• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tips Mudik Ala Bikers, Check Kendaraan Roda Dua Kalian Sebelum Mudik

o.bestAvatar border
TS
o.best
Tips Mudik Ala Bikers, Check Kendaraan Roda Dua Kalian Sebelum Mudik
Tips Mudik Ala Bikers

Hai guys emoticon-Hai
Gimana udah siap mudiknya? Mudiknya pakai apa nih? mobil, bus, kereta, pesawat apa motor?

Kali ini ane akan berbagi Tips Mudik Ala Bikers, buat kalian yang mudik memakai kendaraan roda 2 atau motor cukup banyak yang memang harus dipersiapkan dibandingkan mudik menggunakan kendaraan pribadi roda 4, mudik menggunakan motor memang adalah pilihan terakhir setelah memperhitungkan biaya/ongkos yang saat ini cukup mahal, bayangkan saja tiket pesawat 21juta utk mudik tahun ini, wow banget kan? emoticon-Wow(untung aja ane ga naik pesawat) emoticon-Ngakak (S)

Maka dari itu motor adalah pilihan terakhir bagi para pemudik yang menginginkan biaya perjalanan yang lebih menekankan ke arah hemat/irit. Nah, buat kalian yang mudik menggunakan kendaraan roda 2/motor jangan sampai yang namanya menyalahi aturan berkendara ya, karena kita tahu bahwa kendaraan roda 2 itu memiliki safety yang cukup tinggi untuk kita patuhi, karena titik keseimbangan pada roda 2 itu sangat berpengaruh pada performa kendaraan dan diri kita loh.

Asalkan kalian tahu di tahun yang lalu atau tepatnya saat mudik lebaran 2018 total terjadi 1.559 laka lantas dimana sekitar 346 orang meninggal. Nah angka ini pun menurun dari tahun sebelumnya.

Nah, untuk menghindari terjadinya laka lantas di mudik tahun 2019 ini, maka ane akan berbagi Tips Mudik Ala Bikers, dimana ane akan memberikan titik-titik safety yang harus dijaga pada performa kendaraan kalian bahkan diri kalian juga loh.

Jangan sampai seperti foto-foto dibawah ini, dimana sangat memiliki safety yang rendah.
Spoiler for mudik tidak untuk dicontoh:


Niatnya mudik irit tapi berbahaya kan? Ingat saja perjalanan mudik itu rata-rata diatas 5 jam keatas dimana kita harus fokus berkendara loh, kalau sesak dan sempit-sempitan seperti gambar diatas bagaimana? Untuk performa ridingnya pasti akan sangat sulit kan?

Nah itu sekedar contoh yang memang patut untuk tidak ditiru emoticon-Takut.

Kembali lagi pada pembahasan Tips Mudik Ala Bikers, bahwa disetiap kendaraan itu memiliki titik safety, dimana part-part pada kendaraan itu sangat berpengaruh terhadap safety kendaraan dan pengendara tersebut loh.
Nah kira-kira apa saja sih yang harus di check titik-titik safety tersebut?

1. Rem
Spoiler for rem:

Disetiap kendaraan komponen terpenting adalah Rem, rem merupakan tingkatan safety tertinggi pada kendaraan loh, adanya rem bisa mengurangi daya laju kendaraan maka dari itu rem merupakan prioritas pertama saat kalian mengendarai kendaraan.

Buat kalian yang ingin mudik maka persiapkanlah rem kendaraan kalian dari mengecheck kondisi kampas rem, oli rem, dan ketebalan cakram. Biasanya kalau yang jarang ganti kampas rem itu sangat jelas terlihat pada piringan cakram yang terbaret-baret karena jarangnya penggantian kampas. Piringan cakram ini juga sangat berpengaruh pada laju kendaraan kalian loh.

Maka dari itu datanglah kebengkel-bengkel terdekat kalian untuk mengecheck kondisi rem serta mengganti kampas rem kendaraan kalian ya.

2. Roda
Spoiler for kondisi ban motor:


Setelah rem, tingkatan safety berikutnya adalah Roda Motor. Roda sendiri memiliki tingkat safety yang cukup tinggi dimana menjaga keseimbangan serta laju kalian dalam berkendara. Untuk menjaga performa roda kalian agar tetap kuat saat dipakai mudik maka perhatikan lah kondisi ban kalian saat mudik ya, jangan sampai ban sudah botak atau halus masih dipakai, itu sangat berbahaya loh.

