Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hangat.musicAvatar border
TS
hangat.music
3 Pola Konten Menuju Viral

"Viral" adalah kata yang dikejar oleh banyak generasi milenial. Dengan menjadi Viral, seseorang akan lebih mudah mendapatkan pengikut di sosial media, sehingga orang tersebut dapat disebut sebagai seorang influencer, mendapatkan endorsement untuk memasarkan sebuah produk, dibayar, dan endingnya mendapatkan uang dari sosial media.

Tidak terbatas hanya pada milenial, pekerja kreatif pun juga mengincar Viral terutama mereka yang berkecimpung di dunia seni dan hiburan agar dapat membangun dan mempertahankan eksistensinya, maka Viral seolah menjadi tujuan mutlak.

Bagaimanakah pola viral itu ? berikut ini akan kita bahas.


Quote:





Viral melibatkan emosi




Pernahkah anda menonton video lucu, lalu membagikan nya?

Jika pernah, Sebenarnya se-simpel itu sebuah video MENUJU VIRAL. Tentu saja anda membagikan video tersebut karena sedikit banyak pasti anda memiliki perasaan bahwa orang lain harus merasakan kebahagiaan yang anda rasakan.

sebuah konten dapat menjadi viral jika konten tersebut dapat mengambil alih emosi audiens. Entah emosi apapun, entah itu mengundang marah, bahagia, senang, sedih, kecewa, jengkel.

Sebuah konten yang melibatkan emosi audiens berpotensi besar mendapatkan share yang banyak, konten tersbeut menjadi seperti sebuah pengumuman tentang apa yang audiens rasakan.

Konten viral itu unik


      Pernahkah anda mendengar lagu "Karena su sayang" yang sempat viral hingga menjadi trending dan banyak di-cover oleh banyak penyanyi di Kanal Youtube ? bahkan tersedia dalam berbagai versi, ada yang versi bahasa indonesia, ada yang versi koplo, dsb.

Bisa dibilang viralnya lagu "karena su sayang" selain karena mampu melibatkan emosi pendengar, lagu tersebut juga memiliki keunikan dari segi bahasa yang digunakan dan juga melogi lagu yang catchy.

Di luar sana mungkin banyak sekali lagu catchy yang bercerita tentang rasa sayang. Namun keunikan lagu karena su sayang menggunakan bahasa timur menjadi nilai lebih yang mengundang reaksi audiens hingga audiens rela berkomentar, membagikan bahkan meng-cover.

Seperti itulah seharusnya konten yang kita buat apabila kita ingin mengundang banyak reaksi netizen, Selain melibatkan emosi, harus memiliki keunikan.

Butuh tingkat keberuntungan / kesialan yang tinggi


inilah uniknya, viral membutuhkan tingkat keberuntungan atau kesialan yang tinggi, kenapa bisa seperti itu ? karena tidak semua konten viral itu positif, ada juga yang karena kebodohannya di sosial media menjadi viral, ia mendapatkan sanksi sosial dari lingkungannya. Viral itu relatif, bisa jadi sebuah keberuntungan bagi konten yang viral karena hal positif, jika dilanjutkan dengan konsistensi untuk berkarya, maka bisa menjadi awal lahirnya pundi-pundi rupiah. Namun dapat menjadi pemicu perundungan (bully), bahkan hal yang sial apabila viral karena konten yang negatif.

Karena itu tadi, konten yang viral adalah konten yang melibatkan emosi audiens, jika konten nya positif, audiens akan melibatkan emosi kebahagiaan dalam merespon konten tersebut, entah  itu menyebarkannya dengan menambahkan caption yang menarik, mention teman-temannya dengan emoji tersenyum, atau komentar positif yang menginginkan konten-konten seperti itu ada. Namun sebaliknya, mereka akan melibatkan emosi yang mengandung amarah, kejengkelan, merasa risih yang teramat sangat apabila konten yang dilihatnya negatif, sehingga mengundang orang lain untuk ikut menyertakan emosi yang sama dan meluapkan-nya di konten negatif tersebut dengan cara yang tidak pernah si pembuat konten harapkan. Dari fenomena viral, kita jadi semakin paham bahwa apa yang kita tabur akan kita tuai.

Sumber: [url]http://www.hangatband.com]www.hangatband.com
[/url]

Quote:



Diubah oleh hangat.music 10-06-2019 06:41
macankepatihan
cor7
Fadliashi
Fadliashi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.3K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.