Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

budimola1990Avatar border
TS
budimola1990
Setelah Dicuci Motor Kok Jadi Mogok? Nih Lhooo Penyebabnya
Setelah Dicuci Motor Kok Jadi Mogok? Nih Lhooo Penyebabnya

Sore Sobat Rider, ane ada sedikit tips and tricks nih sebagai pengendara motor yang baik, motor hendaknya rutin untuk di cuci, kenapa demikian? Sebab motor seringkali menghadapi hujan dan genangan air. Motor yang bersih tentu akan membuat pengendaranya makin pede dijalan.

Tapi Sobat Riders juga perlu memperhatikan hal ini, karena mencuci sepeda motor tidak boleh asal-asalan, setelah motor bersih justru tidak bisa dihidupkan alias motor mogok.

Memang sih, terbilang gak berbahaya buat kesehatan motor, tapi nantinya terjadi hambatan yang bisa mengganggu, terutama saat sedang terburu-buru. Tiga komponen ini wajib kalian cek setelah cuci motor bila susah dinyalakan.

Karburator Bisa Saja Kemasukan Air
Komponen yang pertama adalah karburator, terlihat sepele memang. Tapi karburator yang kemasukan air dengan tidak sengaja membuat ruang bakar jadi terhambat, karena lokasi pembakaran bahan bakar bercampur dengan udara dan air. Bagaimana Solusinya? tetep baca ulasannya ya.

Setelah Dicuci Motor Kok Jadi Mogok? Nih Lhooo Penyebabnya
Karburator bisa saja kemasukan air | Foto: Moladin

Perangkat Sistem Pengapian Lembab
Selanjutnya bisa saja bagian elektroda dari busi mengalami kelembaban karena terkena air ketika motor sedang di cuci. Pastikan kalau komponen ini selalu dalam kondisi kering, tak lupa juga untuk cek kondisi kelistrikan.

Setelah Dicuci Motor Kok Jadi Mogok? Nih Lhooo Penyebabnya
Sistem pengapian lembab | Foto: Moladin

Kop Busi
Penyebab motor yang mogok setelah di cuci adalah kop busi, biasanya air masuk ke dalam bagian ini. Kop busi jadi elemen sentral kelistrikan, sebab menghubungkan kabel busi dengan busi. Untuk membersihkannya, Sobat Riders cukup mencopot kop busi dan membersihkannya dengan lap kering.

Setelah Dicuci Motor Kok Jadi Mogok? Nih Lhooo Penyebabnya
Cek kop busi jika motor mogok setelah di cuci | Foto: Moladin

Nah, itu tadi hal-hal yang perlu Sobat Rider cek dan perhatikan ya setelah mencuci motor, sebab komponen tadi merupakan sentral kelistrikan, jadi wajar saja jika terkena atau kemasukan air, motor jadi mogok. Oke, adapun beberapa solusinya untuk "mengobati" motor kamu pas mogok, lanjut baca ulasannya disini ya. https://moladin.com/blog/setelah-dicuci-motor-kok-jadi-mogok/


raliakbarrr
keylakey
ironstark7
ironstark7 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.9K
7
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
Kendaraan Roda 2KASKUS Official
19.1KThread9.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.