• Beranda
  • ...
  • Health
  • Ini Dia 6 Hal yang Diklaim Sama Nyerinya dengan Melahirkan

akubukanjoniAvatar border
TS
akubukanjoni
Ini Dia 6 Hal yang Diklaim Sama Nyerinya dengan Melahirkan
Ini Dia 6 Hal yang Diklaim Sama Nyerinya dengan Melahirkan

Dari luar, wanita boleh saja terlihat lemah dan rapuh. Namun konon pria sekuat apapun takkan sanggup bertahan dari rasa sakitnya melahirkan, yang lazimnya dialami oleh setiap wanita. Lantas benarkah rasa sakit pada saat melahirkan merupakan yang terburuk?

Seorang ahli psikologi rasa sakit dari Stanford University, Beth Darnall, PhD menerangkan rasa sakit itu sendiri sebenarnya relatif dan bersifat personal. "Proses neurologis yang menghasilkan rasa sakit itu sebenarnya sama saja, apapun gendernya. Hanya saja wanita merasa lebih kesakitan ketika mengalaminya," terang Darnall.
Sedangkan pria merasakan sakit dengan intensitas yang lebih rendah, jadi semisal dua-duanya mencoba rasanya melahirkan, maka tetap saja wanita akan merasakan sakit yang lebih akut ketimbang pria.
Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang dapat dikatakan memiliki 'kesakitan' yang hampir mirip dengan melahirkan, bahkan terkadang melampauinya. Berikut paparannya, seperti dikutip dari Men's Health, Minggu (22/3/2015).
Ini Dia 6 Hal yang Diklaim Sama Nyerinya dengan Melahirkan

1. Batu ginjal

Spoiler for Batu ginjal:

Pada penderita batu ginjal, biasanya akan terasa nyeri yang parah di bagian samping, belakang, serta bawah tulang rusuk. Lantas nyerinya akan menyebar hingga ke perut bawah dan pangkal paha. Saat pipis pun akan terasa sakit.

Darnall menjelaskan sebagian besar pria mungkin takkan sanggup menahan sakitnya melahirkan. "Tapi tidak menutup kemungkinan bila rasa sakit yang ditimbulkan batu ginjal pada seseorang sama besarnya dengan proses melahirkan," katanya.

Kebetulan saudara perempuan Darnall pernah melahirkan, juga mengidap batu ginjal. Ketika ditanya lebih sakit mana, tanpa ragu-ragu sang kerabat menjawab batu ginjal lebih menyakitkan, tapi ia tidak memungkiri jika melahirkan juga sangat buruk.
2. Sakit kepala klaster

Spoiler for Sakit kepala klaster:

Dr Paul Christo, pakar rasa sakit dari Johns Hopkins Hospital mengungkapkan ada beberapa pasiennya yang mengidap sakit kepala klaster dan mereka mengaku sakitnya melebihi luka bakar ataupun melahirkan.

Sakit kepala klaster hampir mirip dengan migrain karena terpusat pada salah satu sisi kepala, terutama di sekitar mata. Biasanya rasa sakitnya akan berlangsung selama tiga jam atau lebih. Dr Christo menambahkan, kondisi ini bisa dialami siapa saja, namun sejauh ini lebih banyak menyerang pria.
3. Trigeminal Neuralgia

Spoiler for Trigeminal Neuralgia:



Ini adalah sebuah gangguan neuropati yang diakibatkan oleh peradangan pada saraf trigeminal yang ada di kepala. Saraf ini membentang dari mata hingga ke rahang. Darnall mengatakan nyeri akibat trigeminal neuralgia sangatlah hebat.

"Dan berbeda dengan nyeri pada saat melahirkan, Anda tak dapat menahannya. Pilihan pengobatannya pun terbatas serta tidak bisa dihilangkan dengan obat semacam epidural," terangnya. Tak heran bila penderita trigeminal neuralgia seringkali terpikir untuk bunuh diri karena tak kuasa menahan rasa sakitnya.
4. Complex Regional Pain Syndrome

Spoiler for Complex Regional Pain Syndrome:

Darnall menjelaskan bahwa sindrom nyeri ini biasanya muncul setelah operasi. Gejala utamanya antara lain rasa nyeri yang tajam dan melemahkan.

"Bahkan karena nyerinya seringkali tak terkontrol, pasien bisa minta dokter untuk mengamputasi bagian tubuh mereka. Dan percaya atau tidak, kadangkala amputasi merupakan solusi terbaik untuk mengatasi sindrom ini," imbuhnya.
5. Luka bakar berat

Spoiler for Luka bakar berat:

Bukan hanya karena luka bakar tingkat tiga, Dr Christo mengatakan luka bakar tingkat berapapun bisa menimbulkan rasa sakit yang menyiksa namun juga berkelanjutan. Dan baginya, sakit karena luka bakar sebanding dengan sakitnya melahirkan.

"Sebab untuk bisa pulih dari luka bakar dibutuhkan beberapa tahapan yang semuanya menyakitkan, yaitu pengambilan jaringan yang rusak, penggantian perban, peregangan kulit, hingga pencangkokan kulit," jelasnya.
6. Pudendal Neuralgia

Spoiler for Pudendal Neuralgia:

Ini sebenarnya nama lain untuk nyeri hebat pada pantat. Penyebabnya seringkali sepele seperti terjatuh. Kebanyakan penderitanya adalah pria. Masalahnya, Darnall mengungkapkan bahwa kondisi ini bisa menyebabkan penis berikut skrotum mereka menjadi mati rasa.

Bahkan sebuah studi yang dipublikasikan Journal of the Canadian Chiropractic Association di tahun 2010 mengatakan, nyeri pada kemaluan pria akibat pudendal neuralgia bersifat terus-menerus dan membahayakan.
Copas
Diubah oleh akubukanjoni 31-05-2019 21:37
sendhaljepit
pollo119
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
14.4K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.