Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

methadone.500mgAvatar border
TS
methadone.500mg
Menjelang Berakhirnya Dominasi Amerika Serikat di Dunia


[/list]Hegemoni Amerika Serikat di dunia didasarkan pada dominasi di Asia dan Eropa, dan dominasi Negeri Paman Sam ini sepertinya akan segera berakhir. Para pengamat cenderung setuju bahwa, cepat atau lambat, “momen unipolar” akan memberi jalan bagi sistem internasional yang dihuni oleh lebih dari satu negara adidaya. Kemungkinan Rusia merebut Eropa, dan China menguasai Asia, akan mengakhiri dunia unipolar seperti yang kita kenal saat ini.

Abad Amerika kini mulai memudar. Setidaknya, itulah konsensus di antara sebagian besar analis politik internasional. Terlepas dari apakah mereka mengaitkan penurunan Amerika Serikat dengan disfungsi domestik atau dengan kebangkitan China dan negara berkembang lainnya, para pengamat cenderung setuju bahwa, cepat atau lambat, “momen unipolar” akan memberi jalan bagi sistem internasional yang dihuni oleh lebih dari satu negara adidaya.
Meski begitu, tidak jelas bagaimana kita akan tahu kapan dunia unipolar akhirnya lenyap. Apa yang diperlukan bagi kekuatan global lain agar dapat menyamai atau melampaui Amerika Serikat? Apa ambang batas untuk menyatakan unipolaritas sebagai sesuatu dari masa lalu? Sebagian besar upaya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini melibatkan penyesuaian ukuran yang ada dari kekuatan nasional agregat. Dari pandangan ini, memahami penurunan AS adalah pertanyaan untuk memprediksi saat di mana sesama pesaing mungkin melampaui Amerika dalam hal materi agregat (ekonomi dan militer).
Tetapi dunia unipolar bukan hanya fungsi anggaran militer relatif. Hal ini juga ditentukan oleh distribusi kekuatan dan pengaruh secara geografis. Keduanya berjalan beriringan. Militer dan ekonomi memungkinkan Amerika Serikat untuk mempertahankan komitmen besar di luar negeri, tetapi bukan kekuatan material secara abstrak yang mendefinisikan Amerika Serikat sebagai hegemonik. Pengerahan kekuatan militer dan politik Amerika di luar negeri jauh lebih penting daripada apa pun.
Untuk lebih memahami pentingnya dasar-dasar geopolitik momen unipolar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana unipolaritas muncul, yaitu dari puing-puing apa yang telah terjadi sebelumnya, bipolaritas dari era Perang Dingin. Tergantung pada siapa Anda bertanya, Perang Dingin berakhir tahun 1989 (ketika cengkeraman Soviet di Eropa Timur mulai longgar) atau 1991 (ketika Uni Soviet tidak ada sama sekali).
Tetapi apa, dalam istilah yang tepat, yang memicu berakhirnya bipolaritas? Apakah penarikan Soviet dari Eropa Timur, kehancuran utama Uni Soviet, pecahnya Pakta Warsawa, perubahan dalam sikap dan prioritas pemimpin Soviet atau Rusia, atau hal lain?
Menurut ilmuwan politik Harrison Wagner, bipolaritas tidak pernah ditentukan oleh keberadaan dua negara kuat dalam politik dunia, atau ukuran persenjataan nuklir mereka, atau jumlah sekutu yang dapat dibanggakan masing-masing. Sebaliknya, “ciri khas dari distribusi kekuasaan Perang Dingin” adalah bahwa “satu negara, Uni Soviet, menduduki masa damai posisi hampir-dominan di benua Eurasia, posisi yang di masa lalu telah mampu tercapai hanya setelah serangkaian kemenangan militer."

Dengan kata lain, bipolaritas selama Perang Dingin telah menjadi kondisi geopolitik, perjuangan berkelanjutan yang dilakukan oleh blok Barat untuk menjaga agar tidak terjadi dominasi total Soviet terhadap ruang geografis tertentu, terutama di Eropa dan Asia Timur. Era bipolaritas berakhir ketika transformasi domestik di dalam Uni Soviet berarti bahwa Rusia tidak lagi menjadi ancaman bagi keamanan wilayah-wilayah tersebut.
Akhir dari bipolaritas tidak memerlukan kehancuran total Uni Soviet, atau bahkan pengurangan substansial dalam kekuatan material agregat. Yang diperlukan hanyalah konfigurasi ulang kepentingan dan pengaruh sedemikian rupa sehingga kontes geopolitik atas Eurasia digantikan oleh serangkaian interaksi internasional yang berbeda.
Apa arti semua ini bagi unipolaritas, masa lalu, masa kini, dan masa depan?
Pertama, jika bipolaritas era Perang Dingin dicirikan oleh kontes untuk supremasi di Eropa dan Asia Timur, dan jika kontes itu berakhir ketika Uni Soviet berhenti mengancam kontrol wilayah-wilayah itu, artinya unipolaritas juga merupakan set keadaan geopolitik. Yaitu, unipolaritas didefinisikan oleh posisi geostrategis yang menguntungkan yang diwarisi oleh Amerika Serikat pada akhir Perang Dingin: situasi hampir hegemoni di Eropa dan Asia Timur.

