News
Batal
KATEGORI
link has been copied
252
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d0c51d42f568d716a4b6780/kasus-dugaan-sebar-hoaks-kpps-diracun-rahmat-baequni-ditangkap-polisi
Penceramah kondang Rahmat Baequni dikabarkan telah dijemput pihak kepolisian Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kamis (20/6) pukul 23.00 WIB di kediamannya. Sebelum ditangkap, Rahmat lebih dulu berceramah di Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung.
Lapor Hansip
21-06-2019 10:41

Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi

Past Hot Thread
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi


Penceramah kondang Rahmat Baequni dikabarkan telah dijemput pihak kepolisian Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kamis (20/6) pukul 23.00 WIB di kediamannya. Sebelum ditangkap, Rahmat lebih dulu berceramah di Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung.

Kabar tersebut mencuat setelah pengelola akun Instagram Rahmat, @ustadzrahmatbaequni, membikin tulisan di layanan story Instagram-nya. "URB dijemput paksa secara mendadak oleh polisi dikediamannya tanpa surat pemanggilan dan tanpa diizinkan didampingi kuasa hukum," tulis pengelola akun, sesaat setalah Rahmat ditangkap

Rahmat Baequni telah dilaporkan seseorang atas dugaan penyebaran berita palsu alias hoax. Lewat salah satu ceramahnya, Rahmat Baaequni pernah menjelaskan bahwa ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pilpres dan Pileg 2019 meninggal dunia akibat diracun.

Beberapa jam sebelum ditangkap, Rahmat lebih dulu berceramah di depan ratusan jamaah Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung. Di sana, ia melakoni ceramah dengan tema "Apa yang akan dilakukan".

Kepada wartawan usai menghadiri ceramah, Rahmat mengatakan bahwa ia sama sekali tidak berniat menyebarkan kabar bohong.

1. Demi Allah saya tidak bermakud hoax
Kepada wartawan, Rahmat mengatakan jika kabar soal petugas KPPS yang meninggal dunia telah lebih dulu disiarkan di berbagai media sosial. Dan ia menilai, posisinya hanya melanjutkan kabar tersebut lewat ceramah di atas mimbar.

"Saya Rahmat Baequni, yang selama ini menjadi viral, bahwa saya dituduh menyebarkan berita hoax tentang anggota KPPS yang saya mengatakan mereka mati diracun. Sekali lagi, demi Allah saya bersumpah atas nama Allah bahwa saya tidak bermaksud menyebarkan hoaks itu," kata Rahmat, kepada wartawan usai memberikan siraman rohani di Masjid Al-Lathiif, Kota Bandung, Kamis (20/6) malam.

2. Mengutip pemberitaan Instagram
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap PolisiTribun Jateng
Menurut Rahmat, salah satu media sosial yang ia pakai sebagai dasar kabar petugas KPPS yang meninggal karena diracun ialah Instagram. Akunnya pun bukan hanya satu, kata dia, melainkan banyak akun menyiarkan kabar tersebut.

"Semua orang pun, bahkan di majelis itu, juga pada mengatakan bahwa 'iya tahu' bahwa ada informasi mereka seperti itu,' tuturnya.

3. KPPS meninggal sudah menjadi pembahasan ILC
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap PolisiIDN Times/Irfan fathurohman
Dengan demikian, Rahmat berulang kali menjelaskan, bahwa substansi ceramahnya kala itu hanya bersifat membicarakan isu yang tengah hangat saja. Apalagi, lanjutnya, beberapa televisi nasional juga telah membahas isu tersebut.

"Itu saya dapatkan saya hanya mengutip saja, demi Allah saya hanya mengutip saja dari media sosial yang saat itu sedang ramai. Apalagi memang sudah diberitakan dengan ada beberapa di ILC dan sebagainya," kata dia. ILC merupakan akronim dari Indonesian Lawyers Club, di mana merupakan program acara diskusi punya TvOne.

4. Meminta maaf pada KPU
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap PolisiIDN Times/Debbie Sutrisno
Meski demikian, Rahmat mengaku telah melakukan sebuah kekeliruan dengan mengusung tema KPPS meninggal karena diracun dalam ceramahnya. Lantas, ia pun meminta maaf dengan raut wajah seperti menyesali perbuatannya.

"Maka dari itu saya meminta maaf kepada aparat kepolisian RI, dan kepada masyarakat, termasuk kepada KPU, bahwa saya tidak bermaksud menyebarkan hoax," ujarnya.

5. Apa substansi ceramah Rahmat yang diperkarakan?
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap PolisiIDn Times/Sunariyah
Ceramah Rahmat yang menjadi perkara terekam dalam sebuah video yang sempat viral beredar di media sosial. Dalam rekaman video, Rahmat Baequni bilang kalau telah ditemukan zar beracun dalam cairan jasad petugas KPPS yang meninggal. “Seumur-umur kita melaksanakan Pemilu, pesta demokrasi, ada tidak petugas KPPS yang meninggal? Tidak ada ya? Tidak ada,” ujar Rahmat Baequni dalam potongan video tersebut.

“Ketika semua yang meninggal dites di lab, bukan diautopsi, dicek di lab forensiknya, ternyata apa yang terjadi? Semua yang meninggal ini mengandung dalam cairan tubuhnya, mengandung zat yang sama, zat racun yang sama. Yang disebar dalam setiap rokok, disebar ke TPS… Tujuannya apa? Agar mereka tidak memberikan kesaksian tentang apa yang terjadi di TPS,” tuturnya.

