansip
27-06-2019 22:28
Balasan post youdoyouknow
ngakak gan wkwkwkw emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
boingboing99 dan simsol... memberi reputasi
2 0
2
Halaman 11 dari 23
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia