Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Inovasi-inovasi Kuliner, Bisakah Bertahan Lama?
Di zaman yang serba modern ini banyak hal-hal yang ditemukan, seperti perubahan-perubahan yang cukup signifikan dalam kehidupan manusia dalam berbagai hal seperti teknologi, internet, gaya hidup dan lain sebagainya. Sehingga saat kita bandingkan dengan dulu-dulu jelas kentara perbedaannya dan terkadang ada sesuatu yang hilang di kehidupan masa kini. Tak dapat dipungkiri bahwa di masa kini banyak hal-hal yang berbeda dalam hidup kita sehari-hari.

Credit : bisamasak.com

Seperti dalam hal kuliner banyak-banyak hal menarik, aneh dan juga unik. Bisa dibilang di dunia perkulineran masa kini sudah berubah drastis dan kreatif dalam produk ataupun pemasarannya. Sebagai contoh adalah kuliner baso yang beraneka ragam jenisnya mulai dari baso biasa, baso isi telur, baso beranak hingga baso ukuran jumbo yang bisa ditemukan di mana saja selama itu tersedia dan belum lagi dengan kuliner lainnya tentu banyak sekali inovasi kuliner bila di runut satu persatu.

Inovasi kuliner, sebuah ciri kuliner masa kini. Sesuatu kuliner yang tadinya biasa saja di sulap menjadi kuliner kekinian seperti serabi yang dulu biasa saja kini menjadi banyak variannya mulai dari yang asin dan juga manis. Inovasi kuliner sendiri bukan hanya dari segi produk semata, tapi dalam penamaanya pun unik dan tak jarang terkesan lebay sehingga membuat orang penasaran dan ingin membelinya entah itu karena sekedar ingin mencoba saja atau ingin membelinya berulangkali jika kuliner tersebut enak rasanya.

Inovasi kuliner, bisakah bertahan lama? Melihat dari pengalaman-pengalaman yang telah berlalu rasanya jarang sekali inovasi-inovasi kuliner yang bertahan lama, banyak hal yang menjadi contohnya mulai dari cappucino cincau, tahu bulat hingga yang terakhir es kepal milo. Awalnya memang terkenal lalu viral namun ujungnya malah kehilangan pamor, seperti meniti karir menjadi artis tentunya yang instan-instan tak akan bertahan lama. Justru kuliner-kuliner yang klasik tetap bertahan lama seperti makanan khas daerah tetap bertahan hingga kini seperti masakan padang dan lain sebagainya.

Inovasi kuliner memang menarik banyak orang untuk membeli sebuah produk kuliner, namun jaminan bisa tahan lama di pasaran tak selalu menjanjikan. Bagi para pebisnis kuliner tentu dengan banyaknya fenomena inovasi kuliner yang hits dan viral bisa menjadi peluang tersendiri namun jangan hanya tergiur dengan keuntungannya semata tapi juga jangka panjang kuliner tersebut karena  di masa kini banyak kuliner-kuliner yang viral tapi ujungnya tenggelam begitu saja. Sehingga inovasi kuliner tak selalu menjanjikan jika dilihat dalam jangka panjang dan lebih baik memfokuskan pada kuliner yang lebih familiar di masyarakat dan dibutuhkan banyak orang.

Credit : listyapratiwi.com

Inovasi kuliner memang kebanyakan susah bertahan lama di pasaran sehingga butuh strategi-strategi pemasaran yang tepat dan juga inovasi dalam kuliner tersebut agar bisa tetap survive ditengah banyaknya produk-produk kuliner yang baru membanjiri pasaran kuliner masa kini. Mudah viral dan mudah tenggelam, itulah fenomena inovasi kuliner masa kini. Agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Pembelajaran semasa sekolah dan kuliah
Sumber gambar via google images

0
1.4K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.