Sederhananya, Amerika Serikat saat ini menempati posisi geopolitik yang serupa dengan yang dinikmati oleh Uni Soviet tahun 1945: keunggulan politik dan militer di wilayah paling penting di Eurasia. Di Eropa, aliansi NATO yang dipimpin AS membentang dari Atlantik ke Teluk Finlandia dan Laut Hitam. Di Asia, Amerika menawarkan serangkaian aliansi dan kemitraan informal yang hampir sepenuhnya mengelilingi penantang geopolitik utamanya, China.
Jika bipolaritas didefinisikan oleh kontes yang sedang berlangsung untuk menguasai benua Eurasia, momen unipolar telah ditentukan oleh tidak adanya persaingan geopolitik aktif.
Yang pasti, ini adalah bagaimana dunia unipolar dipandang oleh rival utama Amerika. Bagi para ahli strategi di Rusia, China, Iran, Korea Utara, dan di tempat lain, sistem internasional pasca-Perang Dingin telah ditandai oleh pendudukan permanen AS di wilayah-wilayah yang pada awalnya dikepung selama Perang Dunia II dan Perang Dingin namun belum pernah dievakuasi, terlepas dari adanya pemulihan perdamaian yang seharusnya.
Angkatan Laut AS melakukan kontrol laten atas semua samudra di dunia dan sebagian besar jalur maritim sempit yang penting, termasuk yang jauh dari pantai Amerika sendiri. Para pemimpin di Rusia dan China membara dengan kebencian tentang keutamaan AS di Eropa dan Asia-Pasifik, tentu saja, tetapi mereka tahu bahwa mengusir Amerika dari Eurasia bukanlah tugas yang mudah.

Bagi kebanyakan orang Amerika, pengerahan aset kekuatan Amerika Serikat di Eropa, Asia, dan Timur Tengah sepenuhnya dibenarkan atas nama keamanan internasional serta kepentingan nasional. Tetapi bagi musuh asing, “Pax Americana” adalah distribusi kekuasaan serta pengaruh yang tidak adil dan tidak dapat ditoleransi. Pax Americana adalah konfigurasi geopolitik yang terjadi karena kecelakaan historis dan harus dihapuskan demi sesuatu yang lebih adil dan berkelanjutan.
Melihat unipolaritas sebagai konfigurasi geopolitik membantu menjelaskan kapan dunia unipolar mungkin berakhir. Sama seperti bipolaritas berakhir ketika Uni Soviet menarik pasukannya dari Eropa Timur dan berhenti menjalankan kehadiran militer yang berarti di Asia Timur, demikian juga dunia unipolar akan terjadi kapan pun militer AS tidak lagi dominan di sepanjang dua sisi kritis Eurasia: Semenanjung Eropa dan negara-negara maritim di Asia Timur.

Terdapat dua jalur utama untuk hasil seperti itu, masing-masing dengan sempurna dibayangkan dalam konteks saat ini. Pertama, mungkin saja beberapa pesaing internasional (atau kelompok penantang) mungkin berhasil mengeluarkan Amerika Serikat dari Eropa, Asia, atau keduanya. Hal ini bisa terjadi, misalnya, jika Rusia memprovokasi perang darat di Eropa yang mengungkapkan komitmen AS kepada sekutu-sekutu Eropa Timur sebagai janji kosong yang dikhawatirkan sebagian orang. Atau, China dapat menyerbu sekutu AS di Asia Timur atau berhasil memaksa negara-negara tetangganya untuk meninggalkan arsitektur keamanan regional Amerika.
Kemungkinan lain adalah jika aliansi kekuatan-kekuatan Eurasia membuatnya secara strategis tidak dapat dipertahankan bagi Amerika Serikat untuk mempertahankan kehadiran militer luar negeri yang kredibel.
Akan tetapi, yang paling penting, dunia unipolar hanya akan berakhir ketika Amerika Serikat secara material kehilangan statusnya yang hampir hegemonik di Eropa atau Asia Timur. Tidak akan cukup bagi China atau Rusia untuk mengalahkan Amerika Serikat di atas kertas. Kondisi geopolitik di lapangan juga harus diubah. Tekanan dari para pesaing asing hanyalah salah satu cara yang mungkin terjadi.
Cara lainnya adalah bahwa Amerika Serikat mungkin memilih untuk mundur karena alasannya sendiri. Faktanya, inilah bagaimana Charles Krauthammer meramalkan bahwa dunia unipolar mungkin berakhir: Dengan kekuatan isolasionis di Amerika Serikat mendorong diakhirinya keterlibatan dalam di luar negeri karena kepercayaan yang salah bahwa keamanan internasional tidak lagi bergantung pada dominasi Amerika di luar negeri.

https://www.matamatapolitik.com/anal...yang-unipolar/


Diubah oleh methadone.500mg 03-06-2019 12:19
bpln.boss
sebelahblog
anasabila
anasabila dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.8K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.2KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.