Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

londosmevAvatar border
TS
londosmev
PENGALAMAN CARI KERJA LEWAT JOBSTREET
Cari kerjaan tu sama kek cari cewek gak sih gan ? susah-susah gampang. Kalo lagi hoki aja banyak yang manggil buat tes, tapi kalo lagi sepi, ya bingung, ngerasa susah banget cari kerja.



Lewat portal loker di internet menurut ane cara paling efektif buat cari kerja, dibanding media-media lain. Jobstreet salah satu portal loker besar, stoknya lebih banyak dan luas dibanding portal loker lain, dari Sabang sampai Merauke.

Langsung aja ini pengalaman ane cari kerja lewat Jobstreet emoticon-Selamat

Ane lulus kuliah tahun 2014, sebelum lulus ane iseng2 daftar di Jobstreet, tergiur sama gajinya yang tertulis gede2 gan.
Setelah daftar, isi form, upload cv dll. ane mulai apply tu loker yang cocok sama background pendidikan ane, mungkin ada sekitar seratusan loker ane pencetin, pikir ane saat itu sambil nunggu wisuda, nunggu panggilan interview. Ganteng kan emoticon-Big Grin
Sampai 2 bulanan setelah ane daftar tadi, ane di wisuda, dan gak ada satupun panggilan interview baik dari hp atau alamat email. Miris gan. Ane sempet berpikir kalo gak semua loker di Jobstreet tuh real, ada yang bohong, buktinya dari ratusan perusahaan yang ane lamar gak ada satupun yang respon ke ane emoticon-Sorry
Akhirnya ane dapet kerja dari jobfair kampus, beberapa hari setelah ane wisuda emoticon-Ultah
Setelah 2 tahun kerja, ane cabut dari perusahaan itu gan, pengen pindah kota. Akhirnya ane bikin akun Jobstreet lagi pake alamat email yang baru, semua tahapan kaya di atas ane lengkapin. Ada sekitar 50an loker ane lamar via Jobstreet gan, dan hasilnya….
Gue dipanggil interview, walaupun gak semua, ada sekitar 10 perusahaan yang undang gue buat interview, ada yang telpon, sms, juga via email.
Setelah ane pikir-pikir, ane punya pendapat kalo loker Jobstreet tuh kebanyakan nyari yang pengalaman gan, makanya gaji yang ditulis relative gede2. Terus kekuatan dari job seeker tu ada di CV yang di upload, jadi saran ane, kalo agan2 mau cari kerja via Jobstreet, pastikan CV agan keren.
Menurut ane, CV yang keren tuh (bukan cuma buat di Jobstreet aja) cukup satu lembar tapi isinya padet, gak perlu hiasan efek2 segala macem (kecuali agan mau ngelamar design grafis), ditulis yang penting-penting aja, misalnya organisasi, menurut ane kalo agan punya pengalaman organisasi yang lumayan, kaya karang taruna, pramuka waktu SMP. gak perlu ditulis gan, kecuali emang gak ada organisasi lain yang agan ikutin. Trus kaya keahlian, seminar, magang, job desk (buat yang udah pernah kerja) itu penting ditulis asal sesuai dengan bidang yang agan lamar.
Sampai sekarang, ane masih ngerasa aneh soal loker yang diposting berulang-ulang, ane pikir masak belum dapet juga udah berbulan-bulan. Ane jadi curiga ini strategi Jobstreet buat keliatan seolah-olah ada loker banyak di portalnya.
Tapi btw, ane udah ngebuktiin kalo beberapa loker di Jobstreet tuh real gan, paling nggak 20% an lah ane dapat respon awal, mungkin sisanya ane emang gak memenuhi kualifikasi.
Penutup dari ane, buat agan-agan yang pengen cari kerja via Jobstreet, yang paling penting itu perhatikan CV yang agan upload, 90% pengaruh agan bakan dipanggil interview atau nggak ada disitu. Jadi buat agan-agan yang lagi cari kerja atau pernah cari kerja via Jobstreet dan belum dipanggil, mungkin emang CV agan aja yang kurang menjual.

O ya, pastiin juga agan lamar sesuai kualifikasi yang dibutuhkan, jangan asal klik apply emoticon-Shakehand2
Diubah oleh londosmev 02-04-2017 14:28
penyukabiru
fbyptri
fbyptri dan penyukabiru memberi reputasi
2
46K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.