alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d04788265b24d565829acff/manga-vs-anime-manakah-yang-lebih-manthul
Lapor Hansip
15-06-2019 11:48
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?
Past Hot Thread
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Topik Anime vs Manga sampai saat ini bisa jadi masih merupakan topik yang kontroversial, karena media animanga akan terus berkembang mengikuti pasar. Di forum animanga manapun, mesti ada yang mengutarakan statement "Bagusan manga-nya", yang hal itu juga merupakan kasus yang debatable. Sebenarnya secara sepintas, anime dan manga seharusnya berselaras dalam harmoni, begitu pun dengan penikmatnya. Namun kenyataannya tidak demikian juga.

Sebelum kita masuk lebih dalam, kita batasi dulu permasalahannya. Anime yang dimaksud disini adalah segala bentuk media hiburan yang dianimasikan dari Jepang. Begitu pula dengan manga. Jika kita membandingkan dua media ini, argumen-argumen yang kerap muncul menurut ane kebanyakan...enggak ada poinnya, karena hal ini memang sangat subyektif. Namun kalau kita menjabarkan perbedaannya secara kolektif, maka ada beberapa hal yang bisa kita bandingkan plus minusnya. Apa sajakah itu?

1. Visual
Quote:
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Kebanyakan manga menggunakan black and white, terkecuali cover volumenya, dan di beberapa adegan serta artworknya. Manga juga mempotrait adegan-adegan dengan panel-panel, karena medianya berupa gambar.
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Sedangkan anime mengandalkan pergerakan gambar (animasi) yang berwarna dengan memungkinkan penambahan special effect. Waktu membaca manga, pembaca akan menggunakan imajinasi pembaca sendiri mengenai apa yang sebenarnya terjadi di panel-panel itu. Juga akan membayangkan sendiri warna-warna yang disajikan dalam black and white. Pemanfaatan panel dalam manga lebih efektif untuk memberikan impact pada cerita, membuatnya lebih nendang. Berbeda dengan anime yang menyajikan adegannya secara komplit dan berwarna.
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Banyak yang bilang artstyle anime itu lebih bagus daripada manga, padahal mereka itu enggak bisa dibandingkan secara kolektif, dan dua hal itu benar-benar sesuatu berbeda. Manga biasanya juga mempunyai background yang lebih detail jika dibandingkan dengan anime.
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Sebagai contoh manga Death Note memberikan aspek psikologis yang lebih mantap berkat kedalaman ceritanya. Sedangkan animenya memberikan efek lebih mengalir dan kondusif karena atmosfirnya.


2. Biaya Pembuatan
Quote:
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Dari sudut pandang produksi, biaya pembuatan anime jauh lebih mahal dari manga. Seorang mangaka tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuat manga jika dibandingkan dengan suatu produser membuat anime musiman. Paling ya mangaka ada butuh untuk menggaji asisten. Namun untuk memproduksi satu musim anime berjumlah 13 episode akan membutuhkan biaya sekitar $ 2jt (link). Berapa tuh kalo dirupiahkan? Ini membuat aspek visual di anime akan disederhanakan untuk memangkas biaya seefektif mungkin.
Hal ini juga menyebabkan hanya manga yang terbaik sajalah yang dipilih oleh produser anime untuk diadaptasi (kebanyakan). Tren pasar pun sangat berpengaruh, untuk menjamin keuntungan supaya bisa balik modal. Hal ini menyebabkan terjadinya poin ke-3.


3. Variasi
Quote:
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Lebih murahnya biaya pembuatan manga dibanding anime, menyebabkan lebih banyaknya judul manga yang keluar, sehingga spektrum cerita lebih luas. Keberagaman genre dan tema dalam anime lebih banyak daripada anime karena anime original dan adaptasi selain manga masih dapat dibilang relatif sedikit. Dalam satu genre, jumlah judul manga akan begitu banyak variasinya. Misalkan horror nih, anime dengan tema horror dulu masih lumayan ngetren, sedangkan sekarang udah hampir tak terendus. Berbeda dengan manga horror yang terus diproduksi. Jadi kalo mau cari cerita yang fresh, manga bisa menjadi pilihan yang tepat, daripada menunggu manga ini manga itu diadaptasi.emoticon-Ngacir Tubrukan


