alexa-tracking
Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.84 stars - based on 180 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/55630bbe5a5163d5588b4568/cinta-ku-berlalu-seiring-basis-ku-melaju-kisah-cinta-seorang-pelajar-stm
Lapor Hansip
25-05-2015 18:47
Cintaku berlalu seiring basisku melaju [CBSBM] [TAMAT]
Past Hot Thread
Cinta ku berlalu seiring basis ku melaju [Kisah Cinta Seorang Pelajar STM]
CINTAKU BERLALU SEIRING BASISKU MELAJU [CBSBM]By @STM_Kepo

DEAR ALL READER.

JAN LUPA SHARE DAN KASIH BINTANG 5 ANGGAPLAH TRID INI OJOL YANG MEMBAWAMU DI TENGAH-TENGAH PERTEMPURAN ANTAR PELAJAR 09-11 SILAM.


Kata-kata dibawah ini di inget ya. SFTH itu ada rules nya dan salah satu rulesnya ga boleh komentar yang cuman 1 baris/paragraf, Kalo agan-agan ada yang baru punya kaskus ane maklumin kok tapi momod disini gabisa maklumin gan, Kan kalo kerumah orang aja ada peraturan nya, sama kayak kalo main kaskus khusus nya di forum SFTH emoticon-Smilie terimakasih atas perhatian nya..

Quote:Original Posted By ba2301



bang min kasih tau reader jangan terlalu banyak ngejunk ( minta update , dobrak , etc ) biasanya thread di closed gara gara itu tuh ... kalau mau oot jangan satu baris ...


Quote:Original Posted By denbakrie
agan2 jgn trlalu banyak ngejunk kalo gak mau di closed lagi..

update min *penasaran sama anggun*

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga





Intermezzo


BAB I: Kelas X
PART I: Masuk STM itu pilihan ku

Quote:

Hari itu masih pertengahan bulan juni, Bulan ketika anak yang baru lulus SMP kayak ane lagi sibuk2nya nyari referensi sekolah. Setelah sibuk browsing sana sini akhirnya ane milih buat masuk salah satu SMK negeri yang ada di daerah Jakarta timur, Kenapa ane milih STM? Karena menurut ane "di STM itu apaan aja bisa lo dapet" Skill dapet, Pengalaman hidup dapet, Solidaritas nya anak STM? Jangan ditanya gan.
Setelah ngelobby orangtua ane dengan beberapa jurus andalan yaitu ngasih janji khas anak sekolah "Janji deh abang ga bakalan nakal lagi ga bakalan bolos lagi kalo sekolah disitu mah, pa" akhirnya ane pun diperbolehkan untuk sekolah disitu dengan catatan kalo tetep bolos bakalan dipindahin ke pesantren.
Dan mulai dari sini lah cerita cinta ane dimulai... (Cerita selanjutnya langsung ane skip pas lagi di MOS)


Ane tutup dengan Quote:
Quote:"You hit me, They hit you! We are Technical high school."


INDEKS CERITA


bisa berbincang dengan saya, Hanya aktif di twitter saja, @STM_Kepo dan buat ikut preorder buku ini nanti nya juga bisa tunggu aja kelanjutan nya di twitter. Terimakasiiii

Special thanks to;
Allah S.W.T
Keluarga besar
Rekan-rekan seangkatan
Tokoh-tokoh dari sekolah lain
Teman-teman yang sudah pergi mendahului saya. emoticon-Berduka (S)
L.A
Kopi item
Garpit
Pembaca yang setia
Pembaca yang mau berkomentar
Warung madura
Followers twitter
Temen fesbuk gue (gak ada hubungan nya sih)
Drama netflix
Pembaca yang silent reader (gue taro paling bawah biar sakit ati)
Diubah oleh stmkepooo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
idner69 dan 27 lainnya memberi reputasi
24
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 141 dari 148
04-06-2019 16:15
Dendam lama dengan PKI emoticon-Ngakak
0
06-06-2019 21:13
Halo Bang Min!!!
Walaupun saya bukan Anak STM tapi saya sangat senang membaca cerita Bang Min, mungkin karna lingkungan saya bertemankan dengan berbau STM jadi ya hapal betul ya mirip2 lah cerita tmn2 saya kaya Bang Min cuma ga seSerem STM di Jakarta sanaemoticon-Big Grin
Saya baru nemu trit ini pas malam takbiran kemarin dan baru kelar baca semua tadi sore hehe ngebut
Cepat diupdate ya Bang Min. Semoga Bang Min sehat terus dan diberikan rezeki berlimpah
Maaf kalo kepanjangan maklum ngedadak buat akun kaskus karna pngn komen di trit ini jd blm paham maen kaskus hehe
emoticon-thumbsup emoticon-Mewek
Diubah oleh komarpenjahat00
0
09-06-2019 17:23
PART LXVII: Jatuh
Quote:"Yaudah berarti hari ini ke Priok ya kan lagi ultah nih" Kata Babeh ke Capung yang lagi duduk sambil ngopi siang itu.

