alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d099b7f8d9b170e3231d7d0/kpu-mereka-yang-tuduh-kok-kita-yang-disuruh-buktikan
Lapor Hansip
19-06-2019 09:18
KPU: Mereka yang Tuduh, Kok Kita yang Disuruh Buktikan?

Quote:Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengimbau agar tim hukum Prabowo-Sandi menyiapkan bukti-bukti nyata untuk diadu dengan bukti yang dimiliki pihaknya dalam sidang sengketa pemilihan presiden di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Hasyim, tanggung jawab pembuktian bukan hanya KPU sebagai termohon, tetapi justru yang paling penting dari si pemohon, yaitu pasangan calon presiden/wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Tanpa bukti dari pemohon, KPU akan meminta MK menolak atau tidak mengabulkan semua petitum dari Prabowo-Sandi. Dalam jawaban KPU, kata dia, pihaknya akan menguraikan argumentasi mengapa MK harus menolak tuntutan Prabowo-Sandi.

"KPU dalam jawaban bisa juga bertanya misalkan ada tuduhan manipulasi suara, KPU bisa juga bertanya, membaca dalam permohonan ada nggak sih manipulasi suara itu, di provinsi mana, di kabupaten mana, di tingkat apa, apakah tingkat TPS, kecamatan, provinsi," ujar Hasyim di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Senin (17/6/2019).

"Kalau memang nggak ada, KPU menyatakan permohonannya absurd, tidak jelas, sebetulnya apa yang dimaksud manipulasi, kecurangan. Kalau nggak ada kan jadi pertanyaan, masa KPU disuruh dalam permohonannya, beban pembuktian mestinya tidak hanya pada si pemohon, dicari bersama-sama. Yang menuduh mereka (Prabowo-Sandi), kok kita disuruh siapkan alat bukti."

Menurut Hasyim, keputusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi pada sidang pendahuluan 14 Juni lalu membingungkan KPU sebagai pihak termohon.

MK, kata Hasyim, tidak memberikan kepastian hukum terhadap permohonan Prabowo-Sandi yang dijadikan pedoman gugatannya, apakah permohonan versi 24 Mei 2019 atau perbaikan permohonan 10 Juni 2019.

"MK-nya nggak pernah memberikan ketegasan tentang apakah menggunakan permohonan 24 Mei atau 10 Juni, ini kan bagi KPU membingungkan, menimbulkan ketidakpastian hukum," bebernya.

Padahal, kata Hasyim, Peraturan MK yang disusun hakim MK sendiri tidak memuat jadwal perbaikan permohonan terhadap sengketa Pilpres. Namun, pada sidang pendahuluan MK justru menyerahkan kepada para pihak untuk memberikan jawaban terhadap permohonan awal atau perbaikan permohonan.

"Kalau kita mengikuti kepastian hukum menurut PMK kan jelas, yang namanya permohonan itu tidak ada perbaikan untuk PHPU Pilpres. Nah ketika ada yang mengajukan perbaikan permohonan, kan kami bertanya, 'MK mengakomodir ini nggak? Menerima ini nggak?' Dalam persidangan kan majelis hakim tidak mengatakan menerima atau tidak menerima," ungkap Hasyim.

Semua Dijawab
Karena adanya ketidakpastian sikap MK, kata Hasyim, KPU akan menjawab semua permohonan Prabowo-Sandi baik yang versi 24 Mei maupun yang versi 10 Juni 2019. Konsekuensinya, kata dia, KPU juga akan menambah alat bukti baru.

"Untuk itu KPU mengantisipasi, kita jawab semua dengan tambahan-tambahan alat bukti baru, supaya kemudian apa yang dijawab KPU itu sudah mengakomodir, sudah mencakup semua hal yang masuk di dalam perbaikan permohonan Paslon 02," terang dia.

Hasyim mengatakan pada prinsipnya KPU sudah menjawab permohonan Prabowo-Sandi versi 24 Mei lalu, termasuk sudah menyiapkan alat buktinya. Dalam menjawab perbaikan permohonan Prabowo-Sandi (versi 10 Juni), lanjut Hasyim, KPU akan memeriksa dan mencermati pokok permohonan yang sama, pokok permohonan yang diperbaiki dan pokok permohonan yang sama sekali baru. Jika yang diperbaiki dan baru, maka akan dijawab oleh KPU.

