Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wirocxAvatar border
TS
wirocx
KPK Minta Koruptor Kelas Kakap Dibui di LP Nusakambangan
TEMPO.CO, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menagih janji Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk memindahkan koruptor high profile alias kelas kakap ke Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan. KPK menyebut rencana pemindahan itu merupakan komitmen Ditjen Pemasyarakatan dalam memperbaiki sistem penjara setelah operasi tangkap tangan di lapas Sukamiskin.
"Proses pemindahan narapidana kasus korupsi yang high profile,misalnya, itu sudah mulai dapat dilakukan yang rencananya di bulan Juni ini," kata juru bicara KPK, Febri Diansyah, di kantornya, Jakarta, Senin, 17 Juni 2019.

Febri menuturkan setelah OTT Lapas Sukamiskin, KPK dan Ditjen PAS membuat rencana aksi perbaikan lapas. Ada tiga poin rencana perbaikan, salah satunya adalah pemindahan napi koruptor ke Nusakambangan. Menurut rencana itu, seharusnya pemindahan napi koruptor dilakukan pada Juni ini.

Pemindahan bakal dilakukan dengan berkoordinasi dengan KPK terlebih dahulu. Mekanismenya, Ditjen PAS mengajukan daftar koruptor kategori kelas kakap yang akan dipindahkan. Daftar itu lalu didiskusikan dengan KPK untuk disetujui atau ditolak.

KPK Minta Koruptor Kelas Kakap Dibui di LP Nusakambangan© Copyright (c) 2016 TEMPO.COfoto

Febri mengatakan KPK sepakat dengan usulan rencana itu. KPK, kata dia, telah melihat kondisi penjara berkeamanan supermaksimum itu. KPK berharap pemindahan napi koruptor ke Nusakambangan bisa menghindari terulangnya kejadian napi jalan-jalan keluar lapas.

"Sehingga tak ada lagi narapidana yang ditemukan di toko bangunan atau di rumah makan atau tempat lain," kata Febri menyinggung ulah mantan Ketua DPR Setya Novanto yang kepergok pelesiran ke toko bangunan.



SUMBER:
https://nasional.tempo.co/read/12155.../full&view=ok
0
1.6K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.