"Iya ultah base Free York yakali nih ga ada jamu jamu an" Kata ane menimpali perkataan babeh.

"Belom sampe priok takutnya udah kering duluan min" Kata Capung sambil nyengir.

"Yaelah paling ketemu siapa sih disitu, Bahariwan? 11 ancol? Plo?" Tanya ane.

"11 ancol kalo di utara mah bukan pelajar doang min, pelajar ama gembelan jadi 1" Kata Capung.

Dan setelah berdiskusi cukup lama akhirnya diputuskan lah kami hari itu ke Priok, Silaturahmi sekalian jalanin.

Berangkatlah kami menuju kesana, di perjalanan baru sampai Kelapa Gading kami sudah bertemu pelajar putih abu-abu yang lagi standby di pinggir jalan.

"Pir kiri pirrr" Teriak salah satu pelajar ane ke sopir patas yang mengantar kami.

Kami pun turun dari patas.

"Siap siap" Kata Capung sambil mengeluarkan BR dari dalam tas nya, Sebuah celurit yang mengkilap dan terlihat sangat tajam.

Dan ternyata pelajar tadi yang tadinya diam malah tiba-tiba berlarian.

"Lah goblok kok malah pada lari duluan" Kata Capung sambil tertawa.

"Jiaah bego lagian anak apaan itu maen gelarin aja" Kata ane ke Capung.

"Hahaha gue kira anak 14 kmy atau ga anak Bahariwan" Kata Capung.

"Yaah jadi nungguin patas lagi dah" Kata Babeh sambil menepuk jidat.

Dan pelajar tadi sudah tidak terlihat batang hidung nya, Entah anak SMA atau anak SMK sini, Padahal setelan nya kayak anak-anak bandel...

Kami menunggu patas lagi untuk melanjutkan perjalanan kami, Cukup lama kami menunggu patas dan akhirnya kami putuskan untuk menaiki truk tronton, yang langsung dipantekin oleh Capung.

Disinilah kesalahan kami, Kami lupa ini adalah jalur angker bagi pelajar-pelajar STM, Dan menaiki truk tronton yang terbuka itu adalah ide buruk.

Diperjalanan kami bertemu dengan musuh, Sore itu pelajar Dosq One ternyata sudah standby disisi jalan yang kami lewati.

Jumlah mereka tidak terlalu banyak, Tidak sebanyak kami, Tapi mereka bersama para gembelan yang tidak memakai baju seragam. Entah veteran, alumni, atau akamsi yang mau ikut-ikut an. Entahlah, Kami tidak memiliki pilihan lain selain melawan mereka sore itu.

Kami semua turun dari truk tronton, Tepat beberapa meter di depan mereka.

Lemparan batu mereka sempat mengenai beberapa prajurit sekolah ane, kami berlarian berniat mengulur mereka.

"Ulur dulu ulur, BR keluarin" Teriak Capung yang sibuk mengomando pelajar ane.

Kami mengeluarkan BR dan bersiap melawan mereka.

"1.. 2.. 3.. STM ***** lagi wara wiri" Teriak Capung sambil meneriakan nama sekolah kami, Dan seperti biasa, Selalu paling depan siapapun lawan kami.

"Woy kelas 1 nya maju, Majuin sono cuman dikit itu, Kapan lagi ketemu sekolahan utara" Teriak Babeh ke anak kelas 1 yang masih berada di belakang.