"Persoalan kemudian substansinya atau materi jawabannya tentu saja yang dijawab KPU yang relevan dengan KPU saja, misalnya tuduhan ada keterlibatan TNI, Polri, intelijen, BIN, ada pengerahan aparat ASN/PNS misalkan, ini kan di luar otoritasnya KPU, itu berarti kemungkinannya yang dijawab pihak terkait Paslon 01 (Joko Widodo-Ma'ruf Amin)," jelas dia.


SUMBER

KPU: Mereka yang Tuduh, Kok Kita yang Disuruh Buktikan?

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 7
19-06-2019 22:03
Quote:Original Posted By xatria
Eciyee jodohh kampret sejoli emoticon-Kimpoi


Dalam sidang itu biasa yang namanya pembuktian alibi dari yang tertuduh.
Bukan maksudnya kpu disuruh buktiin kpu nya curang.
Hedehhh logikanya kok nggak jalan.

Kalau memang nggak curang ya udah tinggal buktiin. Tuduhan bpn itu nggak bener. Kpu kerja sesuai UU.
Gampang kan?
0
19-06-2019 22:07
Quote:Original Posted By otonggelem
KPU sdh membuktikan kalau jokowi menang berdasarkan rekap C1, pihak wowo bilang curang. Curang nya dimana? Harus secara spesifik disebutkan lah daerah mana, tps mana, C1 mana... Simple kan... Tinggal adu data.


Lah itu di mk udah dibeberin kecuranganya dimana.
Kpu aja yang ngeles disuruh jawab malah alasan ada tiket ka habis segala emoticon-Cape d...
0
19-06-2019 22:18
Ane bersikap netral y,
Emang BPN ini kyaknya nda siap menyiapkan buktinya apalagi selingkup indonesia,
Apa 02 susah cri buktinya y jika ada kecurangan, apakah permintaan data cenderung difasilitasi instansi pemerintah,
Pngen tau aja sih
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
19-06-2019 22:52
di mk sidangny harus pake bukti fisik dan harus jelas g boleh ditutupi, tapi 02 ini soal dpt 17.5 juta aja g bsa ngasih y dagelan lah
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
19-06-2019 22:55
Gw curiga Piggy Bogel salah satu dari anggota BPN.
lagi ngebayangin kalau Piggy Bogel di depan hakim MK

Hakim : Anda menuduh mereka curang..?
Piggy : Ya Pak Hakim
Hakim : Buktikan..!!
Piggy : Pak Hakim ini bijimane? di mana mana yang tertuduh itulah yang harus membuktikan.. kenapa saya yang disuruh membuktikan tuduhan saya..??
Hakim turun dari kursi lalu pulang sambil nangis Bombay....
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
19-06-2019 22:59
anjir dah ane kehabisan kata2, org2 ini menggunakan demokrasi utk buat drama2 idiot begini
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
19-06-2019 23:14
tuduhannya selangit, tp buktinya cuma seuprit gt..
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
Lapor Hansip
19-06-2019 23:17
Balasan post firewallshop
Ane ngokokkkkkkkk



🤣🤣🤩🤩🤩🤩🤩🤩🤩😍🤩🤩🤩🤣🤣😂😂🤣🤣🤣🤣
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
20-06-2019 01:14
Quote:Original Posted By arsyan13
pembuktian terbalik setau ane diterapkannya di kasus korupsi,kasus pidana umum sih enggak, kl soal pemilu masuknya lex specialist sih, jd kurang paham, tp sepertinya pembuktian terbalik tidak berlaku disini CMIIW


Yg penting termohon sigap menyiapkan bukti
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
20-06-2019 05:44
Tipikal kampret sejati emoticon-Traveller
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
20-06-2019 05:46
Quote:Original Posted By anti.suap


Lah itu di mk udah dibeberin kecuranganya dimana.
Kpu aja yang ngeles disuruh jawab malah alasan ada tiket ka habis segala emoticon-Cape d...


Nuduh curang tanpa melampirkan bukti sama aja ngimpi emoticon-Traveller
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
20-06-2019 05:52
orang makan sambel kepedesen, bilang ke orang lain untuk buktiin kalau sambel yang di makan tadi pedes. mending ke toilet dulu sana yang makan sambel, mungkin dah mules tadi emoticon-Cape d...
profile-picture
xatria memberi reputasi
1
20-06-2019 06:07
Quote:Original Posted By anti.suap
Dalam sidang itu biasa yang namanya pembuktian alibi dari yang tertuduh.
Bukan maksudnya kpu disuruh buktiin kpu nya curang.
Hedehhh logikanya kok nggak jalan.

Kalau memang nggak curang ya udah tinggal buktiin. Tuduhan bpn itu nggak bener. Kpu kerja sesuai UU.
Gampang kan?


