• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • GanSis, Jangan Duduk Kelamaan Kalau Gak Mau Kena Masalah Kesehatan Ini

romeorabunAvatar border
TS
romeorabun
GanSis, Jangan Duduk Kelamaan Kalau Gak Mau Kena Masalah Kesehatan Ini


Jam berapa Agan/Sista tiba di kantor hari ini?

Jam berapa Agan/Sista membaca tulisan ini?

Bisa jadi sudah selama itu juga kamu duduk di kursi di depan meja dengan kondisi laptop terbuka. Memang kondisi ini bukanlah kondisi yang bisa kita hindari setiap hari. Sebagai pegawai kantoran, kursi, meja dan laptop adalah teman baik kita. Tetapi jangan mau "dimanjakan" oleh tiga benda tersebut GanSis. Karena terlalu lama duduk bisa membuat kita jadi rentan terkena masalah-masalah kesehatan karena kurang efektifnya otot bokong.

Ketika kita duduk, otot bokong bekerja lebih keras dari otot-otot lain yang ada di tubuh kita. Belinda Norton, personal trainer dari Gold Coast, Australia, mengatakan efek negatif dari terlalu lama duduk adalah berkurangnya efektivitas otot bokong dalam bekerja. Ini pun memicu masalah keseehatan yang lebih serius termasuk juga akan berdampak negatif pada postur tubuh dan berat badan kita.

Mengenal Glute atau Otot Bokong

Bagian bokong yang kita duduki punya glute atau otot yang sangat penting pada rangka tubuh karena menopang tubuh kita. Kalau duduk terlalu lama, bagian hip flexor tubuh kita akan menegang sehingga aktivasi glute pun jadi terganggu.

Ketika gangguan sudah terjadi, panggul akan menjadi sulit terdorong ke arah depan. Terjadi tekanan pada punggung belakang bagian bawah yang berujung pada sakit punggung pada akhirnya.



Dampak Negatif Terlalu Lama Duduk

Meski terdengar sangat simpel, namun aktivitas duduk yang terlalu lama ternyata bisa mengurangi aktivitas syaraf yang terlibat dalam stimulasi dan kontraksi otot. Belinda menyebutkan bahwa berkurangnya aktivitas syaraf tersebut menyebabkan perubahan yang sangat besar buat glute hingga bisa merusak fungsi kesehatan otot-otot bokong tersebut.

Belinda juga menjelaskan bahwa ada hubungan antara area otot glute dengan penyakit-penyakit kronis di punggung, pinggul, lutut dan pergelangan kaki. Praktisi kesehatan menemukan bahwa area glute yang sudah melemah meninggikan risiko penyakit kronis di area-area tersebut.

Dampak Negatif Glute yang Lemah

Lemahnya glute akibat terlalu lama duduk bisa mempengaruhi kekuatan dan stabilitas tubuh secara umum. Kalau kondisi glute kita lemah, tekanan akan lebih banyak diberikan pada tulang belakang bagian bawah. Pada akhirnya ini bisa berpotensi menimbulkan cedera di bagian tulang belakang.

Selain itu glute yang lemah juga bisa menyebabkan tubuh kita jadi miring ke depan.

Otot Bokong Perlu Dilatih dengan Olahraga

Karena kita nggak bisa menghindar dari kondisi duduk yang terlalu lama ini, maka Belinda menyarankan kita untuk fokus dan rutin melatih area bokong. Misalnya dengan menggabungkan latihan kekuatan yang memang menyasar untuk memperkuat area glute. Beberapa aktivitas olahraga yang disarankan seperti clamshell, glute bridge deadlift, deep squat, lunge dan step up.

Namun tentu saja harus ada konsultasi dengan ahli dan praktisi agar latihannya sesuai kebutuhan. Kalau kamu merasa sehari-hari sudah terlalu banyak duduk, mulailah untuk banyak bergerak.



Quote:


Diubah oleh romeorabun 14-06-2019 07:44
wiseninja
bosbuesar
tien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
15.7K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.