Para senior saat itu kecuali Capung, berada di belakang karena pada hari itu kami sudah janjian untuk tidak ikut membantu junior kami kecuali kalau udah jebol, Atau ada yang kena bacok.

Ane membakar rokok, Celurit di tas ane siap dikeluarkan kapanpun ketika dibutuhkan.

Jarang-jarang para junior kami ini ikut wara wiri sampai kesini, Biasanya mereka hanya bolak balik Cililitan, Melayu, Manggarai, Pulgad dan Rawamangun.

Sedangkan dulu ane kelas 10 tiap hari jum'at pasti kami selalu dibawa oleh alumni dan senior ke daerah Plumpang, Sunter, Marunda, Cakung cilincing, Bahkan kami pernah tempur dengan salah satu STM di deket Paul (pasar uler) dimana pelajar yang maju paling depan udah pada dibacokin tapi ga ada yang tembus atau berdarah. Mereka semua malah tertawa dan terus maju hingga akhirnya kami jebol jauh.

Dan tidak lupa tiap jebol ada aja tataran yang harus kami hadapi. Kami selalu berusaha supaya bisa menang di tiap pertempuran, Tapi terkadang memang musuh yang kebal itu selalu saja merepotkan walaupun kami memiliki beberapa "robot" di barisan pelajar kami.

Menang jumlah dan menang persiapan BR, Kami berada di atas angin, Para junior kami berhasil memukul mundur musuh.

Musuh yang berlarian mundur pun lengah, Salah satu gembelan mereka yang ikut berlari terjatuh karena tersandung trotoar, Yang langsung saja di selesaikan dengan baik oleh pelajar ane, Darah nya mengucur menyiram aspal jalanan sore itu, Pelajar musuh kami sudah jauh berlarian sementara teman nya, Entah masih bernyawa atau tidak karena sudah tergeletak lemas dipinggir jalan.

Dan saat itu warga pun mulai kecot, Terlebih ada korban yang bersimbah darah, Kursi warung kayu yang panjang, batu, balok, Semua mereka lemparkan ke kami, mengusir kami dengan segala macam kata-kata kasar.

Entah apa yang mereka pikirkan, Tapi hari itu junior ane berhasil membuat lari pelajar-pelajar Dosq One Kemayoran, Yang namanya ditakuti di daerah Utara, Mungkin mereka besok bakalan ngebalikin ke sekolah kami, Tinggal kami tunggu aja besok, Siapatau lebih meriah dari sambutan 'Selamat datang di Utara' dari mereka yang baru sebentar aja udah jebol duluan.

"Kompak tuh anak kelas 10 ama 11 nya, Keren keren" Kata Rajak.

"Harus dikerasin dulu emang" Kata Ridho.

"Ah tapi dikerasin juga belum tentu bakalan kompak, Harus pada sering-sering nongkrong bareng sih, Diajarin kebersaman" Kata Capung yang mendengar obrolan itu.

"Yaelah yang dapet koleksian baru buat di dompet nya diem-diem aje" Kata Ridho ngecengin ane.

"Bersihin dulu darah nya min, Jember ntar" Kata Capung ke ane.

"Yaelah pung kayak gue baru punya sebiji aja." Kata ane dengan santai.

'Koleksi' an baru mungkin reader sini udah pada tau, Gausah ane perjelas lagi.

Skip...

Kami sampai di Priok tanpa kurang satu prajurit pun, Entah kemana 11 Ancol, Whalank, dan Wiyata hari itu, Kami tidak bertemu dengan mereka disepanjang jalan.

Capung pergi bersama beberapa anak Priok naik motor, Meninggalkan kami di tanah kosong itu, Kami nongkrong disitu sambil menuang sisa-sisa minuman yang ada.

Tak berapa lama kemudian Capung datang, Membawa beberapa botol air mineral 1 liter yang warna nya tidak terlihat seperti air mineral, dan beberapa bungkus nasi yang kami makan ramai-ramai.

Sebungkus nasi yang dimakan oleh 3-5 orang, Sebuah penjabaran singkat dari "Makan gak makan, Yang penting ngumpul" Dan "Kebersamaan adalah segalanya"

"Jamu an nya enak nih priok" Celetuk Ridho sambil memakan nasi disebelah ane.

