Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

irmalfiyantiAvatar border
TS
irmalfiyanti
Kemendag Siap Terbitkan Izin Impor Bawang Untuk 5 Importir
Spoiler for Leonardo:


Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan akan segera menerbitkan izin impor bawang putih untuk lima perusahaan dalam waktu dekat. Pengajuan izin oleh lima importir ini sudah dilakukan melalui Kementerian Pertanian (Kementan) beberapa waktu lalu.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah mengeluarkan izin impor untuk 256 ribu ton sejak April 2019 lalu. Izin pertama telah diberikan bagi 115.765 ton kepada delapan pelaku usaha, sedangkan sisanya bulan lalu.

"Setahu saya yang akan keluar lagi untuk lima perusahaan. Kalau yang 256 ribu ton sudah kemarin," ungkap Oke, kemarin.

Sementara itu, Kemendag juga akan menerima Rekomendasi Impor Produk Holtikultura (RIPH) dari KementanPertanian untuk 12 perusahaan swasta. Tapi Oke tak menjelaskan secara rinci jumlah bawang putih yang akan diimpor.

Oke memastikan izin impor yang diberikan bukan dilatarbelakangi harga bawang putih yang tinggi. Ia bilang harga bawang putih saat ini di bawah Rp30 ribu per kg, tepatnya Rp27 ribu-Rp28 ribu per kg. "Bukan soal tinggi, tapi mereka kan sudah mengajukan," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih menyatakan pihaknya selalu memeriksa identitas calon importir bawang putih, khususnya dari sisi wajib tanam. Seperti diketahui, masing-masing importir wajib menanam 5% dari dari volume yang didapat dalam rekomendasi impor.

"Kami cek dengan Kementerian Pertanian, baru kami kasih izin. Sesuai aturan kalo sudah memenuhi syarat wajib tanam, kami keluarkan izinnya," jelasnya.

CNN Indonesia

Spoiler for mantul:
0
1.3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.