Pernyataan Baequni jelas bertentangan dengan temuan Kementerian Kesehatan di lapangan, yang mencatat kalau penyebab umum anggota KPPS meninggal karena sakit. Di Jakarta, misalnya, Dinkes DKI mencatat penyakit yang diderita petugas KPPS yang meninggal antara lain gagal jantung, gagal pernafasan, liver, stroke, dan infeksi otak meningitis.


SUMBER
https://jabar.idntimes.com/news/jaba...ap-polisi/full

Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ikiriki11 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 13
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:22
suka buat opini atau pernyataan2 menyalahkan pemerintah mereka2 ini emoticon-Bingung
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:23
tanpa maksud menyebar hoax. lagian, ceramah itu ngomongin yg pasti2 aja lah tadz. al qur'an dang hadist aja yg dijadiin sumber kalau ente ga pengen panjang urusannya kelak. berita boong, belum jelas kepastiannya dimasukin khotbah. rasain lu... ingat, sebutan ustadz bukan main2 loh. ustadz = guru, dijadiin contoh, panutan. kalau hal2 yg belum jelas diomongin di depan umum, apa bedanya elu sama sengkuni tadz?
dzikir setiap saat boleh, dianjurkan malah, tapi jangan lupa untuk BERPIKIR!
profile-picture
ganha memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:24
tanpa maksud menyebar hoax. lagian, ceramah itu ngomongin yg pasti2 aja lah tadz. al qur'an dang hadist aja yg dijadiin sumber kalau ente ga pengen panjang urusannya kelak. berita boong, belum jelas kepastiannya dimasukin khotbah. rasain lu... ingat, sebutan ustadz bukan main2 loh. ustadz = guru, dijadiin contoh, panutan. kalau hal2 yg belum jelas diomongin di depan umum, apa bedanya elu sama sengkuni tadz?
dzikir setiap saat boleh, dianjurkan malah, tapi jangan lupa untuk BERPIKIR!
profile-picture
ganha memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:24
intinya int nyari penyakit memanfaatkan moment supaya tambah laris brow... di pel dulu otak kau itu bro
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:24
Ah pasti setting an mewek nya emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:25
Alhamdulillah ditangkap
profile-picture
ganha memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:26
Lempar batu sembunyi tangan. emoticon-Big Grin

Silahkan diangkut cepat. emoticon-Embarrassment
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:26
Gak minta maaf juga ke jamaah nya bray? ratusan kan, kasian tersesat nanti jalan pemikirannya
profile-picture
ganha memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:33
bangkeeee ceramah ngutip telegram.... emoticon-Ngakak
profile-picture
ganha memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:33
pemerintah sedang melakukan operasi pembersihan tetapi dg cara elegan
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:35
Hoax dimana², pertanda akhiru dzaman emoticon-Hoax
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:35
kalau bukan HOAX berarti kenyataan, berarti emang di racun gitu????????? dari pihak keluarga yg di tinggal saja tidak ada membahas soal RACUN
mulut RB ini emang RACUN
profile-picture
vly69 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:36
yang gw heran kenapa ustad beginian yang malah pengikutnya banyak ya? Emang mereka gabisa bedain benar dan salah atau gimana? pengen tau aja gitu kenapa mereka bisa jadi pengikut nih ustad
emoticon-Hammer2
profile-picture
vly69 memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:38
Quote:Original Posted By iwakendog
Gak minta maaf juga ke jamaah nya bray? ratusan kan, kasian tersesat nanti jalan pemikirannya


Pengikut nih ustad abal abal ribuan, puluhan ribu bahkan
Liat aja ignya
emoticon-Ngakak
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:43
Penceramah... minta di bela umatmu sanah oi..
emoticon-Ngakak
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
Lapor Hansip
21-06-2019 13:46
Balasan post Luthfins
Quote:Original Posted By Luthfins
kenapa kek ginian ada pengikutnya ya?


dikarenakan terlalu banyak orang yang tidak bisa memfilter informasi alias dimakan bulat2 alias merasa 100% benar tanpa perlu kroscek kebenaran / validasi informasi tsb....
profile-picture
ganha memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:50
Ini ustadz yg bisa jadi gak pake sempak, karena bentuknya yg mirip simbol Illuminati yaemoticon-Hammer2
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:50
Baequni mainnya kurang jauh

Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi

"Mohon maaf, bung @Fahrihamzah. Berdasarkan data KPU, petugas KPPS yang meninggal dunia pada Pemilu Legislatif 2014 sebanyak 144 orang (saat itu masih 4 surat suara)," kata Pramono, Selasa (7/5/2019).

Dia menegaskan bahwa cuitan Fahri salah. "Jadi salah kalau dibilang, tidak ada petugas yang meninggal di Pemilu sebelumnya. Demikian untuk dimengerti," sambungnya.

Kena pasal apa nih cocoknya?
profile-picture
ganha memberi reputasi
1 0
1
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:50
Akhirnya ditangkap juga ustadz ini
0 0
0
Kasus Dugaan Sebar Hoaks KPPS Diracun, Rahmat Baequni Ditangkap Polisi
21-06-2019 13:54
si bungul nih ditangkap aj dah.. pamuntungan kd ba'apik lalu.. fitnah tarus hari-hari. bagus kalo parasa jd Ustadz ?? bungul banar kdd alim ulama kyni kalakuan.
profile-picture
sadako88 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia