• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Pasca Mudik Menggunakan Motor, Komponen Ini Wajib di Cek Sob!

budimola1990Avatar border
TS
budimola1990
Pasca Mudik Menggunakan Motor, Komponen Ini Wajib di Cek Sob!


Musim mudik telah usai, kini saatnya kembali ke rutinitas. Nah, buat Sobat Riders yang mudik menggunakan motor, pastinya sepulang berkendara jarak jauh membuat motor performanya menurun. Hal ini sangat lumrah ya, pasalnya komponen pada motor "bergasing" lebih lama dari biasanya. Besar kemungkinan sebagian komponen mengalami gangguan. Jika dibiarkan, risiko paling parah tunggangan ngambek ketika akan dipakai melanjutkan aktivitas harian.


Saat mudik komponen motor bergasing lebih lama dari biasanya | Foto: Contributor Moladin

Buat menghindarinya, gampang kok. Motor kesayangan cukup di servis aja, kerjaan ini bisa dilakukan sendiri lho, seperti periksa busi, cek karburator, pelumas mesin dan gearbox pada motor matic, rantai reduksi hingga soal kelistrikan lampu.

Buat motor yang sudah pakai komponen pengkabut sistem injeksi nggak perlu khawatir, karena sistem pada ECU akan membaca kerusakan jika ada kendala. Tapi buat yang masih adopsi karburator, bersihkan komponen ini jika terasa putaran langsam dan rpm atasnya mulai terganggu.

Cek Kondisi Aki dan Volume Pelumas
Langkah berikut, periksa volume serta kekentalan pelumas di bak mesin. Gampang kok, pakai saja tangkai alias stick di tutup oli. Tapi kalau jarak tempuh sudah lewat 6.000 km, dan warna oli sudah hitam pekat apalagi sampai volumenya berkurang, wajib diganti oli baru ya sob! “Soale, kalau komponen yang bergerak atau berputar kurang pendinginan. Mesin pastinya jadi rawan macet,” lanjutnya.

Eit, enggak cuma oli mesin lho. Oli gearbox di motor Matic juga perlu dicek meskipun oli ini lama masa pakainya. Paling tidak saat penggantian oli mesin ke-3, oli gearbox sebaiknya diganti. Begitupun juga dengan rantai roda, bisa lelah lantaran kerap menarik beban roda hasil putaran gir. Yang ini biasanya cuma kendur, tapi bahayanya bisa nyelip di antara sproket dan teromol. Alhasil, putaran roda bakal berhenti mendadak. Makanya setel ulang rantai biar tidak bunyi dan cepat terkikis.


Pada motor matic cek kondisi filter udara dan oli girboks | Foto: Contributor Moladin

Terakhir, periksa lampu indikator yang umum terpasang di motor, diawali dengan melihat kualitas setrum aki. Baru deh cek sakelar penghubung arus apakah bohlam lampu utama, sein dan rem ada yang putus. Nah, jika perawatan ini sudah dilaksanakan dijamin motor bakal sip sebelum lakukan aktivitas. Oke Sobat riders, untuk baca ulasannya lebih detail dan lebih jelas lagi yuk lihat di link berikut, masih banyak lho info tips nya.
https://moladin.com/blog/pasca-mudik-menggunakan-motor/


keylakey
miamia87
ironstark7
ironstark7 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
510
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.