Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

PNews.idAvatar border
TS
PNews.id
Persoalan DPT, KPU : Sudah Selesai Sejak Awal


 PNEWS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menegaskan bahwa persoalan daftar pemilih tetap (DPT) telah memenuhi syarat dan sudah selesai sejak awal bahkan telah beberapa kali berkoordinasi melibatkan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Hal itu disampaikan oleh Ali Nurdin selaku anggota tim hukum KPU saat membacakan jawaban atas permohonan tim hukum Prabowo-Sandi dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019, Selasa (18/6/2019).

“Bahwa DPT yang dipersoalkan oleh pemohon merupakan persoalan yang sudah diselesaikan secara bersama-sama sejak awal antara termohon pemohon pihak terkait serta Bawaslu. Dalam catatan termohon tercatat ada 7 kali koordinasi antara termohon dengan pemohon,” kata Ali Nurdin.

Menurutnya, sejak laporan dugaan selisih jumlah DPT dan adanya DPT ganda yang dilaporkan oleh tim hukum BPN Prabowo-Sandi, KPU telah menindaklanjuti seluruh laporan tersebut dengan melakukan pengolahan data, berkordinasi dengan Dirjen Dukcapil, dan mengadakan rapat koordinasi dengan KPU tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota.

“Melakukan verifikasi faktual dengan metode sampling, konsultasi dengan ahli demografi dan ahli statistik. Serta melakukan pencocokan dan penelitian terbatas berdasarkan kesepakatan rapat antara termohon dengan peserta pemilu,” ucap Ali.


Dengan demikian, lanjut Ali, semua keberatan yang disampaikan tim hukum Prabowo-Sandi sudah diselesaikan oleh KPU sehingga DPT tidak lagi menjadi masalah selama penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Pada intinya semua data yang dipermaslahkan oleh pemohon setelah dilakukan verifikasi secara bersama antara termohon pemohon Bawaslu dan pihak terkait ternyata memenuhi syarat sebagai pemilih,” tandas Ali.(al)

Sumber : Pnews.Id
0
1.3K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.