Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

goahraesaAvatar border
TS
goahraesa
Sebulan Tak Bikin KTP, Pendatang di Depok Akan Kena Tipiring


[url]https://megapolitan.kompas.com/read/2019/06/11/22030481/sebulan-tak-bikin-ktp-pendatang-di-depok-akan-kena-tipiring [/url]

Cynthia Lova Kompas.com - 11/06/2019, 22:03 WIB KDS) di RW 08, Palmerah Barat, Jakarta Barat, Rabu (20/8/2014).(KOMPAS.com/Andri Donnal Putera)

DEPOK, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Depok akan memberikan sanksi pendatang yang kedapatan tidak membuat KTP setelah sebulan menetap di wilayah tersebut. "Apabila ada yang melanggar setelah sebulan datang ke Depok, tetapi tidak memiliki KTP akan ditipiring dan diminta membuat SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal)," ucap Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Depok Diarmansyah, Selasa (11/6/2019). Pihaknya akan terus memantau aktivitas pendatang dan melakukan operasi yustisi pada Juli 2019.

"Operasi yustisi baru diadakan tahun ini dan dinilai kurang efisien pendataannya. Kebanyakan mereka tidak turun di terminal kembali, jadi pendataannya susah. Kami akan mulai data kembali pada Juli mendatang," ujarnya. Ia menjelaskan, pendatang wajib melaporkan diri ke RT dan RW untuk mendapat surat pengantar pembuatan SKTT di kelurahan. "Masa berlaku SKTT itu hanya enam bulan. Apabila lewat dari waktu tersebut, Pemkot Depok tidak segan-segan mendeportasinya," kata Diarmansyah.

 Sebelumnya, Diarmansyah mengatakan, Jawa Barat sebagai provinsi yang menyumbang pendatang terbanyak ke Depok setelah libur Lebaran berakhir. Kebanyakan pendatang di Depok berasal dari Cirebon, Bogor, dan Kuningan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebulan Tak Bikin KTP, Pendatang di Depok Akan Kena Tipiring", https://megapolitan.kompas.com/read/...-kena-tipiring.
Penulis : Cynthia Lova
Editor : Kurnia Sari Aziza


suralia
suralia memberi reputasi
1
1.6K
17
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.