"Warteg gaco an gua itu bang Ridho" Kata salah satu junior ane anak Priok.

"Iyelah warteg itu doang yang buka pas bulan puasa, Lu kalo buka diem-diem kan disono!" Kata Capung sambil tertawa.

Capung di usia nya yang masih kelas 3 STM di daerah nya udah seperti abang-abang an disini.

Junior ane cerita kalo disini gabakal ada yang ngeributin mau sampe jam berapa juga, Padahal mayoritas warga sini itu anak 11 Ancol dan banyak juga anak Baharione nya, Karena mereka hormat ke Capung jadi gabakalan di kecotin walaupun mereka tau ane dan teman-teman ane anak ******

Beberapa kali ada anak celana abu-abu dengan setelan khas anak STM yang celana nya pensil lewat pun mereka negor Capung.

"Ah, 11 ancol mah udah pada gerah min sama anak-anak, Ketemu dijalur juga cuman diteriakin doang, Pas gue kelas 10 kan pernah dimasukin sampe ke gang gang nya waktu itu, Padahal banyakan dia rakyat nya." Kata Capung.

Yaiyalah, Jaman ane kelas 10, Senior nya emang sinting semua, Sama BR gada ngeri-ngeri nya, Bahkan dulu ada cerita burung yang tersebar kalo senior ane dulu punya 'pegangan' jadi tiap ribut ya pada langsung ngacak-ngacak ke dalem barisan musuh kayak Capung modelan nya kalo lagi kesel terus buka Ulti.

Iyasih, Gak aneh juga kalo begitu gosip nya, Sekolahan timur yang massa nya paling banyak dari sekitaran Jaktim, Bisa sampe jalanin ke daerah Utara pelosok tiap minggu itu emang sebuah Achievement tersendiri bagi STM kami.

(Bahkan dulu ada basis kereta nya loh! Ga kalah sama Bhazack yang dulu punya basis Bekasi Timur P9BT padahal sekolahan nya di UKI, Tapi sayangnya Basis kereta itu putus di angkatan ane, Dan ga ada penerusnya, Padahal asik naek di atap kereta jaman dulu)


Minuman yang ada pun dituang, Gelas berisi alkohol itu diputar, Kami lewati sore itu dengan tertawa, bercanda, mengobrol ini itu...

Kuyakin, Kau pasti sama dengan diriku, Pernah berharap agar waktu ini tak berlalu...

Tak terasa gelap pun datang, Jam menunjukan pukul 8 malam, Kami pun berpamitan dengan tuan rumah, Jalur yang akan kami lewati sudah dipastikan aman, Karena sudah jam segini yang berkeliaran bukan anak STM lagi, Tapi lebih banyak Bajing Loncat.

Kami membubarkan diri dan pulang bersama basis masing-masing, Yang basis nya searah tetep pulang bareng.

Diperjalanan pulang pun kami selamat tidak ada halangan apa-apa.

Skip...

Sampailah ane dirumah.

"Dari mana bang pulang nya kok malem banget?" Tanya nyokap ane ke ane.

"Temen ada yang ulang tahun ma, tadi abang nongkrong dulu dirumah nya sama temen-temen" Kata ane.

"Tapi kok malem banget pulang nya" Kata nyokap.

"Namanya juga udah mau lulus ma, Lagi pada nikmatin waktu bareng-bareng" Kata ane.

"Oh yaudah, mandi sana, terus makan, mama udah masak" Kata nyokap.

"Iya ma, tapi abang ga makan, soalnya mau ke rumah Anggun" Kata ane lalu mengambil handuk.

Skip...

"Mau kemana min? Udah malem banget tau" Kata Anggun pas ane baru sampe dirumah nya.

"Baru jam 10 nggun" Kata ane.

"Kamu sih kelamaan di tempat nya Capung" Kata Anggun.

"Yaa masa aku pulang duluan kan gaenak dah" Kata ane.

"Yaudah di teras aja aku bikinin kopi ya" Kata Anggun.

Dan jadilah kami berduaan di teras rumah nya, Berbincang sambil menatap bulan, Yang entah kenapa malam itu sedang indah-indah nya. Apa itu karena ada kamu disebelahku?

Ah, Entahlah...

