samuelmariobrosAvatar border
TS
samuelmariobros
Bijak Gunakan THR? Bisa.

Menjelang Hari Raya, turunnya THR (Tunjangan Hari Raya) merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian banyak orang. Tak luput dari kebutuhan untuk momen Lebaran, ternyata THR dapat dimanfaatkan oleh agan sista dengan cara yang tepat dan lebih matang. THR dapat digunakan dengan bijak? Tentu bisa. Agan-sista dapat menyimak poin-poin sebagai berikut.
 
1.      Hitung dan Atur Ulang Pengeluaran
Jauh sebelum THR turun, alangkah baiknya jika agan-sista mengatur ulang catatan pengeluaran. Agan-sista bisa membuat list apa saja yang harus dibeli terhitung dari pakaian, uang untuk mudik, hingga makan besar dirumah. Lalu ketika list yang dibuat sudah jelas, maka agan-sista bisa memastikan ulang apakah penggunaan THR sudah sesuai dengan rencana atau belum.


2.      Improvisasi Anggaran
Jika agan-sista merasa meskipun sudah membuat planning terkait kebutuhan untuk Lebaran namun dirasa masih belum mencukupi, agan sista dapat melakukan improvisasi dari rencana yang sudah dibuat. Misalnya dari list yang ada, ternyata agan sista tidak terlalu memerlukan baju baru, agan sista tentu dapat mengalokasikan dana THR tersebut untuk keperluan yang lain. Petimbangkan ulang list tingkat kebutuhan dari list yang agan sista sudah rencanakan
 
3.      Menabung atau Investasi
Tentu alangkah baiknya jika agan sista dapat menyimpang sedikitnya 10% sebagai tabungan, atau dana tersebut bisa juga agan sista gunakan sebagai investasi. Hal ini selain untuk membuat agan sista lebih bijak dalam memanfaatkan uang THR, tentunya dapat menjadi investasi jangka panjang untuk agan sista kedepannya.
 
4.      Atur Budget untuk Amplop
Tentunya lebaran tidaklah lengkap jika kita tidak membagikan amplop dengan adik-adik maupun sanak saudara yang masih kecil. Namun agan sista tentu dapat mengatur budget untuk mebagikan THR lho. Agan sista dapat menyesuaikan isi amplop sesuai dengan tingkatan pendidikan adik-adik. Misal untuk bayi-TK diberikan Rp10.000-Rp15.000, untuk SD diberikan Rp. 15.000-Rp 20.000, SMP diberikan Rp25.000-Rp30.000, SMA diberi Rp35.000-Rp.50.000, dan Kuliah Rp.50.000-Rp 100.000. Tentu semakin besar akan semakin banyak kebutuhan. Sesuaikan THR yang agan sista bagikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kriteria. Tentu hal tersebut membantu agan sista dalam mengatur budget pengeluaran.


Diubah oleh samuelmariobros 01-06-2019 15:59
0
498
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.