nadaramadhan20Avatar border
TS
nadaramadhan20
Hoax! Pernyataan Wiranto soal Masa Aksi 22 Mei untuk Latihan Menembak TNI-Polri
Rabu 22 Mei 2019 13:14 WIB
Jurnalis - Ade Putra



BEREDAR artikel dan tangkapan layar dari sebuah situs yang menulis judul artikelnya seolah Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto mengeluarkan pernyataan bahwa 22 Mei adalah masa untuk latihan menembak TNI Polri.

Artikel yang dimuat oleh blogspot atas nama Aktual News itu berjudul: “Tanggal 22 mei pendukung 02 Kepung KPU, Wiranto: Biarkan Saja, Untuk Bahan Berburu Menembak TNI-POLRI”. Salah satu yang mengedarkan tangkapan layar judul artikel itu adalah akun Facebook (FB) Eil-Syahabb Khan.



Dalam postingannya, Eil juga menyertakan foto tangkapan layar WhatsApp story yang kontaknya dinamai Habib Jago, menampilkan foto seorang lelaki dengan luka di bagian wajahnya.

Dalam postingan yang kini sudah dibagikan lebih dari 21 ribu kali per tangkapan layar ini dibuat, Eil juga menuliskan narasi sebagai berikut: "Wahai para peNguasa negara,, Semurah itu kah Nyawa rakyat di Mata Kalian, sehiNgga di jadikan Latihan mNembak TNI-POLRI


#Jannah Untuk mu wahai para Mujahid/ah."


Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan Adi Syafitrah, salah satu relawan Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia), tidak ditemukan pernyataan Menko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto seperti yang tertulis pada judul artikel di situs tersebut.

Tulisan tersebut ternyata adalah tambahan dari penulis artikel tersebut yang menyalin isi berita itu dari situs tribunnews(dot)com. "Yang muat di Aktual News adalah konten palsu," tegas Adi dalam debunk-nya, Rabu (22/5/2019).

Berikut adalah salinan lengkap isi artikel dari situs tersebut:




Sementara, di artikel yang dimuat dalam situs tribunnews(dot)com, yang tertulis adalah:

“Wiranto menuturkan pihaknya mengapresiasi pemilu sudah selesai dan mendapat apresiasi dari 39 negara.". Tulisan inilah yang dihilangkan dan diganti dengan: “Wiranto menuturkan pihaknya jika ada yang memang nekat ingin berangkat people power maka TNI POLRI tidak segan segan untuk menembak menggunakan gas air mata, ya hitung hitung untuk bahan latihan TNI POLRI."



Selain itu, berdasarkan hasil penelurusan terhadap author situs ini, ditemukan nama “OPERAIND” sebagai author situs ini. OPERAIND sendiri adalah bagian dari situs-situs yang sering dilaporkan sebagai situs penyebar informasi hoaks
Turn Back Hoax

Sumber:Okezone.com


Komen TS
Ternyata sodaraan sama OPERAINDemoticon-Cape d...
darck91
tien212700
tien212700 dan darck91 memberi reputasi
2
1.9K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.