Yang kutau, Malam itu dan seterusnya, aku sudah jatuh cinta padamu, Dan mungkin terlalu dalam jatuh nya...



Ane tutup dengan quote
Quote:Ketika tawuran, Selain melindungi diri sendiri, Anda harus melindungi teman anda, Jangan pernah tinggalkan teman anda di medan perang, Dia juga punya keluarga dan masa depan, Sama seperti anda.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 10 lainnya memberi reputasi
11
09-06-2019 17:27
yuhuuu update, thr ane mana bang min
0
09-06-2019 17:40
Makasih update annya bang min
minal aidin wal faidzin..mohon maaf lahir dan bathin
0
09-06-2019 19:59
Quote:Original Posted By seterahgue
Gausah kepo berlebihan bang, cukup tau ceritanya aja buat di jadiin pelajaran, salam dari stm cirebon


STM apa ang? IPDN dudu? emoticon-Takut
0
09-06-2019 20:43
Quote:Original Posted By gilvegeance
min. gw perkirakan rumah lo di daerah cb ya? soalnya pas ribut sama siapa gitu lo jelasin kalo jebol masuk ke kampungan situ dan lo bilang sonoannya lagi polsek jatner

Iyak emang di Otista
Quote:Original Posted By aokijireborn
gan....ane abis nonton YT nya si rahmet ( njiir kepo bgt ama tawuran nya stm)
nah narasumber nya ntu si arazhi smith
agan stm kepoo tau soal doi ga ?
penasaran ane gan

Gatau gan, bukan jaman ane.
Quote:Original Posted By bajingan.waktu
Mantep min, maen ke kanal Rahmet

Ga dulu gan
Quote:Original Posted By shabinaaaaa
bang min

Apa?
Quote:Original Posted By bocahtengil088
Updtade Napa bang

Done ya
Quote:Original Posted By sempakloreng
min kapan dapat panggilan dari si rahmet min , penasaran gua ama muka lu dan si capung minemoticon-Ngakak

Panggilan dari pas baru mulai Nostalgila juga dia udah ngajak kok, Gue kenal lama sama Rahmet dari pas dia msh di SUCI
Quote:Original Posted By wahyudi.a.r
Dendam lama dengan PKI emoticon-Ngakak

Poncol Kapal Israel a.k.a Aliansi jebol mulu
Quote:Original Posted By komarpenjahat00
Halo Bang Min!!!
Walaupun saya bukan Anak STM tapi saya sangat senang membaca cerita Bang Min, mungkin karna lingkungan saya bertemankan dengan berbau STM jadi ya hapal betul ya mirip2 lah cerita tmn2 saya kaya Bang Min cuma ga seSerem STM di Jakarta sanaemoticon-Big Grin
Saya baru nemu trit ini pas malam takbiran kemarin dan baru kelar baca semua tadi sore hehe ngebut
Cepat diupdate ya Bang Min. Semoga Bang Min sehat terus dan diberikan rezeki berlimpah
Maaf kalo kepanjangan maklum ngedadak buat akun kaskus karna pngn komen di trit ini jd blm paham maen kaskus hehe
emoticon-thumbsup emoticon-Mewek

Wah kirain guru ane dulu pas jaman sekolah, namanya sama
Quote:Original Posted By vandernoob
yuhuuu update, thr ane mana bang min

Ini update an anggep aja thr gan hehe
Quote:Original Posted By aokijireborn
Makasih update annya bang min
minal aidin wal faidzin..mohon maaf lahir dan bathin

Minal aidzini too gan emoticon-Blue Guy Smile (S)
0
09-06-2019 22:11
Teruss kapan min siap hadir di konten? Nostalgila #StopTawuran
0
10-06-2019 12:45
Quote:Original Posted By sempakloreng
Teruss kapan min siap hadir di konten? Nostalgila #StopTawuran


Jangan deh,biarin si min dan anggun dkk tetap jadi sebuah rahasia mereka saja,biar pembaca tetap bersemangat buat membaca kelanjutan kisahnya.
0
10-06-2019 15:29
Quote:Original Posted By dikagp17


Jangan deh,biarin si min dan anggun dkk tetap jadi sebuah rahasia mereka saja,biar pembaca tetap bersemangat buat membaca kelanjutan kisahnya.


