Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kitab Raziel, Benarkah Kitab Untuk Nabi Adam ?


Kitab Raziel, Benarkah Kitab Untuk Nabi Adam ?

Sefer Raziel HaMalakh (Kitab Raziel the Angel). Merupakan sebuah kitab yang di punya oleh bangsa Yahudi. Walau tidak diketahui siapa penulisnya, namun kitab ini di percaya ditulis pada abad ke 13. Malakh sendiri artinya adalah malaikat, malakhi elohim berarti malaikat Allah.

Kitab Raziel, Benarkah Kitab Untuk Nabi Adam ?

Kitab yang berisi tentang Nabi Adam dan Hawa serta pengusirannya dari surga, Raziel sendiri adalah nama malaikat yang diutus untuk menemani Nabi Adam usai di usir dari surga. Di dalam kitab ini juga dijelaskan ada bahasa malaikat yang tak di mengerti manusia dan struktur malaikat beserta tugas dari masing-masing malaikat.

Dalam Kabala atau pandangan tentang mistis Yahudi yang sering di singgung dalam Talmud ada sepuluh malaikat agung, masing-masing terkait dengan satu sefira: Metatron, Raziel (atau Jofiel), Tzafkiel, Tzadkiel, Kamael, Rafael, Haniel, Mikhael, Gabriel, dan Sandalfon.

Kitab Raziel, Benarkah Kitab Untuk Nabi Adam ?

Namun berdasarkan isi dari kitab Raziel tersebut, bahwasanya kitab itu diberikan kepada Nabi Adam dan semua perkara yang tertulis di dalamnya semua untuk Nabi Adam. Di mana isinya ada perkara kehidupan serta kematian, lalu tentang roh jahat dan baik, kemudian ada kisah tentang misteri dari bilangan waktu dari detik, menit dan jam hingga jumlah hari. Disitu Nabi Adam mewariskan pada anak cucunya yang menjadi cikal bakal bangsa Yahudi, hingga sampai kepada Nabi Nuh atau Noah yang menggunakannya hingga selamat dari air banjir bandang. Kemudian kitab itu pun diteruskan kepada anaknya Shem hingga akhirnya sampai di tangan Nabi Abraham atau Ibrahim. Lalu berlanjut di tangan Ishak kemudian Yakub hingga kerurunan Adam selanjutnya.

Bisa dikatakan kitab Raziel adalah kitab pertama yang ditujukan untuk nabi Adam secara lisan, hingga di pelajari oleh keturunan bangsa Yahudi dan para rohaniawan Yahudi. Namun entahlah peneliti masih enggan untuk mencari kebenarannya, karena sekitar pada abad 13 kitab itu baru di tulis dan di pelajari masyarakat luas namun ketika abab 17 peredarannya hanya di peruntukkan khusus bagi rohaniawan internal dari keluarga Yahudi.

Kitab Raziel, Benarkah Kitab Untuk Nabi Adam ?

Namun kisah Nabi Adam ditulis secara lengkap pada kitab itu, bahkan kitab itu diyakini awalnya ditulis oleh Malaikat Raziel sendiri secara lisan dan di ceritakan kembali kepada Nabi Adam. Hingga jatuh ke tangan para nabi-nabi sesudah Adam dan baru di bukukan di abad ke 13. Secara historis bangsa Yahudi memang awal dari agama monotheis, hingga datanglah Kristen dan Islam yang disebut tiga agama samawi.

Cukup menarik bila ternyata Nabi Adam pun diberikan penggalan wahyu oleh malaikat, sebagai manusia pertama tentu saja cerita Nabi Adam menjadi cerita klasik pada kitab-kitab kemudian. Tapi apakah benar itu kitab yang diturunkan untuk Nabi Adam nampaknya harus ada hipotesa dan penelitian lebih lanjut !!

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

:nyantai

c4punk@2019

Gambar google
referensi

GIF








Diubah oleh c4punk1950... 21-06-2019 11:48
madjezzt
madjezzt memberi reputasi
1
5.4K
18
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.