Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wirocxAvatar border
TS
wirocx
Saksi Ahli 02 Ungkap Ada 27 Juta Ghost Voters
Majelis hakim menghadirkan dua saksi ahli di persidangan gugatan pilpres yang masih berlangsung hingga pukul 04.50 WIB pagi ini, Kamis (20/6). Saksi ahli pertama, Jaswar Koto, menyoroti soal ghost voters atau pemilih siluman yang mencapai 27 juta orang.
Jaswar mengaku memiliki teknologi khusus berdasarkan audit forensik yang bisa mengidentifikasi ghost voters sebesar 27 juta pemilih. Ketua tim hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto, kemudian mendalami keterangan Jaswar soal ghost voters itu.

"Apakah kalau melihat ini, di 21 provinsi, di sekian banyak kabupaten dan ditemukan angka yang baru 2 hari lalu, menyimpulkan ada 27 juta ghost votersitu, Pak?" tanya BW di persidangan, Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (20/6).

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media Network

Jaswar kemudian menjelaskan, awalnya, dia mendapatkan data sebanyak 22 juta ghost voters dari 89 juta populasi. Namun data ini kemudian berubah menjadi 27 juta, seiring dengan perkembangan penelitian yang dilakukannya yaitu 110 juta populasi.

"Yang 22 juta yang saya tampilkan pertama. Kemudian kami menganalisa sekitar 89 juta populasi ini. Sekarang yang 27 juta, 110 juta populasi yang dianalisa," jawab Jaswar di persidangan.

Jaswar menjelaskan, ghost voters didapatkan dengan membandingkan data yang dimilikinya dengan data milik KPU. Selain itu, Jaswar juga mengaku menemukan banyak C1 yang ternyata tidak asli dan telah banyak diedit.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media NetworkKetua tim kuasa hukum TKN, Yusril Ihza Mahendra selaku pihak terkait menyampaikan keterangan pada sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa (18/6). Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Adapun yang kami temui C1 berhologram, yang sebelah kanan ada logo KPU. Kalau kita perhatikan betul-betul, yang mempunyai logo KPU miring, bertegak ke atas tapi yang berlogo bulat tersebut ke bawah. Kalau logikanya dalam IT terjadinya perubahan atau dikatakan diedit C1-nya. Jadi saya katakan itu terjadi editing," jelasnya.

Setelah itu, KPU selaku pihak termohon juga mendalami keterangan Jaswar. Ketua Tim Kuasa Hukum KPU Ali Nurdin mempertanyakan kepada Jaswar soal validitas data ghost voters. Selain itu, Ali juga mempertanyakan apakah Jaswar bisa menjamin 27 juta ghost voters tersebut menggunakan hak pilihnya.

"Ada berapa DPT yang invalid dan tidak gunakan hak pilihnya? Anda mengecek atau tidak?" cecar Ali Nurdin di persidangan.

Jaswar kemudian mengaku tak mengetahuinya. "Saya tidak ke sana," ujarnya.

Setelah KPU, Ketua tim hukum Jokowi-, Yusril Ihza Mahendra, pun turut menyampaikan pertanyaan kepada saksi ahli. Menurut Yusril, saksi ahli harus berhati-hati dalam menyampaikan data dan analisisnya karena dampaknya luar biasa tidak hanya untuk tim 02 tapi juga untuk masyarakat Indonesia.

© Disediakan oleh PT. Dynamo Media NetworkKetua KPU Arief Budiman (kedua kanan) bersalaman dengan Tim kuasa hukum BPN pada sidang pemeriksaan saksi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (19/6). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

Yusril mempertanyakan asal perhitungan Jaswar. Menurut perhitungan Jaswar dan petitum 02, Prabowo-Sandi meraih 68.650.239 suara sementara Jokowi-Ma'ruf Amin 63.573.169 suara.

"Data ini tidak lengkap. Sumsel masih nol, lalu data situng masih belum final. Kalau sekiranya dari dua itu saja, data situng final dimasukkan sini, apakah angka ini bisa berubah atau tidak?" Yusril.

"Lalu tadi kan ada ghost votersdengan tiga indikator itu, apakah perhitungan akan berubah," lanjut Yusril.

Jaswar mengatakan, meski ada penambahan perhitungan 3 elemen itu, suara Prabowo-Sandi tidak akan berubah.



SUMBER:
0
2.8K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.