• Beranda
  • ...
  • Beauty
  • Sis, Jangan Gunakan Makeup Berbahaya Seperti yang Dilakukan Ratu Elizabeth I, Ya!

hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Sis, Jangan Gunakan Makeup Berbahaya Seperti yang Dilakukan Ratu Elizabeth I, Ya!
Makeup merupakan salah satu hal wajib bagi sebagian besar wanita. Termasuk Sis kan pastinya? Kalian boleh kok menggunakan makeup, gaada yang melarangmu untuk berkespresi merias diri. Tapi, sebaiknya Sista lebih berhati-hati dan memerhatikan kandungan-kandungan pada makeupmu ya. Karena ga semua makeup terbuat dari bahan-bahan yang aman untuk tubuhmu.

Jagan sampai hal yang melanda Ratu Elizabeth I juga melanda dirimu. Kalian tau ga yang ane maksud? Kabarnya, ratu dari kerajaan Inggris dan Irladia yang memerintah sejak tahun 1558 ini meninggal karena makeupnya yang digunakan mengandung bahan berbahaya loh Sis.



Pada masanya, Ratu Elizabeth I dikenal akan complexion yang putih seperti Snow White, serta memiliki paras yang cantik dan elegan. Bahkan style ghostly-makeup yang putih bak porselen Ratu Elizabeth I dianggap sebagai tren makeup wanita ideal jaman itu loh, karena dinilai anggun dan sempurna. Tapi ternyata untuk memperoleh dandanan cantiknya itu, Ratu Elizabeth I mengoleskan berlapis-lapis makeup berbahaya yang membawanya pada kematian.



Penggunaan “Venetian Ceruse” Sebagai Foundation



Tahun 1558, industri makeup belum modern seperti saat ini Sis. Pada zaman dulu, makeup yang digunakan terbuat daru bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Misalnya untuk membuat complexion yang putih bak porselen, Ratu Elizabeth I menggunakan “Venetian Ceruse” Sis. Kalian ada yang tau apa itu? Ternyata “Venetian Ceruse” adalah kosmetik yang terbuat dari cuka dan timah, Sis. Duh, timah dijadikan bahan makeup? Ini merupakan hal yang sangat berbahaya Sis, karena timah bisa membuat rambut rontok, kerusakan kulit, bahkan berujung pada kematian.


Menggunakan Lipstick Yang Mengandung Merkuri



Sista juga pasti masih ingat kan dengan bibir merah merona yang dimiliki oleh Ratu Elizabeth I ini? Ternyata bibir merahnya itu, ia dapatkan dengan menggunakan cinnabar, yaitu mineral berwarna merah terang yang mengandung merkuri. Tadi pakai timah, sekarang pakai merkuri, ini kan bahaya juga. Keracunan merkuri bisa bikin kamu lupa ingatan, cepat marah, hingga depresi.


Makeup Remover Berbahan Dasar Merkuri



Sista biasanya akan membersihkan makeup mu saat sudah selesai beraktivitas kan? Nah, kalau pada zaman dulu, wanita ga pernah membersihkan makeupnya, termasuk juga Ratu Elizabeth I, Jadi makeup tersebut akan terus menempel di mukanya setidaknya selama seminggu. Coba bayangin Sis, bahan berbahaya tersebut akan semakin meresap dan menutup pori-pori, berubah menjadi warna abu-abu, hingga keriput. Banyak yang mengatakan untuk menghapus makeupnya, Ratu Elizabeth I menggunakan campuran kulit telur, tawas, dan juga merkuri. Walaupun merkuri dipercaya bisa membuat wajah semakin mulus, tapi nyatanya itu semua hanya efek layer kulit yang terkikis selapis demi selapis akibat penggunaan merkuri.



Ratu Elizabeth I meninggal pada tahun 1603, diduga karena blood poisoning, karena penggunaan merkuri dan juga timah semasa hidupnya, Sis. Seluruh bahan berbahaya yang digunakan oleh Ratu Elizabeth I sudah digolongkan sebagai komponen beracun 31 tahun setelah kematian sang Ratu. Penggunaan timah dan merkuri pada kosmetik saat ini juga sudah dilarang oleh BPOM maupun FDA. Namun, tidak sedikit kosmetik yang diam-diam menggunakan bahan berbahaya.

Jadi kamu harus lebih teliti dan berhati-hati dalam memilih makeup ya Sis.



SUMBER
sendhaljepit
tropikansayur
cheria021
cheria021 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
9.1K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
BeautyKASKUS Official
5.3KThread7.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.