Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sorkenAvatar border
TS
sorken
Anies Sebut Pulau Reklamasi sebagai Pantai, DPRD: Coba Lihat KBBI
Anies Sebut Pulau Reklamasi sebagai Pantai, DPRD: Coba Lihat KBBI



Wildan Catra Mulia Senin, 24 Juni 2019 - 19:11 WIB

JAKARTA, iNews.id – Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus, tak setuju dengan pernyataan Gubernur Anies Baswedan yang menjelaskan bahwa reklamasi adalah pantai bukan pulau. Dia menyarankan agar orang nomor satu di Ibu Kota itu untuk melihat kembali definisi dua kata (pantai dan pulau) itu di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Berdasarkan penelusuran di KBBI, kata pulau diartikan sebagai tanah yang dikelilingi air (baik di laut, di danau, atau di sungai). Sementara, pantai adalah perbatasan daratan dengan laut.

“Saya kira itu pulau ya, segala sesuatu yang terpisah dari daratan di dekatnya maka dia akan menjadi pulau. Saya sarankan untuk Pak Anies lihat KBBI aja,” kata Bestari di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

Dia meyakini daratan hasil reklamasi di Teluk Jakarta adalah pulau, karena itu memang merupakan bidang tanah yang dikelilingi oleh air. “Sudah jelas itu kan pulau terpisah antara daratan dan air,” kata dia.

Bestari juga mengkhawatirkan jika perbedaan istilah itu bakal menimbulkan konflik di kemudian hari. Pasalnya, perbedaan pengertian pulau dan pantai itu tak bisa disesuaikan oleh perorangan.

“Nanti gini, terjadi keributan antara anak pelajar tingkat sekolah yang jalan-jalan ke sana. Satu bilang ‘ini pantai’ satunya lagi bilang ‘ini pulau’. Akhirnya rusak pemahaman anak-anak kita terkait apa arti pulau apa arti pantai,” ungkapnya.

Dia juga meminta Anies untuk berkoordinasi kepada Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) dan kementerian terkait soal polemik pulau reklamasi yang menuai pro dan kontra. “Saya menyarakan Pak Gubernur untuk berkonsultasi kepada Bappenas terkait hal ini. Kemudian Kemendagri, kemudian kementerian terkait lainnya. Supaya jelas,” ucap Bestari.

Sebelumnya, saat menghadiri acara halalbihalal bersama caleg Partai Gerindra DKI Jakarta, Anies menyinggung soal reklamasi yang belakangan menuai pro kontra di kalangan publik. Anies ketika itu menegaskan bahwa lahan reklamasi adalah pantai bukan pulau.

“Dari reklamasi saja, disebutnya pulau reklamasi. (Padahal) tidak ada pulau. Yang disebut pulau itu adalah daratan yang terbentuk proses alami. Kalau daratan yang dibuat manusia itu namanya pantai, bukan pulau,” ucap Anies di Hotel Grand Sahid, Jakarta Pusat, kemarin.

https://www.inews.id/news/megapolita...at-kbbi/577093

Kitak kitak yg kritis&smart serta para pemilik akal sehat yg anti dungu dungu klub.

Apalah arti kamus KBBI dibanding kebenaran HQQ kitak kitak ?!
Tentu kitak kitak lebih percaya GABENER PRIBUMI DARI SUKU BANGSA ARAB kitak

Smoga smakin banyak pemimpin dr kitak kitak yg berhasil menghilangkan uang kontribusi ke negara demi kebenaran HQQ kitak kitak

emoticon-Ultah




Quote:
Diubah oleh sorken 25-06-2019 09:36
gabener.edan
rizaradri
ekaputra19
ekaputra19 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.8K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.