alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d099b7f8d9b170e3231d7d0/kpu-mereka-yang-tuduh-kok-kita-yang-disuruh-buktikan
Lapor Hansip
19-06-2019 09:18
KPU: Mereka yang Tuduh, Kok Kita yang Disuruh Buktikan?

Quote:Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengimbau agar tim hukum Prabowo-Sandi menyiapkan bukti-bukti nyata untuk diadu dengan bukti yang dimiliki pihaknya dalam sidang sengketa pemilihan presiden di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Hasyim, tanggung jawab pembuktian bukan hanya KPU sebagai termohon, tetapi justru yang paling penting dari si pemohon, yaitu pasangan calon presiden/wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Tanpa bukti dari pemohon, KPU akan meminta MK menolak atau tidak mengabulkan semua petitum dari Prabowo-Sandi. Dalam jawaban KPU, kata dia, pihaknya akan menguraikan argumentasi mengapa MK harus menolak tuntutan Prabowo-Sandi.

"KPU dalam jawaban bisa juga bertanya misalkan ada tuduhan manipulasi suara, KPU bisa juga bertanya, membaca dalam permohonan ada nggak sih manipulasi suara itu, di provinsi mana, di kabupaten mana, di tingkat apa, apakah tingkat TPS, kecamatan, provinsi," ujar Hasyim di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Senin (17/6/2019).

"Kalau memang nggak ada, KPU menyatakan permohonannya absurd, tidak jelas, sebetulnya apa yang dimaksud manipulasi, kecurangan. Kalau nggak ada kan jadi pertanyaan, masa KPU disuruh dalam permohonannya, beban pembuktian mestinya tidak hanya pada si pemohon, dicari bersama-sama. Yang menuduh mereka (Prabowo-Sandi), kok kita disuruh siapkan alat bukti."

Menurut Hasyim, keputusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi pada sidang pendahuluan 14 Juni lalu membingungkan KPU sebagai pihak termohon.

MK, kata Hasyim, tidak memberikan kepastian hukum terhadap permohonan Prabowo-Sandi yang dijadikan pedoman gugatannya, apakah permohonan versi 24 Mei 2019 atau perbaikan permohonan 10 Juni 2019.

"MK-nya nggak pernah memberikan ketegasan tentang apakah menggunakan permohonan 24 Mei atau 10 Juni, ini kan bagi KPU membingungkan, menimbulkan ketidakpastian hukum," bebernya.

Padahal, kata Hasyim, Peraturan MK yang disusun hakim MK sendiri tidak memuat jadwal perbaikan permohonan terhadap sengketa Pilpres. Namun, pada sidang pendahuluan MK justru menyerahkan kepada para pihak untuk memberikan jawaban terhadap permohonan awal atau perbaikan permohonan.

"Kalau kita mengikuti kepastian hukum menurut PMK kan jelas, yang namanya permohonan itu tidak ada perbaikan untuk PHPU Pilpres. Nah ketika ada yang mengajukan perbaikan permohonan, kan kami bertanya, 'MK mengakomodir ini nggak? Menerima ini nggak?' Dalam persidangan kan majelis hakim tidak mengatakan menerima atau tidak menerima," ungkap Hasyim.

Semua Dijawab
Karena adanya ketidakpastian sikap MK, kata Hasyim, KPU akan menjawab semua permohonan Prabowo-Sandi baik yang versi 24 Mei maupun yang versi 10 Juni 2019. Konsekuensinya, kata dia, KPU juga akan menambah alat bukti baru.

"Untuk itu KPU mengantisipasi, kita jawab semua dengan tambahan-tambahan alat bukti baru, supaya kemudian apa yang dijawab KPU itu sudah mengakomodir, sudah mencakup semua hal yang masuk di dalam perbaikan permohonan Paslon 02," terang dia.