4. Pembatasan Konten
Quote:
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Seperti yang kita tahu, bahwa peraturan pertelevisian itu sangat ketat kalau menyangkut konten 'sensitif'. Kebijakan penayangan mengharuskan konten yang akan ditayangkan di televisi itu masih family friendly karena lebih banyak orang nonton televisi daripada membaca manga. Dan yang paling merasakan dampaknya adalah anime adaptasi manga yang memiliki konten rawan tersebut. Bisa violence, nudity, maupun profanity. Seringkali anime tersebut akan mengubah eksekusinya, biasanya dengan sensor maupun teknik lainnya. Sedangkan media manga tidak terikat aturan seketat itu, mangaka bebas membuat cerita yang nyaris kelewat batas. Di manga dapat agan temukan tema yang kelewat nyeleneh banyak banget.


5. Penyampaian Cerita
Quote:

Kebanyakan manga itu mendapatkan porsi cerita yang lebih mendetil, mengupas karakterisasi lebih optimal, dan mampu menekankan momen-momen tertentu dengan panelnya sehingga efeknya lebih nendang. Sedangkan penyampaian cerita di anime meskipun kadang ada yang dipangkas lantaran dibatasi durasi, namun karakternya terasa lebih hidup karena anime menggunakan sound effect, musik, seiyuu, serta warna sehingga penonton akan mendapatkan lebih banyak stimulus dan lebih banyak indera yang bekerja. Hal ini efektif untuk membangun atmosfir yang mendukung suatu adegan dalam anime, juga emosi yang lebih tersalurkan kepada penonton.
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Sebagai contoh, Fullmetal Alchemist di animenya menyajikan eksekusi yang bagus dan mampu mengimbangi tensi manganya. Ini berarti adaptasi animenya berhasil. Nah untuk judul shonen macem One Piece, membaca manganya untuk paham plotnya, dan menonton animenya untuk aksinya. Namun alur di animenya kadang terasa diseret-seret, seperti Naruto.
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Di sisi lain, cerita musikal akan lebih enjoy jika dinikmati dalam bentuk anime karena musiknya benar-benar berasa. K-ON! dan Love Live adalah hasilnya, begitu juga dengan Shigatsu wa Kimi no Uso.  Cerita komedi juga akan lebih kaya dengan slapstick dan animasinya.



6. Keberlanjutan
Quote:
Manga vs Anime: Manakah yang Lebih Manthul?


Serialisasi manga umumnya memungkinkan produksi berkelanjutan sampai ceritanya kelar, kecuali yang memang mangakanya sering dilanda hiatus. Sedangkan anime, khususnya yang musiman, akan lebih mempertimbangkan untung ruginya jika musim selanjutnya akan diproduksi atau tidak. Secara biayanya lebih mahal, maka supaya balik modal, komite produksi akan gencar-gencar mengiklankan semua merch, event, serta perilisan bluraynya. Ada yang bilang, anime itu adalah bentuk promosi untuk manganya. Jadi banyak anime yang ceritanya enggak kelar supaya para fans membaca manga.

Untuk anime long run, kadang kita menjumpai penambahan cerita yang mengulur waktu dengan impact yang enggak signifikan sama alur utama, yang biasa disebut sebagai filler. Manga enggak mempunyai hal semacam ini karena mangaka dapat melanjutkan cerita sebebas mungkin.


Again, trit ini sepenuhnya subjektif berdasarkan pengamatan ane saja. Lalu manakah yang lebih superior? Anime atau manga? Well.. enggak ada jawaban yang universal, harus dibandingkan satu per satu. Tiap jawaban yang berpihak akan selalu mempertahankan apa yang dipercaya. Ada yang bilang anime itu lebih manthul, namun sebenarnya enggak juga. Adaptasi anime bergantung pada studionya. Kadang ada adaptasi yang kualitasnya jauh dibandingkan dengan manga, seperti Tokyo Ghoul, Berserk baru, Ajin. Namun kadang juga ada yang sebaliknya, adaptasi animenya lebih manthul dari manganya, seperti Made in Abyss, Hunter x Hunter 2011.

