moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Kumpulan Acara Terbaik di Singapura Bagi Para Pecinta Seni!


Udah, nggak usah jauh-jauh. Nggak sampai tiga jam penerbangan dari Jakarta, kamu sudah bisa tiba di Singapura yang sepanjang sisa tahun 2019 ini punya banyak banget event seru untuk kamu para pecinta seni.

Mulai dari street performances sampai screening film yang terbuka untuk umum bisa kamu nikmati. Keseruan Hari Raya dan Mid-Autumn festival pun nggak kalah seru untuk didatangi. Nih, gue rangkum event-event seni dan budaya yang bisa lo nikmati di Singapura sampai akhir tahun. Siap?

Skrol sampai bawah, catat tanggal dan tandai kalender, pesan tiket, terbang!


Singapore International Festival of Arts


Di Singapore International Festival of Arts, semua bisa merayakan seni dengan berbagai cara. Selama hampir sebulan penuh mulai dari 16 Mei hingga 2 Juni nanti, Singapura merayakan festival seni ini di berbagai bidang mulai dari teater, dance, dan musik. FYI nih GanSis, Singapore International Festival of Artspertama kali diadakan tahun 1977 sebagai festival seni nasional untuk merayakan keberagaman seni dari penjuru dunia.


Beberapa keseruan tahun ini di antaranya 100 Keyboards Installation & Performance yang untuk pertama kalinya datang ke Singapura langsung dari Jepang oleh seniman bernama ASUNA. Ada juga pertunjukan boneka lengkap dengan penampilan live music dari Selandia Baru di 'Peter and the Wolf' yang akan digelar di Silo Theatre.


Kenal lebih dekat dengan para seniman dalam sesi ngobrol santai yang akan menghadirkan Ryuichi Sakamoto, Shiro Takatani, Bill Frisell, hingga Sasha Waltz. Festival akan ditutup dengan sajian konser bersama Singapore Symphony Orchestra pada 2 Juni. Tertarik? Jadwal lengkap untuk Singapore International Festival of Arts bisa kamu lihat di www.sifa.sg.

Hungry Ghost Festival


Singapura bukan hanya negara dengan keberagaman agama namun juga budaya. Perayaan yang nggak boleh lo lewati adalah Hungry Ghost Festival, salah satu festival tahunan terbaik buat pecinta budaya lokal yang jatuh pada 15 Agustus. Tenggelamkan diri kamu ke dalam budaya tradisional ala Halloween-nya orang Tiongkok di Singapura. Ritual-ritual dan sajian untuk para arwah mungkin akan kamu temukan di jalan-jalan utama atau di kawasan Chinatown. Tetapi kamu juga bisa menikmati keseruan panggung musik bertabur LED dan variasi aransemen lagu-lagu pop yang sudah akrab di telinga kamu.


Selain Chinatown, kamu juga bisa merasakan sensasi jadi paranormal di Asia Paranormal Investigators dengan mengunjungi Bukit Brown, area pemakaman yang sebenarnya menyimpan banyak hal tentang budaya, sejarah, tradisi, dan cerita-cerita personal buat masyarakat Singapura. Seperti dikutip dari situs resminya, “Setiap makam di sini penting. Setiap makam menceritakan sebuah kisah yang layak untuk ditulis.” Wisata makam di Singapura? Terdengar menarik bukan? Atau mengunjungi Lorong Koo Chye Seng Hong Temple untuk mengenal lebih jauh budaya, tradisi, dan ritual yang dilakukan pada hari ini. Cek infonya di bukitbrown.com

Singapore Night Festival


Ini dia festival buat yang hobi begadang dan suka banget ngeliat keindahan instalasi lampu-lampu! Setiap Agustus, selama dua akhir pekan, selalu dirayakan Singapore Night Festival (SNF) yang menyajikan keseruan-keseruan yang berbeda setiap tahunnya. Namun yang jadi menu utamanya adalah instalasi lampu-lampu interaktif yang menyulap bangunan Singapore Art Museum dan National Museum of Singapore jadi sesuatu yang menakjubkan.


Acara-acara malam juga digelar di berbagai museum seperti Peranakan Museum, Singapore Philatelic Museum, dan beberapa lokasi lainnya dengan penari-penari jalanan, penampilan musisi yang tumpah ruah mewarnai malam, seniman-seniman musik yang datang dari dalam dan luar negeri tak akan membuat kamu tertidur sampai pagi datang. Semua keseruannya akan dirangkum di situs resmi SNF ini www.nightfestival.sg

Future World Artscience Museum


Sepanjang tahun lo juga bisa menikmati Future World di ArtScience Museum, Marina Bay Sands, Singapura. Ketika seni dipadu dengan sains dan menghasilkan sebuah dunia futuristik yang interaktif. Foto-foto di sini akan bikin feed Instagram lo semakin menarik. Tapi sebelum bergaya, siap-siap terpukau dengan dunia seni, ilmu pengetahuan, sihir, dan metafora yang indah lewat instalasi digital paling canggih di muka bumi.

Future World mengajak lo bertualang dalam dunia baru lewat beberapa narasi: Nature, Town, Sanctuary, Park, dan Space. Satu kunjungan yang akan membuat lo ketagihan! Cek jadwal dan harga tiket di situs resmi mereka di sini.

Mid-Autumn Festival


Kalau ada festival yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Tiongkok Singapura mungkin ini adalah jawabannya! Di beberapa negara di Asia, Mid-Autumn Festival selalu meriah tak terkecuali di Singapura. Acara serupa Thanksgiving di Amerika ini akan memanjakan mata lo dengan lampion-lampion berbagai warna dan makanan-makanan manis khas seperti Kue Bulan (mooncakes). Siapkan energi lo dengan tidur yang cukup di siang harinya karena festival ini baru akan dimulai setelah matahari terbenam.


Acara ini akan sangat pas dinikmati bersama keluarga pada 13 September mendatang. Apalagi kalau lo sudah punya anak karena lampion warna-warninya akan membuat mereka nggak berhenti tersenyum. Di Singapura, festival ini digelar meriah di beberapa lokasi seperti Chinatown dan Garden by the Bay. Ini sih salah satu event yang gue akan datangi tahun ini!

Deepavali [Oktober]


Dari tadi kan kita sudah banyak menyebut Chinatown di berbagai festival, nah kali ini bergeser sedikit ke Little India yuk! Setiap tahunnya di bulan Oktober, perayaan Deepavali meriah banget dan dipusatkan di sini. Tahun ini, Deepavali diperkirakan jatuh di tanggal 27 atau 28 Oktober. Apa yang bisa kamu nikmati di perayaan tahunan umat Hindu India ini? Banyak banget!


Sajian penuh warna sudah jadi khas perayaan Deepavali. Biasanya Little India akan bertabur cahaya dari lampu-lampu minyak. Jalan-jalan juga akan dimeriahkan oleh instalasi lampu yang nggak akan membuat jempol kamu berhenti mengklik tombol shutter di kamera ponsel. Ada bazaar meriah di Little India untuk kamu para pecinta makanan tradisional. Buat para street photographer, ini saatnya mengabadikan kemeriahan budaya!

Sudah siap seru-seruan? Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan semua pengalaman seru di Singapura. Terutama buat kamu yang suka banget sama hal-hal terkait seni dan budaya. Ini waktunya memperbanyak koleksi foto-foto kamu sekaligus menulis pengalaman baru jalan-jalan kamu di blog. Yuk!

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller


edv039
ngejleb
jmontefiore
jmontefiore dan 7 lainnya memberi reputasi
6
8.3K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.