Hasyim mengatakan pada prinsipnya KPU sudah menjawab permohonan Prabowo-Sandi versi 24 Mei lalu, termasuk sudah menyiapkan alat buktinya. Dalam menjawab perbaikan permohonan Prabowo-Sandi (versi 10 Juni), lanjut Hasyim, KPU akan memeriksa dan mencermati pokok permohonan yang sama, pokok permohonan yang diperbaiki dan pokok permohonan yang sama sekali baru. Jika yang diperbaiki dan baru, maka akan dijawab oleh KPU.

"Persoalan kemudian substansinya atau materi jawabannya tentu saja yang dijawab KPU yang relevan dengan KPU saja, misalnya tuduhan ada keterlibatan TNI, Polri, intelijen, BIN, ada pengerahan aparat ASN/PNS misalkan, ini kan di luar otoritasnya KPU, itu berarti kemungkinannya yang dijawab pihak terkait Paslon 01 (Joko Widodo-Ma'ruf Amin)," jelas dia.


SUMBER

KPU: Mereka yang Tuduh, Kok Kita yang Disuruh Buktikan?

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
Lapor Hansip
19-06-2019 11:02
Balasan post 88venomwolf88
Quote:Original Posted By 88venomwolf88


yg memutuskan nanti hakim mk blog..tolol loe


Oh iya, klo misalkan hakim MK-nya setuju klo KPU gak curang, kira2 kubu Tuhan Prabowo Subenahu Watu Ulo bakalan nerima dengan lapang dada gak nih ? Hayooo emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 5 lainnya memberi reputasi
6
19-06-2019 11:05
BW dulu posisinya terhormat, sejak gaul ama nol dua jadi hilang wibawa, karisma serta akal sehatnya..wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
19-06-2019 11:07
yaudah sih, kaya baru kenal mereka sehari dua hari ajah. mereka emang gitu goblok nya tiada tara emoticon-Malu
Diubah oleh adriol43
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
19-06-2019 11:09
ga punya otak ?
mati aja sono ktimbang bikin rusuh mulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lapor Hansip
19-06-2019 11:20
Balasan post ulatbulu2
Quote:Original Posted By ulatbulu2
bingung yg bego siapa jdny
omongan ente susah dpahami manusia normal


Wakakakak... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Ati2 bro, ntar ketularan repot...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
19-06-2019 11:21
Quote:Original Posted By 88venomwolf88


yg memutuskan nanti hakim mk blog..tolol loe


Bisa kali ngomongnya bahasa santun. Tidak menandakan intelek sama sekali.
Kalau nanti MK putuskan Jokowi tetap menang, mau legowo?
Atau bilang MK sudah disusupi 01? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Lihat 1 balasan
19-06-2019 11:24
KPU tidak curang.
02 bilang curang.
02 suruh buktikan tidak curang. Gimana cari buktinya bambannggggg emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
5
19-06-2019 11:24
tuduhan pelapor malah deket ama fitnah jadinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
19-06-2019 11:25
otaknya gimana lho... nungging kali ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
19-06-2019 11:40
Ini nih, saat lo merasa bego, mentok di kerjaan. liat aja gerombolan kampret dgn otak terbaliknya, niscaya lo akan merasa lebih baik wkwkkwkwkwkkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
5
19-06-2019 12:04
KPU kena jebakan kampret.
dikaskus ini jurus kampret yg sperti itu uda legend bangetemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
19-06-2019 12:12
Masih mending dong cebong iq200 sekolam tapi waras. Drpd kampret kebalik keliatan bodohnya emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
5
19-06-2019 12:16
Maunya setiap yg ada di persidangan ini dipasang alat pendeteksi kebohongan biar gak saling menuduh wkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lihat 2 balasan
19-06-2019 12:53
Quote:Original Posted By i71lm4c4n
Kaskuser kapan ari ada yg nebak langkah kubu kamfret bambang tut akar utang aring...bener ternyata! Jiancuk!

Bambang: pas ane tidur ente nendang konthol guwa ya?

Tertuduh: nggak kok yg nglakuin itu, si anu!

