azis.sattarAvatar border
TS
azis.sattar
Kapolri Sebut Tim Investigasi Sudah Petakan Alur Rusuh 22 Mei
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian mengungkap sejumlah progres kerja Tim Investigasi kerusuhan yang terjadi pada Aksi 21-22 Mei. Tito mengklaim saat ini tim sudah bekerja sampai pada tahap mempelajari kronologi peristiwa.

Dari hasil kajian itu, kata Tito, tim investigasi telah dapat membedakan peristiwa aksi damai dengan aksi rusuh.

"Investigasi ini sudah pada proses mempelajari kronologi peristiwa. Kita sudah bisa membedakan antara aksi damai dalam bentuk ibadah, buka puasa sambil terawih 21 (Mei) dan adanya aksi yang memang sengaja anarkistis rusuh menyerang petugas," ujarnya usai salat Id di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (5/6).


Tito mengatakan peristiwa yang mengakibatkan korban tewas terjadi pada segmen kedua di kerusuhan tersebut.

"Peristiwa yang ada korban meninggal itu adalah peristiwa pada segmen kedua bukan segmen pertama. Jadi kalau ada menyampaikan orang sedang apa itu berbuka puasa atau tarawih diserang, (titu) tidak benar," tuturnya.

Tito menjelaskan, pada saat segmen awal 22 Mei, massa melakukan aksi damai. Kelompok itu telah membubarkan diri bersama-sama dengan polisi usai berbuka puasa. Namun tiba-tiba saja datang sekelompok penyerang.

Sementara itu pada tanggal 21 Mei, diketahui juga ada perbedaan para pelaku yang melakukan aksi damai dengan rusuh.

"Jadi kalau yang malam 21 itu adalah antara aksi damai dengan penyerang berbeda, berbeda waktu dan berbeda tempatnya, yang ini dia masuk di dalam kumpulan itu tapi di dalam kasus yang kedua ini tidak ada korban," tuturnya.

Hingga kini, kata Tito, pihaknya masih mencari pendana dan dalang kerusuhan tersebut.

"Kita investigasi apakah peristiwa, apa dalang peristiwa penyerangan ini siapa yang menginisiasi dan sepertinya korban mungkin banyak jatuhnya di situ (Petamburan)," ucapnya.

Diketahui, Aksi 21 dan 22 Mei berujung kerusuhan antara massa pendemo dengan aparat. Kerusuhan terjadi di sejumlah titik, mulai dari depan Gedung Bawaslu di Jalan MH Thamrin hingga di Petamburan, Jakarta Barat.

Polisi telah menangkap sebanyak 447 orang yang diduga terlibat dalam peristiwa, diduga sebagai pelaku perusuh.

"(Status) Tersangka, ada 447 orang. Ini masih dibagi layer atau lapisannya, sebagian besar di layer tiga sampai empat yaitu pelaku dan koordinator lapangan," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/6).

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...r-rusuh-22-mei

Berarti tinggal diciduk kan ???
0
2.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.