Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

portaljabarAvatar border
TS
portaljabar
Pabrik Korek Api Terbakar Dan Menewaskan 5 Anak, KPAI Turut Berduka


JAKARTA - Komnas Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan ucapan duka yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya 30 buruh termasuk 5 anak-anak akibat  dari terbakarnya pabrik Korek Api Rumahan di Desa Sambirejo, Kecamatan Binjai,  Kabupaten Langkat. "Kami ucapkan duka yang mendalam apalagi diantara 30 buruh ada 5 anak yang meninggal karena terpanggang," ucap Ketua Umum KPAI, Arist Merdeka Sirait, Senin (24/06/2019).

Lanjut Arist, ditemukannya 5 anak yang menjadi korban meninggal berdasarkan hasil penelusuran dari Tim Investigasi Cepat Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sumatera Utara dan LPA Langkat.

Dari informasi yang dikumpulkan tim investigasi cepat di lokasi kebakaran itu bermula dari ledakan tabung gas yang berakibat api langsung muncul dan menyambar pabrik yang lebih pantas disebut rumah itu.

Selanjutnya api langsung membesar dan tidak terkendali karena bangunan pabrik itu terbuat dari papan. Akibatnya  puluhan buruh yang sedang bekerja tak sempat keluar akibatnya semuanya tewas terpanggang.

Menurut Arist, masyarakat langsung heboh dan panik. "Ratusan orang langsung memenuhi pabrik dan sibuk untuk memadamkan api sekaligus memberikan pertolongan kepada korban," jelasnya.

Atas kejadian ini, Arist mendesak Gubernur Sumatera  Utara, dan juga Bupati Langkat untuk segera melakukan  langkah-langkah rehabilitasi sosial  santunan bagi keluarga korban dan menjadikan peristiwa ini instropeksi atas lemahnya kewajiban pengawasan pemerintah terhadap perusahaan-perusahaan maupun industri rumahan.

Sementara itu, Kapolsek Binjai melalui Kasubag Humas Polres Langkat AKBP Arnol Hasibuan SH menyebutkan,  setelah api dapat dipadamkan puluhan mayat ditemukan bergelimpangan.

"Diantara mayat orang dewasa yang didominasi perempuan  itu juga ditemukan anak-anak," ujar Arnol. (Uya)

Sumber : Portal Jabar
0
2.4K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.