Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Ini Dia Pelajaran di Bulan Suci Ramadhan yang Bisa Kamu Ajarkan Ke Anakmu, GanSis!


Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di seluruh dunia GanSis. Bulan yang menjadi ajang untuk orang-orang melakukan kebaikan dan mengumpulkan pahala. Pokoknya bulan penuh berkah lah.

Ga hanya orang dewasa aja yang menanti-nanti bulan Ramadhan, anak-anak juga sangat menantikannya loh. Walaupun belum mengerti sepenuhnya tentang keutamaan bulan ramadhan, tapi mereka juga sangat menantikannya loh.

Nah disini peran orangtua sangat penting GanSis. Salah satunya adalah untuk memperkenalkan lebih jauh makna tentang ramadhan kepada sang anak. Mengajarkan anak bahwa ramadhan bukan hanya tentang puasa aja GanSis, tapi masih banyak pelajaran yang bisa diambil di bulan ramadhan.




Ibadah adalah yang Utama



Di bulan suci ramadhan ini Agan Sista bisa mengajari anak-anakmu untuk senantiasa beribadah, GanSis. Mulai dari berpuasa, shalat wajib, shalat sunah (dhuha dan tarawih), dan juga berzakat. Mungkin saat masih anak-anak sekarang, mereka harud selalu diingatkan terlebih dahulu, tapi lama kelamaan mereka pasti akan sadar GanSis, bahwa idahlah adalah yang utama.



Berbagi dan Saling Memberi



Di bulan penuh berkah ini banyak banget pihak-pihak yang mengadakan penggalangan dana, selain itu ada juga kelompok-kelompok yang mengadakan bagi-bagi sahur dan berbuka secara gratis, hal-hal itu dilakukan untuk orang-orang yang kurang mampu, GanSis. GanSis bisa mengajarkan anak-anakmu dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut GanSis. Misalnya membagikan makanan dan memberikan baju layak pakai yang sudah tidak kita gunakan untuk kalangan kurang mampu di sekitaran rumah kita.



Bersabar dalam Mendapatkan Setiap Keinginan



Saat puasa kita harus selalu bersabar GanSis, sabar nahan laper, haus, hawa nafsu, dan hal-hal lainnya. Bersabar saat puasa juga sekaligus mengajari kita bahwa segala sesuatu yang kita inginkan belum tentu bisa kita dapatkan secara langsung. Ada perjuangan dulu untuk mendapatkan hal-hal tersebut. Seperti halnya saat berpuasa, ada perjuangan menahan lapar dan haus sebelum akhirnya bisa menikmati bukaan yang begitu nikmat.



Mengenal Masjid dan Kegiatannya



Saat bulan ramadhan, kondisi masjid akan lebih ramai daripada biasanya GanSis. Selain masjid yang ramai pada malam hari karena adanya shalat tarawih, masjid juga akan ramai karena adanya kegiatan-kegiatan yang diadakan pada bulan ramadhan,misalnya adanya kajian, pesantren kilat dan kegiatan ibadah lainnya. Nah, Agan Sista bisa mengajak anakmu menghadiri kegiatan-kegiatan di masjid tersebut GanSis. Selain mengajak mengikuti kegiatan di masjid, ini juuga sebagai tahap mengenali sang anak tentang rumah Allah.



Mengenalkan Arti Silaturahmi



Selain hal-hal di atas, bulan ramadhan juga sebagai pengenalan kepada anak bahwa silaturahm itu sangat penting. Tergambar dari berkumpulnya semua keluarg abesar saat hari raya idul fitri. Tapi bukan berarti bersilaturahmi hanya dilakukan saat idul fitri aja ya GanSis.




Itu dia pelajaran amal saleh yang bisa diajarkan pada anak di bulan Ramadan ini, mumpung ada banyak momen yang bisa menjadi media pelajaran.



SUMBER
pinknam00
tata604
tata604 dan pinknam00 memberi reputasi
2
997
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & ParentingKASKUS Official
4.1KThread4.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.