cukur.rambuAvatar border
TS
cukur.rambu
Lagi, Hoaks Pilpres Pakai Foto 'Kakek Sugiono' Viral di Medsos


Hoaks terkait Pilpres 2019 kembali viral di media sosial. Sama seperti yang sudah terjadi sebelumnya, berita palsu kali ini juga menggunakan foto seorang aktor film dewasa.

Hoaks yang diduga diciptakan sebagai satire ini tampaknya diunggah kali pertama ke grup Facebook 'Prabowo Subianto Presiden RI 2019 - 2024' oleh akun Reza Ananta.

Ia menyertakan foto seorang kakek yang tersenyum pada unggahannya. Tampak pula selembar kertas bertuliskan 'Prabowo' dan 'Jokowi' serta aksara Jepang, yang digenggam kakek berkemeja putih, dasi biru, dan jas hitam itu.

Reza Ananta menyebutkan, sosok pria lansia itu adalah Profesor Tokuda, ahli demokrasi Jepang berusia 84 tahun.

"Beliau mengatakan Prabowo adalah Harimau Perkasa yang belum bangkit,"tulisnya.



Dirinya juga menjelaskan bahwa kertas yang dipegang Tokuda merupakan hasil asli perhitungan suara Pilpres 2019, dengan perolehan 61 persen untuk Prabowo dan 38 persen untuk Jokowi.

"Bagi yang belum tahu, Prof Tokuda adalah ahli Demokrasi di Jepang. Sejak kecil ia merasa bersalah karena kakek-neneknya dulu menjajah Indonesia. Di usianya yang tidak lagi muda (84 tahun), ia ingin menolong Indonesia agar tidak dijajah oleh China. Semoga ia diberikan umur panjang dan sehat selalu Amin,"tambah Reza Ananta.

Terlihat pada angka yang tercantum di bawahnya, unggahan itu telah dibagikan lebih dari tujuh ribu kali.

Padahal, sosok kakek tersebut bukanlah ahli demokrasi, melainkan bintang film panas Jepang bernama panggung Shigeo Tokuda, yang terkenal sebagai 'Kakek Sugiono' di Indonesia.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) juga telah menyatakan hoaks unggahan itu melalui akun resmi Twitter-nya, @TurnBackHoax.



Sebelumnya, pada pertengahan Mei lalu, media sosial digegerkan unggahan hoaks tentang dokter yang akan menyelidiki kematian ratusan petugas KPPS selama Pemilu 2019. Disertakan pula foto lelaki bule berpakaian mirip dokter dan dinamakan dr John Simpson di situ.

Unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 200 kali dan dianggap telah dipercayai banyak orang.

Padahal, pria pada foto itu bukan dokter, tetapi seorang aktor film panas produksi Brazzer. Pria asal Amerika Serikat itu bernama asli Steven Wolfe dan dikenal dengan nama panggung Johnny Sins.

subhanallah kakek sugiono dukung om wowoemoticon-Matabelo
roninthirst
PrinScrup
apriyatna
apriyatna dan 8 lainnya memberi reputasi
7
10.5K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.