godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Gejala dan Pencegahan Sariawan di Tenggorokan


Tentunya Gan- Sis semua pernah mengalami sariawan di bagian bibir. Rasanya? Jangan ditanya lagi, perihnya pasti bukan main. Biasanya, kondisi ini akan segera Gan- Sis tangani dengan banyak mengonsumsi air putih, buah-buahan, serta pil-pil vitamin C. Tidak berapa lama, sariawan di bibir pun akan mengecil dan hilang sama sekali. Namun, bagaimana jika sariawan justru muncul di bagian tenggorokan? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa penjelasan ilmiahnya?



Sariawan yang tumbuh di tenggorokan sebenarnya berasal dari luka yang terbentuk di bagian belakang tenggorokan. Saat kemudian membengkak, jaringan yang terluka ini bisa menutup jalan pernapasan. Jika tidak segera diobati, kondisi ini dapat mengancam kesehatan Gan- Sis. Selain itu, luka pada bagian tenggorokan dapat pula memudahkan terjadinya infeksi saluran pernapasan yang ujung-ujungnya juga menyebabkan sariawan pada tenggorokan Gan- Sis. Lebih lanjut, penyakit ini dapat pula disebabkan oleh gangguan pada amandel serta gangguan pernafasan lainnya seperti tonsilitis dan faringitis. Dapat juga disebabkan oleh infeksi HIV, infeksi virus Epstein–Barr, virus herpes simpleks, atau oral thrush yaitu infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida albicans. Hiii, mendengar sebabnya saja sudah mengerikan, bukan? Maka, waspadailah diri dan keluarga Gan- Sis dari terserangnya penyakit ini!

Apa saja sih gejalanya?



Jika mengalami sariawan di tenggorokan, penderita biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti kesusahan untuk menelan, atau tidak bisa menelan sama sekali. Hal ini dikarenakan munculnya rasa sakit yang amat sangat pada tenggorokan sehingga penderita menjadi sulit untuk menelan hal apapun. Gejala lainnya pada penderita termasuk munculnya bau mulut, batuk kering atau berdahak, kesulitan bernafas, sakit tenggorokan dan kesulitan dalam berbicara. Sebagai tambahan, biasanya juga akan terlihat bercak putih di lidah atau selaput lendir dari mulut yang menandakan tumbuhnya sariawan tersebut.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegahnya?



Nah, tanpa harus menunggu untuk terserang penyakit ini dan mengobatinya, Gan- Sis bisa mencegahnya, lho! Bagaimana caranya? Sederhana saja, Gan- Sis hanya perlu menjaga pola makan dan hidup Gan- Sis secara sehat. Hindarilah makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan kurangilah makanan yang pedas atau berminyak. Pastikan juga Gan- Sis mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Jangan merokok dan jangan pernah meremehkan segala jenis penyakit sekecil apapun! Segera konsultasikan pada dokter jika Gan- Sis merasakan hal yang janggal di sekitar tenggorokan.

Jika sampai terkena penyakit ini, bagaimana perawatan yang tepat?



Jika sampai Gan- Sis terinfeksi, penting bagi Gan- Sis untuk segera menanganinya. Pergilah ke dokter guna mencaritahu penyebab sariawan dan mendapatkan obat yang dapat meringankannya. Atau cara lainnya, Gan- Sis dapat menggunakan obat kumur antiseptik dan parasetamol yang dapat membantu penyembuhan, jika Gan- Sis kombinasikan dengan istirahat dan pola makan yang teratur. Selain itu, Gan- Sis juga dapat berkumur dengan air garam, kemudian perbanyak makanan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk dan buah-buahan lainnya. Hindari pula makanan-makanan yang membuat tenggorokan Gan- Sis merasa sakit atau nyeri, terutama makanan-makanan yang pedas, asin, berminyak dan keras seperti kerupuk.

Jadi, sekarang sudah tahu kan tentang sariawan di tenggorokan? Jangan pernah Gan- Sis remehkan penyakit seperti sariawan ini sebagai hal yang biasa, ya! Semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
1.4K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.