Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

.haiyaaAvatar border
TS
.haiyaa
Konsumen di Asia ramai-ramai jual ponsel Huawei karena khawatir suspensi Google
Konsumen di Asia ramai-ramai jual ponsel Huawei karena khawatir suspensi Google

Konsumen di Asia ramai-ramai jual ponsel Huawei karena khawatir suspensi Google


SINGAPURA/MANILA. Keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) memasukkan produsen raksasa teknologi asal China yakni Huawei dalam daftar hitam mendapat respons dari sejumlah negara.Di sejumlah negara di Asia, para penjual telepon seluler menolak menerima perangkat Huawei untuk tukar tambah.

Hal itu dilakukan karena semakin banyaknya konsumen yang ingin menjual telepon Huawei mereka sebab khawatir Google menangguhkan bisnisnya dengan Huawei.


Mengutip Reuters, Rabu (22/5), sejumlah pelanggan Huawei di Singapura dan Filipina telah bergegas menjual ponsel Huawei mereka. Namun sejumlah penjualan telepon genggam menolak membelinya.

"Jika kita membeli sesuatu yang tidak berguna, bagaimana kita akan menjualnya ?," kata Dylan On, seorang salesman di Wanying Pte Ltd, sebuah toko ritel dan reparasi Singapura.

"Bukan berarti Huawei adalah produk yang buruk. Ini produk yang sangat bagus. Hanya saja tidak ada yang mau membelinya sekarang karena kebijakan AS," katanya, seraya menambahkan bahwa ia ingin menjual stok Huawei yang ada secara online kepada pembeli luar negeri dengan harapan mereka kurang mengetahui kejadian terkini.

Terkait kejadian ini, Huawei tidak menanggapi permintaan komentar.

Perusahaan Huawei mengatakan sedang mengembangkan perangkat lunak ponsel sendiri dan masih dapat menggunakan versi "open source" Android yang tidak memiliki akses ke aplikasi Google.

Huawei juga melanjutkan peluncuran telepon baru di Inggris pada hari Selasa, bahkan ketika jumlah pengguna perangkat yang diperdagangkan meningkat di Asia.

"Sebelumnya, sekitar lima orang sehari ingin menjual ponsel Huawei mereka. Namun karena kebijakan Trump, jumlah penjual ponsel Huawei melonjak menjadi 20 orang dalam dua hari terakhir," kata Zack, seorang salesman di Mobile Square di Singapura yang menolak menyebutkan nama belakangnya.

"Biasanya, Anda akan melihat orang yang ingin menukar ponsel lama mereka karena mereka ingin menggantinya dengan yang baru," tambahnya. "Sekarang Anda melihat orang-orang ingin berdagang dengan yang terbaru."

Carousell, pasar online paling populer di Singapura, mengatakan jumlah penjualan ponsel Huawei lebih dari dua kali lipat pada hari ketika Trump memasukan perusahaan ini dalam daftar hitam.

Smartphone Huawei memiliki 14% pangsa pasar Singapura tahun lalu, menurut perusahaan riset Canalys.

Filipina

Bukan hanya di Singapura, penjual telepon seluler di Filipina juga menjauhi produk Huawei. “Kami tidak lagi menerima telepon Huawei. Ini tidak akan dibeli oleh klien kami lagi, ”Hamida Norhamida, seorang pramuniaga telepon baru dan bekas di pusat perbelanjaan Greenhills Manila mengatakan kepada Reuters.

Ia menambahkan bahwa ia merasa lega telah menjual saham Huawei P30 Pro sebelum pengumuman Google Senin. Penjual ponsel lain di Greenhills mengatakan dia hanya akan membeli ponsel Huawei dengan diskon 50%.

"Menjualnya akan menjadi taruhan," kata pramuniaga itu, yang akan menyebut namanya hanya sebagai Thelma.

Tetapi beberapa melihat ini sebagai kesempatan untuk mendapatkan ponsel berkualitas dengan harga murah."Reaksi langsung saya adalah khawatir bahwa Huawei saya saat ini bisa menjadi tidak berharga," Xin Yi, mahasiswa berusia 24 tahun dari Singapura, mengatakan kepada Reuters.

"Tapi Google mengatakan pengguna Huawei saat ini tidak akan terpengaruh ... setelah itu, aku merasa lega," lanjutnya.

Dia menambahkan bahwa dia sekarang berada di pasar untuk mencari model Huawei baru dengan harga murah.

Sebelumnya pada hari Rabu, perusahaan telekomunikasi Jepang KDDI Corp dan merek ponsel murah SoftBank Corp Ymobile mengatakan mereka akan menunda peluncuran smartphone Huawei P30 Lite yang akan mulai dijual pada hari Jumat.



haiyaaa ciilaaka luuwa weelas waaa

Kek nyeee makin seru,siyaape yg lebih kuat Sp Power ecek2 apeee Sp Power KW1 waaa!!???





reita96
sebelahblog
anasabila
anasabila dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.1K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.4KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.