Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

densoniAvatar border
TS
densoni
Mengukur Patriotisme Purnawirawan Jenderal yang kini terbelah menjadi 2 kubu
         Dalam perhelatanPilpres 2019 menjadi battlefield yang menarik dalam pertarungan para pensiunan Jenderal tni maupun polri . Tampak jelas para purnawirawan TNI-Polri terbagi menjadi 2 kubu  yaitu kubu pro Jokowi-Ma’ruf Amin dan pro Prabowo-Sandi.

      Nah sekarang bagaimana bentuk patriotisme yg seharusnya  ditunjukkan oleh purnawirawan jenderal  jika sudah jelas sekarang  menjadi 2 kubu? Para purnawirawan harus menunjukan bahwa kepentingan bangsa adalah diatas segalanya  dengan ikut menjaga dan persatuan di antara anak bangsa apapun suku, agama, ras maupun golongannya dan tetap waspada dalam ikut menjaga keamanan dan ketertiban.

       
Dalam keikutsertaan berdemokrasi  jangan smpaipengabdian patriotisme para purnawirawan jenderal terbelokkan  oleh ajakan-ajakan kepentingan kekuasaan para elit plitik negeri di luar konstitusi hukum dan perundangan-undangan yang berlaku.

       Dalam ajang pilpres selalu ada kelompok pensiunan jenderal yang ikut blok pemerintah dan oposisi dikarenakan  Eks militertentu saja kaya akan pengetahuan kebangsaan. Hal ini karena pendidikan nasionalisme yang didapat sangat kuat dalam pelatihan seorang tentara yang seharusnya terdapat pada diri seorang negarawan.Selain  itu eks militer dinilai mmpunyai keahlian gerakan massa hingga propaganda

            Seorang jendral sangat berpengaruh terhadap para anak buahnya dan masyarakat pada saat masih aktif. Namun semua itu kembali lagi kepada masyarakat sekarang yang tentu saja lebih cerdas, untuk memilih seorang pemimpin tentu saja kemampuan dan pengalamannya yang mumpuni.

          Jika memang  purnawirawan  jenderal sekarang  ada dan trbukti secara hukum  tidak patuh pada hukum konstitusi uud 1945 dan malah ikut aksi makar itu menurut saya itu sangat disesalkan dan harus ditindak tegas sesuai dengan undang undang yang berlaku . Purnawirawan jenderal seharusnya menjadi contoh bagi masyarakat  untuk menjaga kedaultan dan keutuhan NKRI . Jangan sampai negeri kita mengalami nasib seperti suriah ,yaman, maupun venezuela.

Diubah oleh densoni 26-05-2019 16:18
0
3.1K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.