Bambang: coba ente buktiin klo ente yg melakukan!

Tertuduh menyuruh kawannya menendang konthol si bambang sekeras2nya ampe pingsan gak bangun2 lagi!


Goblok lu gagal paham sok tau.
Bpn nyuruh buktiin bahwa yang dituduhin itu nggak bener.
Kaya ada orang nyolong. Tersangkanya cuma 1. Ya si tersangka harus kasih alibi kalau dia kagak nyolong.
Kalo ga bisa kasih alibi ya memang beneran nyolong.
Diubah oleh anti.suap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tim2one dan 2 lainnya memberi reputasi
-3
Lapor Hansip
19-06-2019 12:53
Balasan post 88venomwolf88
Quote:Original Posted By 88venomwolf88
2014 aja si budi gunawan aja ada andil makanya ngotot mao dijadiin kapolri, kl tuduhan kecurangan emang harus kpu donk yg membuktikan dgn data dari kpu...nih buktinya gue ga curang, bukan koar2 di media menggiring opini emoticon-Busa


hahah xianying sampe ngebudah gitu ngomongnya
Diubah oleh kirashinigami
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
19-06-2019 13:09
SOP baru selain ngata ngatain, kafear, fekai, wahyudi, mamarika,"ente islam bukan", emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
Lapor Hansip
19-06-2019 13:09
Balasan post SuperSnub
Quote:Original Posted By SuperSnub


Bisa kali ngomongnya bahasa santun. Tidak menandakan intelek sama sekali.
Kalau nanti MK putuskan Jokowi tetap menang, mau legowo?
Atau bilang MK sudah disusupi 01? emoticon-Big Grin


bahasa santun emoticon-Ngakak (S)

ga elitenya ga pendukungnya ga saksinya emoticon-Ngakak (S)

pake bahasa santun emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan cipokan.yuk memberi reputasi
2
19-06-2019 13:10
Quote:Original Posted By ranttalker
Logika Bpn:

Oi lu maling ayam!

Gua tau lu yg ngembat ayam gua, sekarang lu pegi ke polisi, trus buktiin lu nyolong ayam gua!

emoticon-Cape d...


emoticon-Ngakak sangat masuk akal logika ente, nyuruh si maling buktiin klo dia maling emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan cabekriting21 memberi reputasi
2
19-06-2019 13:11
Quote:Original Posted By 88venomwolf88
2014 aja si budi gunawan aja ada andil makanya ngotot mao dijadiin kapolri, kl tuduhan kecurangan emang harus kpu donk yg membuktikan dgn data dari kpu...nih buktinya gue ga curang, bukan koar2 di media menggiring opini emoticon-Busa


Quote:Original Posted By anti.suap
Goblok lu gagal paham sok tau.
Bpn nyuruh buktiin bahwa yang dituduhin itu nggak bener.
Kaya ada orang nyolong. Tersangkanya cuma 1. Ya si tersangka harus kasih alibi kalau dia kagak nyolong.
Kalo ga bisa kasih alibi ya memang beneran nyolong.


Eciyee jodohh kampret sejoli emoticon-Kimpoi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
19-06-2019 13:14
Quote:Original Posted By anti.suap


Goblok lu gagal paham sok tau.
Bpn nyuruh buktiin bahwa yang dituduhin itu nggak bener.
Kaya ada orang nyolong. Tersangkanya cuma 1. Ya si tersangka harus kasih alibi kalau dia kagak nyolong.
Kalo ga bisa kasih alibi ya memang beneran nyolong.


Kalo menurut logika ente:
Gw nuduh si WokWok KAGAK PUNYA PELLLER.. Berarti si WokWok harus buktiin KALO DIA MASIH PUNYA PELLLER.
kalo gak bisa kasih bukti (minimal fotoin pelllernya) ya memang beneran si Wokwok KAGAK PUNYA PELLLEERR..
emoticon-Ngakak

Logika tergoblok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.