alexa-tracking
Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5cfdd4baf0bdb2348c0a3ff0/jangan-coba-coba-begini-teknik-cornering-ala-pembalap-motogp
Lapor Hansip
10-06-2019 10:55
Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Past Hot Thread
Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP



 Dalam kecepatan tinggi, motor harus miring agar bisa menikung dengan baik, terutama motor MotoGP.

Jika tidak miring, motor bakal gagal menikung dan keluar dari jalur tikungan jika melaju dengan kecepatan cukup tinggi.
Kenapa sih motor harus miring agar bisa menikung? Nah, kita belajar pelan-pelan.
Proses menikung adalah sebuah gerak melingkar, jadi ada gaya sentripetal yang menarik motor ke dalam pusat tikungan/pusat lingkaran.


Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Gerak melingkar saat kendaraan menikung

Dalam hal ini, gaya sentripetal MotoGP adalah gaya gesek antara ban dan aspal.
Dan ada gaya sentrifugal yang melawan gaya sentripetal.

Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Cornering dan miring ala MotoGP

Gaya sentrifugal itu yang bikin motor keluar dari jalur kalau tidak miring saat menikung.
Sedangkan gaya sentrifugal itu pusat tarikannya berada di titik berat alias centre of gravity dari motor.
Simpelnya, proses miring itu adalah cara untuk melawan gaya sentrifugal dengan mengubah titik berat motor.
Semakin miring, semakin dekat titik berat motor ke pusat tikungan/pusat lingkaran.
Ada teknik khusus yang memang dikuasai pembalap untuk memiringkan motornya saat menikung.

Langkah pertama, lakukan countersteering, misalnya saja ingin menikung ke kanan, maka arahkan setang ke arah kiri dengan cepat agar motor bisa miring ke arah kanan.

Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Cornering dan miring ala MotoGP


Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Cornering dan miring ala MotoGP

Saat mengarahkan setang ke kiri, motor akan miring ke kanan untuk melawan arah gaya sentrifugal yang menarik motor ke arah kiri.
Langkah ini dilakukan berbarengan dengan memindahkan titik berat pembalap ke kanan.
Untuk MotoGP, langkah awal ini harus dilakukan dengan sangat cepat, pembalap MotoGP sudah ahli.
Jangan sampai malah kena high side crash duluan.
Langkah kedua, menyempurnakannya dengan mengubah arah setang ke kanan.

Jangan Coba-coba! Begini Teknik Cornering Ala Pembalap MotoGP
Cornering dan miring ala MotoGP

Motor akan semakin miring saat di dalam tikungan.
Dan setelah keluar tikungan tinggal balikin setang lurus dan badan pembalap ke tengah lagi deh.
Nah, tapi jangan coba-coba ini di jalanan umum ya sob, bahaya.
Ini teknik yang memang sudah dikuasai pembalap profesional.

Dan tingkat kemiringan saat membelok ini tergantung dari banyak faktor.
Misalnya saja radius tikungan, kecepatan motor, dan juga kekuatan grip antara ban dan aspal.

https://www.gridoto.com/read/2217465...?page=all#!%2F
Diubah oleh kaskus.infoforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
01persen dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 5
13-06-2019 18:47
Mau praktek juga percuma, lagian lean angle nya motor yg ada dipasaran gaada yg bisa mendekati prototype bike emoticon-Malu even superbike sekalipun harus modif ini itu biar lean anglenya bisa mendekati emoticon-Malu
0
13-06-2019 18:57
0
13-06-2019 19:00
Quote:Original Posted By irmanator
Corner steering malah wajib dipakai saat touring jg gan... Saat nikung2 pas touring biasanya pada emosian


Counterstreering Ini mah riding biasa pun wajib gan, klo udah terbiasa bisa jd penyelamat disaat emergency emoticon-Malu
Diubah oleh ssalfad
profile-picture
SuperABLU memberi reputasi
1
13-06-2019 19:00
mio ane bisa ga yaemoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
0
13-06-2019 19:05
Quote:Original Posted By gErOnImO2008
nikung ke kanan tapi stang ke kiri, apa gak jungkir balik gan?emoticon-Bingung


Nggak kebalik kok gan, motornya otomatis nge-lean ke kanan.



Sila dicek gan emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 3 lainnya memberi reputasi
4
13-06-2019 19:05
GIF

Kalo kata kang iskrim


Yoyoi

emoticon-Leh Uga
0
13-06-2019 19:06
grip ban
0
13-06-2019 19:29
harus kenceng cuy kalo mau miring2 gitu
0
Lapor Hansip
13-06-2019 19:33
Balasan post fruente
haahahhaha
0
Lapor Hansip
13-06-2019 19:38
Balasan post irmanator
Quote:Original Posted By irmanator
Corner steering malah wajib dipakai saat touring jg gan... Saat nikung2 pas touring biasanya pada emosian


kok emosi sih gan, turing semestinya bukan dibawa enjoy dan menyenangkan?? garuk2 kepala.
0
13-06-2019 19:43
ane sih belok miring di 35 kpj. aman emoticon-Cool
yg penting miring.
Diubah oleh kamuhujat21
0
13-06-2019 20:00
Gw waktu SMK bisa cornering pake vespa. Padahal bisa mulus kalo standar samping nya gw lepas emoticon-Ngakak
0
13-06-2019 20:02
Quote:Original Posted By onani.mouse
o gitu
coba rosi disuruh bawa motora roda 3
emoticon-Cool
nganter galon


Kagak tarik breeemoticon-Ngakak
0
13-06-2019 20:06
dimonas banyak bre emoticon-Big Grin jagoan kornering
0
13-06-2019 20:49
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0
13-06-2019 21:14
Sering liat skutik 110 cc di jalanan belok udah mirip motogp.Ujungnya nyungsep cium aspal emoticon-Ngakak
profile-picture
adiyudhan memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
14-06-2019 00:21
secara teori gampang ngomongnya ya gan
profile-picture
adiyudhan memberi reputasi
1
Lapor Hansip
14-06-2019 05:30
Balasan post SuperABLU
Kalo touring mau klub motor tua pa muda, rata-rata dah oprekan biar enak jarak jauh dan tarikannya pas. Kl touring ga diatur, pada kebut-kebutan. Kecuali lintas klub yg mmg protokoler ada polisi atau dishubnya.
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.