• Beranda
  • ...
  • Health
  • Tetanus; Kenali Gejala dan Cara Pengobatannya di Sini!

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Tetanus; Kenali Gejala dan Cara Pengobatannya di Sini!


Mengenal tetanus




Tetanus merupakan gangguan yang menyerang saraf dan ditandai oleh meningkatnya kontraksi otot dalam tubuh. Kontraksi otot tersebut dipertahankan keberadaannya oleh otot itu sendiri, bersifat tiba-tiba, kuat serta tegang. Penyakit ini paling banyak ditemukan pada negara-negara yang tidak mengharuskan pemberian vaksin terkait tetanus.

Berdasarkan statistik yang ada, sejak tahun 2001 hingga 2008 terdapat 231 kasus tetanus di Amerika Serikat, dengan persentase kematian sebanyak 13.2%. Berdasarkan observasi pada umumnya, orang dengan umur di atas 60 tahun memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami tetanus. Sebagai penguat, terdapat data bahwa 1 dari 3 kasus di Amerika Serikat merupakan individu yang berumur di atas 65 tahun. Hal ini terkait dengan rendahnya imunitas yang dimiliki oleh tubuh seorang lansia dalam menghadapi zat beracun dari tetanus.


Penyebab Tetanus




Penyebab utama tetanus adalah infeksi dari bakteri bernama Clostridium tetani, yang dapat hidup tanpa oksigen dan mampu bertahan di lingkungan apapun di dunia. Organisme ini bisa ditemukan pada beberapa kotoran manusia dan hewan, seperti kuda yang seringkali berkontak dengan tanah. Selain itu, organisme ini juga dapat ditemukan pada besi berkarat maupun ujung jarum yang tidak steril.

Spora (sel) pada Clostridium tetani dapat bersembunyi berbulan-bulan hingga tahunan. Akan tetapi, jika hinggap di benda asing hingga bakteri teraktivasi, hal ini membuat bakteri berubah menjadi bentuk vegetatif yang memproduksi zat beracun bernama tetanospasmin.


Faktor risiko




Berikut beberapa faktor yang menyebabkan seseorang berisiko terkena tetanus:

- Belum mendapat vaksinasi tetanus atau vaksinasi yang tidak lengkap.
- Luka dari benda berkarat, kotor maupun serpihan kayu yang memungkinkan bakteri dapat bertumbuh.
- Penggunaan obat-obatan terlarang dengan media jarum suntik.
- Luka yang terkena paparan tanah maupun kotoran hewan
- Tali pusar pada bayi baru lahir yang dipotong dengan benda yang tidak steril


Tanda dan gejala Tetanus




- Kejang, yang merupakan hasil dari kontraksi otot. Kontraksi tersebut biasanya bersifat tiba-tiba, kuat serta tegang. Hal ini biasanya menyebabkan lengkungan ke atas pada tubuh dan berlangsung dalam beberapa menit. Dapat dipicu juga karena sentuhan, kegaduhan, suara nyaring, maupun cahaya.
- Kekakuan otot, terutama mengenai rahang dan leher juga hingga penderita sulit untuk membuka mulut. Kekakuan ini juga dapat menyerang otot pada perut. Kekakuan ini juga menyerang wajah.
- Otot-otot terasa sakit.
- Bagian punggung terasa sakit.
- Kesulitan untuk makan, minum, maupun berkemih
- Pada beberapa kasus dapat terjadi kesulitan napas.
- Jika sudah menyerang hingga dua minggu, penderita dapat mengalami kelainan pada jantung. Keadaan ini seperti: jantung berderar cepat maupun lambat, tekanan darah berubah-ubah hingga menjadi gagal ginjal.


Pencegahan dan Penanganan Tetanus




Di Indonesia, pencegahan tetanus sudah mulai dilakukan sejak dini melalui vaksinasi. Pemberian vaksin DTP (Difteri, Tetanus, Pertusis) dimulai pada anak berumur 2, 4, 6, 18 bulan dan 4 – 6 tahun. Hal ini merupakan program pemberian vaksin yang dianjurkan untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit tersebut. Untuk anak yang berusia lebih dari 7 tahun, tersedia vaksin tetanus serta difteri yang telah satu paket. Vaksinasi ini perlu di ulang setiap 10 tahun sekali agar tubuh mampu mengalahkan bakteri pada tetanus maupun difteri.

Tak hanya pada anak-anak, vaksin anti-tetanus juga diberikan pada ibu hamil guna meminimalisir angka infeksi tetanus pada bayi. Biasanya, pemberian vaksin tersebut dilakukan pada pemeriksaan kehamilan. Selain di periksa darahnya, ibu pada kondisi hamil juga akan ditanyai mengenai pemberian anti-tetanus.

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
2.5K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.