aizcasterAvatar border
TS
aizcaster
Diskusi Idul Fitri, Makin Tua, Makin Berubah


Lebaran, atau juga sering disebut idul fitri, merupakan salah satu titik dimana umat muslim mengakhirkan puasa wajib ramdhan mereka selama satu bulan lama nya. Tentunya hal ini menjadi salah satu hal yang banyak dinantikan atau juga diidamkan para ummat muslim saat ini. Terutama di Indoensia.

Mudik, silaturahmi, ketemu orang tua yang sudah lama tak bertemu, menjadi hal epic atau hal menyenangkan dan juga mendebarkan bagi anak rantau. Tentunya juga moment saling bermaaf maafan, dan silaturahmi bersama sanak saudara mantan pacar ataupun gebetan, jadi momen seru buat sebgaian orang.

Mall mulai padat, jalanan mulai macet, apalagi pas takbiran, petasan saut sautan, ibu udah masak ketupat sama opor ayam. Ah, rasanya gak sabar nunggu besok. Tentunya banyak yang sedih juga ketika Ramadhan akan pamit atau berakhir. Karena kita sebagai ummat beragama, tentunya tidak akan tahu, apakah tahun depan masih diberikan umur bertemu bulan yang mulia ini?

Makin dewasa, makin gak ada niatan atau keinginan buat beli baju lebaran, sepatu baru, celana baru, atau bahkan mempersiapkan mau beli apa selepas dapet THR atau persenan dari om, tante, ibu, bapak, abang, atau bahkan tetangga dan kakak.

Dulu sih, abis dapet THR, biasanya beli tamiya, atau gak pestol² an gitu. Sekarang, udah punya ponakan tiga, jadi gak kepikiran. Justru, malah mikirin buat ngasih mereka THR dihari raya esok.

Mudik? Ibu bapak dari dulu ga ada tradisi mudik, ntah kenapa. Dari zaman masih ada kakek nenek dikampung, sampe mereka sudah wafat dan ane sekeluarga jarang pulkam. Kecuali ada keperluan tertentu.

Minta Maaf lewat Broadcast

Ane lulus SMK tahun 2015. Dan selepasnya ane sibuk cari kerja, dan mempersiapkan diri buat cari kampus biar bisa kuliah. Yaps, nambah temen, dan nambah kolega baru pastinya. Ane sih tidak menyalahkan siapapun mereka yang berkirim broadcast minta maaf lewat whatsapp group, atau bahkan lewat chat. Tapi setidaknya, minta maaf nya jangan copas dong, atau jangan ketawan di forward hehe.

Ah, rasanya kata kata idul fitri juga tidak begitu diharapkan. Yang penting sih, sehat, bisa kumpul, minta maaf secara langsung atas kesalahan yang di miliki, sehingga ya tercipta sebuah hubungan silaturahmi yang kuat antara ummat manusia yang beragama ini.


Malas keluar jalan-jalan

Dulu sih beberapa tahun lalu ya sering, jalan jalan pas malam takbiran. Buat sekedar cari celana, baju, jaket, atau sepatu nganggur *eh.

Tapi, makin sering liat jalanan macet, ntah kenapa hasrat pengen jalan jalan pun berkurang. Sekalipun ada CALON yang emang bisa aja diajak jalan jalan nikmati malam. Tapi, entah kenapa lebih suka duduk didepan teras, bareng ibu, ngopi, ngobrol haha hihi. Ah, anak rantau pun pasti merindukan hal ini.

Maaf ya, ane bukan anak rantau. Pernah sih ngerantau, tapi cuma sebatas ciledug cempaka putih dan pulang sebulan sekali hehe, proud of you, anak rantau!


Lebih banyak Merenung

Jujur, kalau ini si ane pribadi aja ya hehe.

Di Ramadhan tahun ini (2019) ane udh gak lagi kerja sebagai karyawan tetap yang dikantor kantor gituuu ..

Tahun ini cuma kerja sebagai pengurus web pribadi, yang tiap hari mungkin dihabiskan dirumah aja. Didepan laptop, nulis, baca baca artikel, atau bahkan sedikit mengubah susunan html yang error.

Akhirnya, malem takbiran ini, ane cuma bisa duduk di lantai bawah atau underground rumah yang jadi gudang, dengerin takbiran, ngerokok, ngopi, sambil nulis trit ini di hp.

Yah, mikir juga si, rasanya sedih ditinggal ramadhan tahun ini. Semoga tahun depan masih diberikan umur sama yang maha kuasa. Aamiiiinnnn ...



Lantas, apa aja yang udah agan agan rasakan? Diskusikan dibawah yak
kakekane.cell
Doenanz
kaycaem
kaycaem dan 12 lainnya memberi reputasi
13
9.1K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.