Bukti sm pembelaan sama yaa baru tau

Laa trs yg nuduh bisa ngasal gitu tanpa punya bukti?

Lu gue tuduh nyuri sendal gue, wajar lah pastinya lu kasi pembelaan & pembuktian kalau bukan lu yg nyuri

Laa trs setelah lihat pembuktian lu gw kabur dah seenak jidat tanpa beri bukti rekaman cctv kek sidik jari kek barangbukti sendalnya dll?

Enak bener dong yg nuduh alias fitnah gak dijerat hukum???

Kalau hukumnya kayak gitu mah enak, gue kehilangan sempak bebas dh nuduh

Dimana-mana yg nunjukkan bukti itu korban dulu, masa iya ada begal nunjukkin bukti ke polisi kalau dia yg begal korban

Kampret emang kebalik otaknya
0
20-06-2019 06:40
Quote:Original Posted By anti.suap
Goblok lu gagal paham sok tau.
Bpn nyuruh buktiin bahwa yang dituduhin itu nggak bener.
Kaya ada orang nyolong. Tersangkanya cuma 1. Ya si tersangka harus kasih alibi kalau dia kagak nyolong.
Kalo ga bisa kasih alibi ya memang beneran nyolong.


Prinsip hukum kita, asas praduga tak bersalah, innocent until proven guilty
Tersangka disangkakan nyolong berdasarkan bukti dan saksi dari penyidik dan pelapor. Mau alibi apapun bahkan lemah asal bukti kuat ya tetap bersalah.

Kpu dituduh curang, maka harus ada bukti dan saksi dari pelapor yg mendukung tuduhan tersebut.
Tugas kpu hanya pembelaan dan alibi untuk menangkis tuduhan, bukan pembuktian kecurangan oleh kpu.
Pelapor lah yg punya beban dan tugas untuk pembuktian kecurangan.

Kalo saksi dan bukti kuat, sehebat apapun alibi tetap gak guna. Jadi yg menuduh harus membuktikan tuduhannya nyata.

Intinya,
Praduga tidak bersalah sampai dibuktikan bersalah.
Bukan bersalah dahulu sampai dibuktikan tidak bersalah.
Diubah oleh sun21
0
20-06-2019 10:03
Quote:Original Posted By sun21
Prinsip hukum kita, asas praduga tak bersalah, innocent until proven guilty
Tersangka disangkakan nyolong berdasarkan bukti dan saksi dari penyidik dan pelapor. Mau alibi apapun bahkan lemah asal bukti kuat ya tetap bersalah.

Kpu dituduh curang, maka harus ada bukti dan saksi dari pelapor yg mendukung tuduhan tersebut.
Tugas kpu hanya pembelaan dan alibi untuk menangkis tuduhan, bukan pembuktian kecurangan oleh kpu.
Pelapor lah yg punya beban dan tugas untuk pembuktian kecurangan.

Kalo saksi dan bukti kuat, sehebat apapun alibi tetap gak guna. Jadi yg menuduh harus membuktikan tuduhannya nyata.

Intinya,
Praduga tidak bersalah sampai dibuktikan bersalah.
Bukan bersalah dahulu sampai dibuktikan tidak bersalah.


Yang minta kpu buktiin kecurangan siapa?
0
20-06-2019 10:04
Quote:Original Posted By xatria
Bukti sm pembelaan sama yaa baru tau

Laa trs yg nuduh bisa ngasal gitu tanpa punya bukti?

Lu gue tuduh nyuri sendal gue, wajar lah pastinya lu kasi pembelaan & pembuktian kalau bukan lu yg nyuri

Laa trs setelah lihat pembuktian lu gw kabur dah seenak jidat tanpa beri bukti rekaman cctv kek sidik jari kek barangbukti sendalnya dll?

Enak bener dong yg nuduh alias fitnah gak dijerat hukum???

Kalau hukumnya kayak gitu mah enak, gue kehilangan sempak bebas dh nuduh

Dimana-mana yg nunjukkan bukti itu korban dulu, masa iya ada begal nunjukkin bukti ke polisi kalau dia yg begal korban

Kampret emang kebalik otaknya


Makanya kalau mau komen suatu tret pahami dulu duduk persoalanya.
Noh bpn bawa bukti berkontainer2.
Loe bilang kagak ada bukti emoticon-Cape d...
0
20-06-2019 16:30
kampret oh kampret akwokakw
profile-picture
bagaskrb memberi reputasi
1
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.