Demikian trit kali ini. Kalo ada koreksi dan tambahan silahkan. BTW agan-agan anime fans atau manga fans nih? Apa netral, atau malah gak peduli?emoticon-Leh Uga
Sekian.
El. Psy. Congroo.


Quote:Pustaka: iniini

Diubah oleh arai01
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elnoritada dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 10
16-06-2019 17:54
Cukup jadi penikmat yg gak toxic emoticon-Toast


*Dah lama gak liat trit ente
Diubah oleh aji.wardaya
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
16-06-2019 17:55
kalo marathom milih manga, kalo ngikutin dari awal milih anime
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
16-06-2019 17:58
Hemat kuota pilih manga bre emoticon-Traveller

Mahal jg bikin anime, pantes one punch s2 grafiknya kimbek kali macam Fairy tail episode awal emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
16-06-2019 18:06
ane biasa baca manganya dulu, kalok bagus baru cari anime atau novelnya. Nanti yang mana rasanya lebih enak itu yang di terusin.
contoh
One Piece lebih enak manganya, orang" di background lebih hidup dan bayak easter eggs. Overlord lebih enak di novelnya, lebih brutal dan gelap.
Arslan Sekai lebih enak di animenya, backsoundnya mantap bener.
dll
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16-06-2019 18:09
Gw selalu menikmati nonton anime, meskipun udah baca manganya
Tapi biasanya ada aja part dimanga yang dicut dan ngga ditampilin dianimenya
Baca manga kalo pengen dapet detail bangetnya aja si
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
16-06-2019 18:10
Kalau di ANIME bnyk bnget yg di sensor...??? Bener banget...! emoticon-Big Grin

Jangankan yg GORE...? di NARUTO juga... VERSI MANGA nya wktu adegan SHIKAMARU,,, mnjebak HIDAN... Api nya pake sisa ROKOK YG DILONTARKAN... emoticon-Big Grin


sedangkan yg VERSI ANIME nya,,, pake GERETAN KOREK API,,, punya GURU ASUMA,, lalu di lemparkan... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
l4wang dan 3 lainnya memberi reputasi
4
16-06-2019 18:12
Quote:Original Posted By aerisiulang
Gw selalu menikmati nonton anime, meskipun udah baca manganya
Tapi biasanya ada aja part dimanga yang dicut dan ngga ditampilin dianimenya
Baca manga kalo pengen dapet detail bangetnya aja si


Quote:Original Posted By kakekane.cell
Kalau di ANIME bnyk bnget yg di sensor...??? Bener banget...! emoticon-Big Grin

Jangankan yg GORE...? di NARUTO juga... VERSI MANGA nya wktu adegan SHIKAMARU,,, mnjebak HIDAN... Api nya pake sisa ROKOK YG DILONTARKAN... emoticon-Big Grin


sedangkan yg VERSI ANIME nya,,, pake GERETAN KOREK API,,, punya GURU ASUMA,, lalu di lemparkan... emoticon-Big Grin


Betul mas... emoticon-Big Grin


Contoh nya sdh tak sebutkan... emoticon-Sundul Up
Diubah oleh kakekane.cell
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1
16-06-2019 18:22
Lebih asik manga juga sih. Tapi beberapa manga bikin sakit mata, krn kebanyakan teks. Seperti HxH, mending nonton animenya lebih seru. Baca manganya bikin puyeng. emoticon-Wakaka
Sayang betapa seringnya hiatus emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
16-06-2019 18:23
/me LN reader numpang lewat aja deh... emoticon-Ngakak
Diubah oleh ledlied
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16-06-2019 18:27
ane baca manga udah kaya anime gerak di dalem pikiran
malah enak manga sih, anime ga bisa dicepet2in, klo manga pake jurus baca cepat otomatis selesai cepat juga, maraton manga lebih reasonable drpada anime
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
16-06-2019 18:29
Klo one piece animenya kek sampah. Mending baca manganya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16-06-2019 18:33
sebagai penikmat...
Ya kenapa ngga pilih keduanya...
profile-picture
profile-picture
grenademan24 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
16-06-2019 18:40
Quote:Original Posted By Gailham
Bicara soal gawe, manga itu kerjaan satu tim kecil (gak sampe 10 orang), beda dengan anime yang bisa menyerap tenaga kerja besar.