Mantap gan ini dia nih, Yang lain nyuruh dateng kesana padahal kan ane juga gamau buka luka-luka lama, Dan buat orang yang pernah ngoleksi kuping di dompet pasti ente gabakalan mau disuruh nongolin diriemoticon-Peace

*Untuk menghindari hal yang sama-sama tidak diinginkan, Kan ga lucu kalo pulang dari yt nya Rahmet dirumah ditungguin silop, Hahaha
0
10-06-2019 21:10
kalo ptw ente kenal ga min?kalo kenal emang sebringas yg Dicritain?
0
10-06-2019 23:22
Quote:Original Posted By satria637
kalo ptw ente kenal ga min?kalo kenal emang sebringas yg Dicritain?


Gak kenal, Tapi tau cuman sekedar denger ceritanya. Dulu jaman ane ceritanya biasa aja, Gatau kalo jaman sekarang ceritanya udah berubah apa belom. Yang kenal personal sama orang nya si Capung, Pernah main ke daerah nya alm. Dedi (ptw) karna punya temen yang pindah kesitu. Ceritanya yaa cuman gitu-gitu doang, Biasa aja ga wow wow banget sih menurut ane.
0
10-06-2019 23:37
bang min. pintu rel jatin udeh ditutup. btw ente dimana min nongkrongnya burjo blkg sekolaan apa samping tol.
0
11-06-2019 04:49
Ane kenal tuh bang min sama gurunya walaupun ane ga pernah diajar sama dia ...
Quote:Original Posted By stmkepooo

Iyak emang di Otista

Gatau gan, bukan jaman ane.

Ga dulu gan

Apa?

Done ya

Panggilan dari pas baru mulai Nostalgila juga dia udah ngajak kok, Gue kenal lama sama Rahmet dari pas dia msh di SUCI

Poncol Kapal Israel a.k.a Aliansi jebol mulu

Wah kirain guru ane dulu pas jaman sekolah, namanya sama

Ini update an anggep aja thr gan hehe

Minal aidzini too gan emoticon-Blue Guy Smile (S)


Diubah oleh Arbii123
profile-picture
stmkepooo memberi reputasi
1
12-06-2019 01:56
Quote:Original Posted By revila
bang min. pintu rel jatin udeh ditutup. btw ente dimana min nongkrongnya burjo blkg sekolaan apa samping tol.


Rahasia.

Iya emang udah ditutup yg di pasar enjo, macet mulu gan, sama yg di palang depan LP juga

0
12-06-2019 02:09
akhirnya update bang min
0
12-06-2019 12:52
Quote:Original Posted By stmkepooo
Gak kenal, Tapi tau cuman sekedar denger ceritanya. Dulu jaman ane ceritanya biasa aja, Gatau kalo jaman sekarang ceritanya udah berubah apa belom. Yang kenal personal sama orang nya si Capung, Pernah main ke daerah nya alm. Dedi (ptw) karna punya temen yang pindah kesitu. Ceritanya yaa cuman gitu-gitu doang, Biasa aja ga wow wow banget sih menurut ane.


Sebelas dua belas ama si capung brarti ya min?
0
12-06-2019 13:36
Nyimak
Sambil ngupi...
0
12-06-2019 14:14
Quote:Original Posted By stmkepooo
Gak kenal, Tapi tau cuman sekedar denger ceritanya. Dulu jaman ane ceritanya biasa aja, Gatau kalo jaman sekarang ceritanya udah berubah apa belom. Yang kenal personal sama orang nya si Capung, Pernah main ke daerah nya alm. Dedi (ptw) karna punya temen yang pindah kesitu. Ceritanya yaa cuman gitu-gitu doang, Biasa aja ga wow wow banget sih menurut ane.


Bang min,, kalo ptw lu kenal personal gak tuh
0
12-06-2019 15:54
bang lu ama darah kagak mual ?
kan bau amis" gitu
terus lu kalo tidur emang msh bisa nyenyak ? tuh kuping" apa ga kebayang" di mimpi lu

0
Halaman 141 dari 148
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
kuntilanak-itu-istriku
Stories from the Heart
a-road-to-be-me
Stories from the Heart
ustad-in-love
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.