az.freak
TS
az.freak
Ruang Khusus Wanita di Transportasi Umum, Aman atau Nyaman?
Berawal dari saya mencari tahu bagaimana kondisi sistem transportasi yang ada di India karena sebelumnya saya sempat menulis sedikit tentang Kota Delhidi sini. Saya rasa menarik jika bisa menemukan informasi terkait dengan sistem transportasi di India. Setelah saya telusuri berbagai sumber, saya menemukan satu video yang beredar beberapa tahun yang lalu, yang mana dalam video tersebut memperlihatkan betapa mirisnya kondisi transportasi masal (kereta di India). Memang sebelumnya saya sudah sedikit mengetahui bagaimana gambaran kereta di India, tapi kali ini saya terkejut melihat kondisi kereta khusus wanita di India. Begini videonya:







Spoiler for Ini gambaran kereta disana juga:



Kabarnya setelah kasus pemerkosaan di India terkuak, pihak pemerintah India langsung mengambil langkah tegas untuk mengantisipasi hal yang serupa terjadi dengan memberikan fasilitas ruang khusus wanita atau kereta khusus wanita. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang perempuan. Namun sayangnya hanya ada dua kereta api khusus yang beroperasi setiap harinya (data 2018). Keadaan tersebut membuat tumpukan penumpang semakin tak terkendali seperti pada video di atas.

Faktanya hal tersebut pun bukan hanya terjadi di India saja, tapi beberapa negara pun sudah menerapkan langkah preventif guna mencegah tindakan pelecehan seksual bagi perempuan. Beberapa Negara berikut adalah contoh yang sudah menyediakan Ruang Khusus Wanita pada layanan transportasi umum.


Bogota, Kolombia



Dari hasil survey yang telah dilakukan, Bogota menjadi kota di urutan pertama yang dinobatkan sebagai kota dengan sistem transportasi umum yang sangat tidak layak atau berbahaya bagi peremuan. Berbagai macam kejahatan sangat umum terjadi di kota ini mulai dari pencurian, penjambretan, dan bahkan pelecehan seksual menjadi ancaman serius bagi perempuan yang menggunakan transportasi umum di kota ini terlebih jika malam hari.


New Delhi, India



New Delhi saat ini tercatat sebagai negara yang menduduki peringkat kedua sebagai ibu kota dengan jumlah populasi terbanyak di dunia, yakni sekirat 25 juta jiwa. Kepadatan penduduk juga menjadi faktor penentu terjadinya masalah pada kota ini salah satunya adalah permasalahan transportasi umum. Penumpang yang selalu membludak dan tidak mengerti aturan menjadi masalah utama, terlebih beberapa tahun lalu telah terjadi pemerkosaan di kereta secara beramai-ramai pada seorang gadis berusia 23 tahun.


Jakarta, Indonesia



Saat ini Jakarta memang tengah memperbaiki sarana dan prasarana transportasi umumnya baik itu dari segi pelayanan hingga pendidikan etika dalam menggunakan transportasi umum. Namun sebelum hal ini dilakukan tentunya Jakarta menjadi kota dengan sistem transportasi yang buruk bahkan hingga saat ini masih bisa ditemukan kasus-kasus yang mengakibatkan wanita sebagai korbannya. Pelecehan seksual, jelas banyak sekali kasusnya, baik itu terjadi di angkot seperti bus kota atau transjakarta mau pun di kereta. dan tak jarang kasus lainnya pun marak terjadi seperti pencopetan sampai penodongan secara halus atau pun paksa yang dilakukan oleh para preman di bus kota. Hal inilah yang akhirnya membuat pemerintah memfasilitasi perempuan dengan ruang khusus baik itu di transjakarta mau pun di commuter line.

--------------------------

Dara beberapa fakta yang ada di atas, kita akui bahwa adanya ruang khusus wanita memang diperlukan bagi para kaum hawa guna memberikan keamanan yang lebih. Namun apakah dengan adanya fasilitas tersebut wanita akan merasa aman dan nyaman? Saya rasa tidak.

Sejatinya, solusi dari adanya tindak kejahatan itu adalah bukan bagaimana para wanita seharusnya ditempatkan atau dipindahkan ke ruang khusus, tetapi semua pihak harus memberikan pembelajaran yang dapat menghilangkan perilaku buruk yang bisa merugikan orang lain khususnya wanita.

Kita lihat bahwa jumlah ruang khusus yang ada jelas tidak sepadan dengan jumlah penumpang wanita yang ada, hal ini membuat para wanita harus berdesak-desakan di ruang tersebut. Bagi mereka yang tidak kuat dengan situasi tersebut, maka ia akan merelakan ruang tersebut dan bercampur dengan laki-laki di ruang lain. Itu artinya bagi mereka yang tidak mendapat tempat akan dibayangi oleh tindak kejahatan yang mengintainya suatu saat nanti karena bercampur dengan laki-laki.

Selain itu, adanya ruang khusus wanita seolah men-genaralisir para laki-laki sebagai otak dari kejahatan itu, mungkin banyak yang tidak setuju dengan pernyataan ini, tapi secara tidak langsung, mengapa tidak ada ruang khusus laki-laki?

Pada prakteknya, ketika saya tanya beberapa teman saya yang menggunakan fasilitas umum yang ada ruang khusus, mereka menolak dan tidak memilih untuk masuk ke ruang tersebut sebab menurutnya ada ketidaknyamanan jika berada disana, mungkin karena lebih penuh atau yang lainnya. Hal ini pun diperkuat dengan apa yang sering saya lihat ketika naik transjakarta, ada wanita yang masuk dari pintu belakang dan langsung mengarah ke barisan belakang tempat laki-laki, apa yang dia cari? kenyamanan? keamanan atau belas kasihan tempat duduk dari para laki-laki? Yang jelas hadirnya ruang khusus memang sedikit memberikan keamanan namun tidak memberikan kenyamanan.

--------

Sekian dari ane, semoga transportasi umum di Indonesia akan semakin baik ke depannya.
Baca thread ane yang lain di mari gan


davecchiodanQejmontefiore
jmontefiore dan 3 lainnya memberi reputasi
4
7.9K
94
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
icon
922.1KThread80.5KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.