Bicara soal bobot pekerjaan, menurut ane baik manga maupun anime pasti berat. Mangaka, terutama mingguan, dituntut menggambar sekitar 20 halaman perminggu (standar WSJ). Begitu juga seorang animator yang harus menggambar 240 sketsa untuk durasi 1 detik anime.

Bicara soal serialisasi, pembatasan serialisasi manga kadang bisa lebih kejam ketimbang anime.

Dalam anime musiman, durasi ceritanya udah ditentukan sejak awal sehingga kebanyakan pasti nanggung (terkait juga dengan media anime untuk mempromosikan manga).
Tapi dalam manga, istilah kampak adalah momok bagi mangaka maupun pembaca karena bisa menyetop cerita di tengah-tengah topik tanpa kejelasan akhir.

Manthull gan. Kadang ngenes juga nih kalo ada manga kena pukul publisher. Kerjanya rodi jugaemoticon-Mewek
Quote:Original Posted By yoshioka.ky
Light novel . kita yang berimajinasi gambar atau animasinya gan emoticon-Ngakak (S)

Enggak sekalian adaptasi game aja wkwkw
Quote:Original Posted By sihasbismart
Ya anime lah lebih mantul dalam visualnya

Yakin?emoticon-Malu
Quote:Original Posted By djinggo88
Yang lebih superior lagi...

yang baca light novel gan

Gambar minimal ....banyak tulisan....pakai imajinasi


Untuk manga dan anime

Kadang ada yg manga-nya artnya biasa aja
Tapi di anime jdi keren

Dan kebalikan

Subjektif intinya

Kudu bandingin satu satu ya
Quote:Original Posted By sukandarcr7glut
ane sih penikmat keduanya,kalo anime yg diadaptasi dr manga ya minimal gambar nya mirip lah terus adem diliat nya gx bikin sakit mata.Tapi kalo anime nya gambarnya absurd tapi "jalan cerita asik" kayak mob psycho ane nonton jg krn ada kelebihan nya itu.

Artwork yang nyeleneh emang butuh waktu utk adaptasi di mata gan. Tapi kalo dah cocok aslinya ngena juga, revolusioner malah, lebih freshemoticon-Hai
profile-picture
sukandarcr7glut memberi reputasi
1
16-06-2019 18:43
Dari segi cerita lebih mantul versi mangany.
Dari segi visualisasi lebih mantul versi animeny.
profile-picture
grenademan24 memberi reputasi
1
16-06-2019 18:46
Quote:Original Posted By ekoips2
menurut ane sih gak akan ada anime tanpa muncul melalui manga. dari manga tersebut diadaptasi menjadi anime 👍
klu soal seru anime tergantung pada studio yang menggarapnya. contohnya saja anime one punch man season 1 digarap oleh studio Mad house yang terkenal sangat bagus dalam menggarap anime fight dan adventure makanya ratingnya gede di my anime list sampai 8.87, sedangkan one punch man season 2 digarap oleh J.C staff yg terkenal dengan anime romance makanya animenya kurang greget dari season sebelumnya 😒

Ada lho anime ori yang bukan adaptasi mana pun, juga anime adaptasi game, LN, novel.emoticon-Malu
Quote:Original Posted By 0postgkgk
Liat berserk mending manga aja anjay cgi jelek bener.
Pros manga:
story jarang kepotong
Art kalo manga dari publisher gede pasti bagus
Art jarang kena sensor

Pros anime:
Media yang dihasilin bisa berupa ost atau bluray walaupun biaya produksi gede
Biasanya kalo directornya bagus storynya kena buat penonton yang ga bisa baca manga

Nonton berserk bikin mata sakitttt
Quote:Original Posted By fukumen
ane lebih suka manga,

apalagi baca sambil dengerin musik yg pas gitu, serasa merinding sekujur tubuh.

