EldnictAvatar border
TS
Eldnict
Self Love? Seberapa Penting Hal Ini Dan Cara Memulainya


Self love atau mencintai diri sendiri mungkin masih dianggap menjadi bagian dari egoisme bagi sebagian orang. Tapi tak jarang orang-orang menjadikan self love sebagai patokan untuk membina diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Namun sebenarnya seberapa penting self love ini bagi setiap individu? Apa sih manfaat yang dapat dirasakan dari self love? Maka akan saya ulas pada postingan yang satu ini.

Self love sesungguhnya adalah fase dimana kita dapat menerima kondisi diri kita sendiri. Selain menerima, self love berarti dapat menghargai apa yang ada didalam diri maupun diluar diri kita selama ini. Self love tidak berarti menjadikan kita menutup telinga dari komentar orang lain juga. Lebih tepatnya self love dikondisikan untuk menginstropeksi diri sendiri sehingga dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Self love ini penting bagi segala kalangan. Untuk mewujudkan self love juga butuh proses yang panjang. Butuh kesadaran secara nurani untuk mengkondisikan diri dalam fase ini. Banyak orang yang belum benar-benar masuk kefase ini, namun sudah menganggap dirinya berhasil. Ini adalah hal fatal, sebab malah akan menimbulkan egoisme dibandingan kenyamanan bagi diri sendiri.

Walaupun terlihat rumit, ternyata ada berbagai cara sederhana yang dapat dilakukan untuk memulai self love ini. Berikut beberapa langkah membuka diri pada fase self love:


1. Menerima segala kekurangan pada diri sendiri

Hal yang paling penting adalah menerima kekurangan didalam diri sendiri. Ketika anda masih berliput egoisme, maka yang terlintas hanyalah "Saya tidak punya kekurangan. Saya punya semua hal dan saya bisa melakukan apa saja". Maka sebaiknya anda mulai mencoba melepas egoisme itu perlahan-lahan. Setiap manusia sewajarnya memiliki kekurangan. Yang anda butuhkan adalah menemukan kekurangan itu dan menerimanya sebagai bagian dari diri anda.


2. Menemukan segala kelebihan yang anda miliki


Setelah menemukan kekurangan, maka temukanlah kelebihan anda. Jika anda masih memiliki pemikiran "Saya tidak memiliki kelebihan apapun. Saya payah dalam semua hal", maka hentikan mindset itu. Setiap kekurangan selalu dilengkapi dengan kelebihan. Temukan hal itu didalam diri anda, namun jangan biarkan kelebihan tersebut tumbuh menjadi keangkuhan berlandas egoisme.


3. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

"Ah, saya tidak bisa seperti dia."
"Dia hebat dalam segala hal, berbanding terbalik dengan saya."
"Dia payah, dia tidak bisa sejajar dengan saya."
"Saya jauh lebih baik dari pada dia."

Dan ada berbagai pemikiran yang memicu perbandingan itu. Namun segera hentikan kebiasaan itu! Mulailah untuk tidak membandingkan diri anda dengan orang lain. Setiap orang punya prosesnya masing-masing dan tidak dapat disama ratakan begitu saja. Dengan memulai step ini, setiap langkah anda menuju self love akan terasa lebih mudah.


4. Diri anda sangat berharga


Perlakukan dirimu dengan baik. Hal ini dapat dimulai dengan kesadaran anda mengenai pentingnya menjaga kondisi diri sendiri. Menjaga kesehatan anda secara fisik maupun mental adalah langkah self love yang paling dasar. Mulailah secara perlahan, biarkan diri anda merasakan proses ini.


5. Lakukan hal yang kamu kuasai


Harga diri dan self-love seringkali berjalan beriringan. Jadi, berpartisipasi dalam hobi atau sesuatu yang kamu kuasai bukan hanya akan meningkatkan hormon endorfin, tetapi juga akan memunculkan versi terbaik dari dirimu. Jika kamu suka melukis, maka lakukannya. Jika kamu suka traveling, maka ambil backpack-mu dan berpetualanglah. Jika kamu suka menulis, menulislah untuk menginspirasi orang banyak yang membaca tulisanmu.


6. Meningkatkan spiritualitas didalam diri sesuai keyakinan anda


Iman adalah fondasi yang kuat dalam self-love, apa pun keyakinanmu. Percaya pada sesuatu membuka jiwamu pada keindahan keyakinan dan kepercayaan. Hal ini akan membangun intuisi dan membantumu membuat keputusan berdasarkan pada intuisi.

Ketika kamu mengeksplorasi spiritualitasmu, itu juga akan membawamu dalam perjalanan mempelajari hal-hal tentang dirimu, sehingga pikiran, perasaan, gairah, dan emosi baru yang muncul akan membuatmu lebih menghargai diri sendiri karena kamu sadar bahwa kamu adalah pribadi yang otentik.


7. Bangun lingkungan yang berharga


Dengan memiliki lingkungan yang sesuai dengan diri anda, maka anda akan merasa lebih nyaman. Dukungan dari orang sekitar sangat penting dalam perkembangan self love anda. Temukanlah orang yang bisa membuat anda termotivasi dan mampu mendorong anda menjadi lebih baik lagi.

JakeGyllenhaal
kolollolok
tata604
tata604 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5.7K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
InspirasiKASKUS Official
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.