Kondisi ban yang baik adalah memiliki kembang/alur pada ban yang masih terlihat jelas, kembang pada ban itu mempengaruhi daya laju kalian saat menarik gas atau menekan rem. Ban yang botak akan sangat berbahaya dipakai karena daya cengkram saat direm, ban akan tergelincir sehingga keseimbangan akan berpengaruh dikondisi kering ataupun basah.

Di roda sendiri terdapat banyak komponen yaitu bearing dan Velg, ini juga harus dicheck ya, jangan sampai ada velg yang retak/penyok atau bearing yang sudah hancur sehingga roda terasa geal-geol :goyang.

3. Oli
Spoiler for check oli:


Oli merupakan salah satu media tambahan dalam kendaraan untuk mengurangi daya gesek pada mesin saat proses pembakaran didalam mesin menjadi daya dorong pada kendaraan.

Dampak yang terjadi bilamana oli kalian tidak diganti adalah mudah panasnya mesin, motor kalian akan mogok, rusaknya performa bagian dalam mesin motor. Maka dari itu sebelum mudik jangan lupa ganti oli, biar mudik kalian makin ngacir emoticon-Ngacir.

Itu merupakan bagian-bagian penting yang harus di check saat kalian ingin mudik ya, di luar 3 hal diatas kalian juga harus mengecheck kondisi kelistrikan kendaraan kalian dari lampu-lampu hingga lainnya.

4. Dompet
Spoiler for dompet:

Nah ini yang lebih penting lagi, yaitu dompet sebagai wadah kartu sakti serta duit kalian, tanpa ini kalian tidak bisa menambahkan biaya-biaya lainnya yang akan dibutuhkan nanti saat mudik emoticon-Ngakak

Selanjutnya adalah Tips Aman berkendara saat mudik menggunakan roda 2.

Tidak membawa beban berlebih
Spoiler for beban:


Terkadang membawa barang dari tempat perantauan adalah hal yang terlihatnya wajib ya kan? Bahkan banyak terlihat kendaraan roda dua saat arus mudik membawa beban berlebih? Kalau membawa beban berlebih di depan tubuh kalian atau dibelakang setir, itu akan sangat mengganggu kalian saat ingin membelok loh.


Tapi yang harus kalian tahu adalah kalian itu mudik ke kampung halaman notabennya adalah rumah kalian sendiri. Masa iya harus bawa banyak barang? Alasan bawa baju, lah dirumah juga ada baju kan? Tinggal telepon emak aja, "emak, udin besok mudik tolong cuci baju udin ya dirumah kan udah setahun ga dicuci, itu udin udah transfer duit 10 juta buat beli mesin cucinya". Nah gimana ga senang tuh emak kegirangan udin mudik ngasih duit 10 juta dibandingkan bawa barang-barang, ya kan? emoticon-Ngakak (S)

Yang dibutuhkan orangtua saat lebaran adalah diri kalian sendiri, ga perlu barang ataupun oleh-oleh, cukup uang segepok aja juga udah bikin emak dan babeh bahagia ko. Jaman sekarang kan sudah mudah untuk membeli barang ataupun oleh-oleh dikampung sendiri karena apa yang ada di kota sudah ada dikampung, jadi ga perlu repot bawa-bawa barang banyak.

(Durhaka banget ane ya bilang duit segepok emoticon-Hammer (S).)

Skip, maksud ane adalah kehadiran kalian aja udah bikin senang orang tua dirumah, toh lama tak bertemu setelah merantau jauh membuat rasa kasih sayang orang tua itu terlihat berkali-kali.

Nah maka dari itu buat kalian yang ingin mudik menggunakan kendaraan roda dua, maka perhatikanlah safety kalian, jangan sampai lalay dalam berkendara, performa kendaraan ada pada diri kalian sendiri dalam menjaganya.

Dan jangan lupa beristirahatlah ketika lelah atau maksimal 2 jam sekali untuk mengisi daya tahan tubuh serta mengurangi panasnya mesin pada kendaraan kalian.

Keep Riding, and Safety First

Keselamatan itu ada ditangan kalian sendiri.
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Ingat emak dan babeh dirumah ya.

Spoiler for bonus mudik:

Diubah oleh o.best 31-05-2019 10:56
ajahhawari
danQe
roeynaldo.se
roeynaldo.se dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.4K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.