YumnaAzaleaAvatar border
TS
YumnaAzalea
CuRam (Curhat Ramadhan): Akhir dari Hiatus

Ramadhan Kareem, bulan tobat!

Yeey, Ramadhan!

Ketemu lagi sama Ramadhan, ya, Gansis? Bahagia nggak, sih? Bahagia dong pastinya ... yang jawab nggak bahagia, sini aku bahagiain. Uhuk!
Ciee, ketauan, yang jomlo langsung pada merapat. Plak!
Pokoknya bersyukur, dan jan lupa, say hamdalah! Alhamdulillah ....

Kenapa, sih, musti bersyukur ketemu Ramadhan? Bedanya apa sama bulan-bulan lain? Kolak dipajang di pinggir jalan? Iklan sirup mar*an bersliweran? Ngabuburit? Nyari bukber gratis di masjid-masjid pas kantong limit? (Ehem, kalo ini pengalaman ts waktu jadi anak kost) Ato bukber sama temen tk, sd, smp, sma, kuliah, juga komunitas? Halah, bukber sana sini tapi kok tetep jones aja? Malu dong ama sedotan dan es teh plastikan yang selalu saling melengkapi (Eh, apa ini? Abaikan!).

Jauh hari sebelum bulan ini tiba udah kebayang kemeriahannya, kan? Itulah istimewanya.

Selain itu, bulan ini bulan penuh berkah, bulan mulia. Bulan di mana pintu-pintu surga dibuka, dan pintu neraka ditutup. Bulan di mana amal perbuatan akan dilipatgandakan pahalanya. Rugi banget kan, kalo terlewat begitu aja? (Udah kek ustadzah belum?)
Karena alasan itu juga, Gansis, awal Ramadhan kemarin aku memutuskan untuk hiatus dari dunia kepenulisan (lagaknya, udah kek senior aja, padahal newbie banget. Jitak kepala!) Maksudnya biar bisa fokus ibadah, gitu. Sementara ninggalin dulu dunia tulis menulis untuk kepentingan akhirat adalah pilihan terbaik. Maklum, penulis pemula kek aku tu butuh waktu banyak buat nyari ide. Begitu ketemu ide, eksekusinya juga nggak sebentar! Fiuuhh .... makan waktu bangetlah.

Selain itu, beberapa waktu lalu juga sempet berada di titik terendah iman aku. Ibadah males-malesan, apalagi baca Qur'an. Beuh, nggak sehuruf pun bisa keluar dari mulut aku. Ngeri banget, deh pokoknya. Jadi, aku rasa, ini waktu yang pas buat tobat! Berhenti nulis untuk beberapa waktu keknya nggak masalah.

Pas masuk hari pertama Ramadhan, data internet aku nonaktifin. Tiap buka gawai yang ada cuma aplikasi Qur'an, Gansis. Serius. Ngaji, ngaji, ngaji! Pokoknya bulan Ramadhan ini aku harus khatam Qur'an minimal 3 kali! Itu tekad aku.

Hari pertama, kedua, ketiga sukses. Jarang online, banyakin ngaji. Buka wa kalo ada yang penting aja. Nyetatus? Nggak sempet. Fb juga buka cuma bentar, nge-like satu-dua status yang keliatan terus tutup lagi. Menulis? Sesekali kepikiran sesuatu untuk ditulis, tapi harus bisa menahan diri. Abaikan!

Masuk hari keempat, muncul godaan yang berat. Sudah mulai masuk kerja. Lingkungan plural, nggak nyaman kalo disambi ngaji. Apalagi pas istirahat. Nglangut, Gansis!
Eh, nglangut apaan? Ada yang tau nggak?

Nglangut is suatu keadaan di mana saat duduk mulut mecucu, melengkung ke bawah. Mata merem melek, bingung mau merem apa melek. Mau merem nggak ngantuk, mau melek nggak ada yang enak dilihat. Tangan ke kanan ke kiri, ke atas ke bawah (kek mo senam aja!) nopang dagu, kepala. Intinya, melamun, bosan, bingung mo ngapain (yang mau nambahin boleh banget).

Akhirnya, aku online lagi, buka-buka grup kepenulisan di wa, fb, telegram, ketix, wattpad, deelel. Fiuuhhhh ... dari situ mulai gatel jari aku, Gansis!

Daann … di sinilah aku sekarang!

Tapi, ini jadi tantangan baru buat aku, kudu bisa bagi waktu antara target ibadah dan target nulis. Doain aku, ya, Gansis!

"Menulis memang bukan passionku, apalagi profesi. Jelas bukan! Tapi, tanpa menulis rasanya seperti sayur sop tanpa merica. Seperti tumis tanpa cabai."
Diubah oleh YumnaAzalea 20-05-2019 23:16
khodijahsiti92
LiaManik33
febrianaryna
febrianaryna dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.4K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.