• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mudik Aman Naik Motor, 5 Hal Berikut Patut Jadi Perhatian

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Mudik Aman Naik Motor, 5 Hal Berikut Patut Jadi Perhatian

     Tiket pesawat mahal, tiket kereta udah habis duluan, naik bis macet, mau nyewa mobil gak buget, yaudah jadilah mudik dengan “si kuda besi” alias motor.

Mungkin itulah beberapa alasan kenapa orang – orang memberanikan diri untuk memilih mudik dengan sepeda motor ketimbang dengan angkutan umum. Gak salah sih, cuman beberapa dari mereka yang mudik dengan motor seringkali tidak begitu memperhatikan keselamatan dalam berkendara. Yang sering kali kita liat adalah barang bawaan mereka sering melebihi ketentuan yang berlaku.

Nah buat Agan dan Sista yang pengen mudik dengan motor, alangkah lebih baiknya 5 hal berikut jadi perhatian kalian sebelum dan selama berkendara.

Standar Keselamatan


Dibandingkan dengan alat transportasi lainnya, motor memang memiliki tingkat safety yang paling rendah. Oleh karena itu setiap pengendara motor harus melengkapi dirinya dengan berbagai alat keselamatan yang pastinya harus memenuhi standar.

Beberapa atribut keselamatan yang harus harus ada ketika mudik dengan motor adalah helm, sarung tangan, jaket, dan sepatu. Alangkah baiknya jika ada pelindung lutur dan siku. Untuk helm, sebelum berangkat kalian harus pastikan helm dalam kondisi oke. Jangan menggunakan helm hanya sebagai syarat untuk gak ditilang polisi. Saran Ane sih mending gunakan helm fullface.

Kondisi Motor


Sebelum berangkat kalian harus pastikan bahwa motor dalam keadaan fit. Gak ada salahnya juga kalian lakukan service dulu sebelum berangkat. Pastikan ban motor masih dalam kondisi oke alias tidak “botak”. Kan gak coll GanSis kalau harus bocor ban dalam perjalanan.

Kelistrikan dan pengereman juga harus jadi perhatian GanSis. Intinya kondisi motor harus dalam keadaan fit dan jangan sampai nyusahin kita dalam perjalanan.

Jangan Bawa Barang Berlebihan


Seperti yang udah Ane sebutin diatas, hal yang satu ini seringkali dilanggar oleh pemudik yang menggunakan motor. Banyak diantara mereka yang bawa barang diluar kapasitas motor. Bahkan ada juga yang menambah kayu atau alat apapun untuk meletakkan barang.

Bukannya ngelarang bawa barang GanSis, tapi untuk kepentingan keselamatan pengendara, hindari bawa barang berlebihan apalagi nyampe mengganggu pengendara lain. Ketentuan membawa barang di motor ini juga aturannya loh GanSis. Kalian bisa cek di PP tentang Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor pasal 10 ayat 4.

Hindari Jalanan Sepi Saat Mudik Sendiri


Jika kalian mudik cuman sendiri, lebih baik hindari jalan yang sepi apalagi saat malam hari. Mengingat kondisi sekarang yang orang rela ngelakuin apa aja buat dapetin yang dia pengen. Bijak kiranya kalian istirahat dulu dari pada harus ngelewatin jalan sepi pada malam hari.

Hati – hati Microsleep


Kalian yang suka berkendara, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat, kemungkinan besar pernah ngalamin hal ini. Kondisi dimana kalian akan tiba – tiba tidur saat berkendara. Ini biasanya terjadi dalam rentang waktu yang cukup singkat, sekitar 1 – 10 detik. Walaupun singkat, potensi terjadinya kecelakaan karena microsleep cukup besar GanSis. Karena pada rentang waktu yang singkat itu, kendaraan akan berada diluar kontrol pengendara.

Nah, buat kalian yang mudik alangkah baiknya hindari kondisi ini. Caranya jangan terlalu memaksakan diri dalam berkendara. Jika sudah lelah atau 4 jam berkendara, lebih baik istirahat dulu, soalnya microsleep akan terjadi pada pengendara yang kondisi tubuhnya lagi tidak fit alias kelelahan.

 

 

 

jagotorpedo
lexanni21
archazel07
archazel07 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
6.2K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.