Nah ini, ada yang paham juga rasanyaemoticon-Salaman
Quote:Original Posted By almara96
Yah gk bisa dibandingin gan. Semua tergantung kualitas adaptasinya jg.
Misalnya utk AoT, ane lebih dulu nonton animenya jadi pas liat manganya pertama kali rada kecewa. Sebaliknya ane duluan baca manga koe no katachi dbanding nonton animenya, dan ane merasa animenya gk dpt feelnya dbanding manganya yg nyentuh bnget

Biasanya yg mana ente nikmatin duluan (anime/manga) jadi patokan gtu emoticon-Big Grin

Animu is a mistake. End of discussionemoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By hhendryz
ada soulnya klo baca langsung manganya...goresan2 ilustrator berasa tekniknya lah , klo anime...tau sendiri anime itu ga bisa seenak jidat bikin gambar high res...biayanya mahal prosesnya lebih lama emoticon-Big Grin

suka yang diam atau bergerak...itu aja emoticon-Big Grin

Nah ini, manga itu nikmat banget kalo artwork nya high class ya. Apalagi kalo teknik yang kayak lukisan, goresan tintanya nyeni
0
16-06-2019 18:49
Quote:Original Posted By arai01
reserved


Quote:Keberagaman genre dan tema dalam animelebih banyak daripada anime karena anime original dan adaptasi selain manga masih dapat dibilang relatif sedikit.


Koreksi sedikit, thread no.3, harusnya manga bukan Gan?

Kalau Shinchan lebih suka manganya
Kalau Sailormoon lebih suka animenya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16-06-2019 18:51
ane dua dua nya sih gan.
misalnya, one piece, yg kebanyakan orang tau yah..

ane selalu ngikutin, dan baca manganya.. walaupun, ga ngerti..
baca ngebut soalnya, males, klo di hayati gitu emoticon-Big Grin

nah, animenya, ane juga tonton...
walaupun, udah tau jalan ceritanya..
tapi, penasaran, dengan suaranya, soundtrack, backsound,animasinya...

dan, kadang, setelah nonton anime nya, baru ngerti.. wkkwkw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3
16-06-2019 18:52
Quote:Original Posted By aji.wardaya
Cukup jadi penikmat yg gak toxic emoticon-Toast


*Dah lama gak liat trit ente

Setuju, dan Boruto itu sampahemoticon-Toast

*Ente kasih ide bikin trid dongemoticon-Hai
Quote:Original Posted By kakekane.cell
Kalau di ANIME bnyk bnget yg di sensor...??? Bener banget...! emoticon-Big Grin

Jangankan yg GORE...? di NARUTO juga... VERSI MANGA nya wktu adegan SHIKAMARU,,, mnjebak HIDAN... Api nya pake sisa ROKOK YG DILONTARKAN... emoticon-Big Grin


sedangkan yg VERSI ANIME nya,,, pake GERETAN KOREK API,,, punya GURU ASUMA,, lalu di lemparkan... emoticon-Big Grin

Wtf, sengaja nih pasti eksekusinya gitu, supaya kesannya kayak revenge Asuma, dan penonton dikasih sentimen yg lebih dalam.emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By ledlied
/me LN reader numpang lewat aja deh... emoticon-Ngakak

Monggo ganemoticon-Nyepi
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
16-06-2019 18:56
Quote:Original Posted By anita.sutanty




Koreksi sedikit, thread no.3, harusnya manga bukan Gan?

Kalau Shinchan lebih suka manganya
Kalau Sailormoon lebih suka animenya

Eiya, thanks koreksinya. Ntar kalo dah turun HT tak editemoticon-Salaman

Relatif ya tiap judul...
Quote:Original Posted By cupzJaYu
ane dua dua nya sih gan.
misalnya, one piece, yg kebanyakan orang tau yah..

ane selalu ngikutin, dan baca manganya.. walaupun, ga ngerti..
baca ngebut soalnya, males, klo di hayati gitu emoticon-Big Grin

nah, animenya, ane juga tonton...
walaupun, udah tau jalan ceritanya..
tapi, penasaran, dengan suaranya, soundtrack, backsound,animasinya...

dan, kadang, setelah nonton anime nya, baru ngerti.. wkkwkw

Well berarti bagi agan dua media itu saling melengkapiemoticon-Big Grin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
16-06-2019 18:56
Kimetsu no yaiba mantap visual animenya gan.. bening...
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan grenademan24 memberi reputasi
2
Halaman 5 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.