junleon
TS
junleon
Perkembangan Youtube di Indonesia, Lebih Baik atau Makin Buruk?


image by dailysocial.id

Youtube adalah sebuah platfrom pengelola video online yang dibuat pada tahun 2005, dan kini dikelola oleh raksasa internet yakni Google. Di dalam youtube sendiri, kalian bisa melakukan beberapa hal seperti mengunggah video, menonton video, dan juga membagikan video.

Membahas soal youtube, tentu akan banyak hal yang bisa kita bahas. Seperti contoh perkembangan youtube mulai dari dulu hingga sekarang. Di Indonesia, pada masa-masa dimana youtube baru dibuat, mungkin sedikit sekali orang-orang yang mengetahui youtube ini. Tapi seiring berjalannya waktu, youtube mulai banyak dikenal dan hampir setiap orang pasti pernah menonton video di youtube, mulai dari anak kecil sampai lansia.

Tak sampai di situ saja, semenjak orang-orang tahu jika youtube bisa menghasilkan banyak uang, mereka mulai berlomba-lomba membuat video dan diunggah di youtube. Orang-orang yang membuat video di youtube disebut Youtubers, mereka adalah orang-orang yang sudah punya nama besar di platfrom tersebut ini.

Kembali ke topik dari judul thread ini, bagaimanakah gambaran dari perkembangan youtube di Indonesia sekarang ini? Apakah semakin baik ataukah buruk?Tapi sebelum masuk ke review, ane kasih tau dulu kalau review ini bakal ane bahas dalam beberapa hal, jadi yang umum-umum aja, nggak secara keseluruhan.

Mulai dari para pembuat konten video di youtube. Jaman dulu, banyak para pembuat video di youtube yang hanya memiliki niat iseng dalam mengunggah konten mereka. Kebanyakan, mereka hanya menyalurkan hobi mereka ke dalam sebuah video dan diunggah di youtube untuk 'seru-seruan' aja.

Dan untuk masa kini, youtube sudah bukan platfrom berbagi video saja. Semenjak orang-orang mengetahui bahwa youtube dapat menghasilkan uang, banyak dari mereka yang mulai menjajal membuat video di youtube dengan tujuan 'mendapatkan uang'.



image by elegantthemes.com

Seperti fenomena yang terjadi sekarang ini. Banyak video di youtube yang dibuat berdasarkan kuantitas, bukannya kualitas. Maksudnya, kita ambil contoh saja youtube di masa dulu. Para kreator berlomba-lomba untuk membuat konten video yang menarik dan bagus agar disukai para penonton atau viewnya, dan mendapat komentar positif.

Tapi di jaman sekarang, ane rasa beberapa hal itu udah hilang. Banyak kreator video youtube yang sebetulnya bisa dibilang 'bukan youtubers', karena mereka banting stir. Mereka yang bukan lahir dari youtube, tapi sudah punya nama di media lain, pasti berfikir kalau cuma bikin video doang aja dibayar, jadi 'youtubers' kenapa enggak?

Mulai dari situlah, mereka hanya mementingkan kuantitas saja. Seperti contoh, yang mereka pedulikan adalah jumlah view, jumlah subscriber, komentar positif dan negatif urusan belakang, dan entah apa isi kontennya adalah 'terserah'. Ane nggak bilang apa yang orang-orang ini lakukan itu jelek, cuman kurang layak aja.

Hal yang bisa kita jadikan patokan utama dalam membandingkan youtube jaman sekarang dengan tahun sebelum-sebelumnya adalah konten trending yang disajikan. Bisa kalian lihat, beberapa video yang ada dalam daftar trending jaman sekarang banyak memuat video-video yang kurang bermanfaat. Beda sekali dengan isi youtube di jaman dulu, dimana masih banyak para youtubers veteran yang masih eksis membuat video yang memiliki 'kualitas' baik.

Dan tak hanya video-video youtube saja yang mengalami perkembangan, youtube pun juga terus mengembangkan platfrom mereka menjadi lebih baik lagi. Seperti contoh, sekarang youtube sudah mendukung fitur VR atau Video 360°, fitur chat langsung saat streaming, dan juga fitur-fitur lainnya yang makin memanjakan para penikmat youtube.



image by davescomputertips.com

Saat menonton video di youtube, kita juga diberi pilihan kualitas video yang ingin kita tonton. Jadi, kita bisa memilih kualitas video yang kita tonton mulai dari kualitas SD hingga yang HD. Tentu jika kita ingin menonton video dalam kualitas HD, jaringan internet kita harus lancar dan kuota juga banyak.

Nah, oleh karena itu buat yang bingung mau pakai kartu apa buat lancar nge-youtube, ane saranin pakai Smartfren. Kenapa harus Smartfren? Smartfren punya jaringan luas dan stabil yang cocok banget buat yang suka nonton video di youtube, tapi takut Buffering. Klop banget buat dijadiin Teman Pintar dan Teman Cerdas smartphone kalian.

Pakai Smartfren, dijamin sinyal lancar jaya tanpa lelet lagi. Selain itu, Smatfren juga punya pilihan kuota yang beragam dan pastinya soal harga dijamin terjangkau deh. Ane sendiri pakai Smartfren, semua aktifitas jadi lancar. Mulai dari nge-youtube, main sosmed, chattingan, main game, dll.

Jadi gimana? Masih bingung pakai kartu apa yang cocok buat smartphone kalian? Udah jangan bingung lagi, pakai aja Smartfren, bisa dipakai di smartphone mana aja kok.

Diubah oleh junleon 04-04-2022 06:38
jmontefioreanelupainkecebaday
kecebaday dan 6 lainnya memberi reputasi
3
8.7K
141
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.